Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
atletik

atletik

Ratings: (0)|Views: 316|Likes:
Published by A's Boh
olahraga
olahraga

More info:

Published by: A's Boh on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/08/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANLatar Belakang
Atletik adalah gabungan dari beberapa jenisolahragayang secara garis besardapat dikelompokkan menjadilari, lempar,danlompat.Pada makalah ini akan dijelaskan mengenai atletik beserta cabang-cabangnya tersebut. Sesuai dengan tugasPenjaskes yang diberikan untuk dapat lebih memahami mengenai Atletik, maka kamimenyusun makalah atau karya ilmiah ini demi memenuhi indikator tersebut.
Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini adalah :
 
Pengertian, sejarah, fungsi, dan tujuan Atletik
 
Pengelompokkan atletik
 
Teknik dan peraturan atletikManfaat PenulisanTentunya karya tulis ini memiliki manfaat baik bagi penulis khususnya dan bagipembaca pada umumnya. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :
 
Penulis bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan atletik serta cabang-cabang dalam atletik tersebut
 
Mengetahui bagaimana sejarah terbentuknya cabang olahraga atletik
 
Pembaca bisa mengetahui lebih banyak mengenai atletik
 
2
BAB IIPEMBAHASANPengertian Atletik
Atletik adalah gabungan dari beberapa jenisolahragayang secara garis besardapat dikelompokkan menjadilari, lempar,danlompat.Kata ini berasal daribahasa Yunani"
athlon
" yang berarti "kontes". Istilah athletic dalam bahasa Inggris danathletic dalam bahasa Jerman mempunyai pengertian yang luas meliputi berbagaicabang olahraga yang bersifat perlombaan atau pertandingan. Atletik adalah olahragayang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia.Menurut Mochamad Djumidar A. Widya (2004) dalam bukunya Gerak-Gerak DasarAtletik Dalam Bermain, menyebutkan bahwa atletik adalah salah satu unsur dariPendidikan Jasmani dan Kesehatan yang merupakan komponen-komponen pendidikankeseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta pembinaan hidup sehat danpengembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang serasi, selarasa danseimbang.Bahkan didalam SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0413/U/1987disebutkan bahwa atletik adalah cabang olahraga yang wajib diberikan di semuajenjang pendidikan karena atletik adalah ibu dari semua cabang olahraga, sehinggaatletik penting sejak anak-anak usia dini.
Sejarah Atletik
Atletik adalah event asli dariOlimpiadepertama ditahun776sebelumMasehi dimana satu-
satunya event adalah perlombaan lari atau stade. Ada beberapa “Games”
yang digelar selama era klasik Eropa: Panhellenik Games The Pythian Game (dimulai 6Sebelum Masehi) digelar di Argolid setiap dua tahun. The Isthmian Game (dimulai 523Sebelum Masehi) digelar di Isthmus dari Corinth setiap dua tahun. The Roman GamesBerasal dari akar Yunani murni, Roman game memakai perlombaan lari danmelempar. Bukannya berlomba kereta kuda dan bergulat seperti di Yunani, olahragaEtruscan memakai pertempuran galiatoral, yang juga sama-sama 527 Sebelum Masehi)digelar di Delphi tiap empat tahun. The Nemean Games (dimulai 51 memakaipanggung). Masyarakat lain menggemari kontes atletik, seperti bangsa Kelt, Teutonik,dan Goth yang juga digemari orangRoma.Tetapi, olahraga ini sering dihubungkandengan pelatihan tempur. Di masa abad pertengahan anak seorang bangsawan akandilatih dalam berlari, bertarung dan bergulat dan tambahan berkuda, memanah danpelatihan senjata. Kontes antar rival dan sahabat sangat umum di arena resmimaupun tidak resmi.Di abad 19organisasiformaldari eventmoderndimulai. Ini termasuk dengan olahragareguler dan latihan di rezim sekolahan. Royal Millitary College diSandhurstmengklaim menggunakan ini pertamakali di tahun 1812 dan 1825 tetapi tanpa buktinyata. Pertemuan yang paling tua diadakan diShrewsbury, Shropshire di 1840 olehRoyal Shrewsbury School Hunt. Ada detail dari seri pertemuan tersebut yang ditulis 60tahun kemudian oleh C.T Robinson dimana dia seorang murid disana pada tahun 1838sampai 1841. Eeck Military Academy dimana Woolwich menyelenggarakan sebuah
 
3
kompetisi yang diorganisir pada tahun 1849, tetapi seri reguler pertama daripertemuan digelar di Exeter College,Oxforddari 1850.Atletik modern biasanya diorganisir sekitar lari 400m di trek di hampir semua evenyang ada. Acara lapangan (melompat dan melempar) biasanya memakai tempat didalam trek. Atletik termasuk di dalam Olimpiade modern di tahun 1896 danmembentuk dasar-dasarnya kemudian. Wanita pertama kali dibolehkan berpartisipasidi trek dan lapangan dalam event Olimpiade tahun 1928. Sebuah badan pengelolainternasional dibentuk,IAAFdibentuk tahun 1912. IAAF menyelenggarakan beberapakejuaraan dunia outdoor di tahun 1983. Ada beberapa pertandingan regional sepertikejuaraan Eropa, Pan-American Games dan Commonwealth Games. Sebagai tambahanada sirkuit Liga Emas professional, diakumulasi dalam IAAF World Athletics Final dankejuaraan dalam ruangan seperti World Indoor Championship. Olahraga tersebutmemiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, khususnya Olimpiade, tetapi yang lainkurang populer.AAU(Amateur Athletic Union) adalah badan pengelola di Amerika Serikatsampai runtuh dibawah tekanan profesionalisme pada akhir tahun1970.Sebuah badanbaru bernama The Athletic Congress (TAC) dibentuk, dan akhirnya dinamai USA Trackand Field (USATF atau USA T&F). Sebuah tambahan, organisasi dengan struktural yanglebih kecil, Road Runner Club of America (RRCA) juga ada di USA untukmempromosikan balap jalanan. Di masa modern, atlet sekarang bisa menerima uang
dari balapan, mengakhiri sebutan “amatirisme” yang ada sebelumnya.
 
Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Atletik
Prinsipnya adalah pembinaan proses dan kebenaran gerak. Sehingga lebih berfungsidan bertujuan untuk:a.
 
pemenuhan minat untuk bergerak,b.
 
pengenalan dasar-dasar gerak atletik dalam bentuk permainan,c.
 
merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani (bertambahnya tinggi danberat badan yang harmonis) serta perkembangan gerak,d.
 
memelihara dan meningkatkan kesehatan serta kesegaran jasmani,e.
 
membantu merehabilitasi kelainan gerak pada usia dini,f.
 
menghindari rasa kebosanan,g.
 
membantu menanamkan rasa disiplin, kerjasama, kejujuran, mengenal akanperaturan dan norma-norma lainnya,h.
 
menangkal pengaruh buruk yang datangnya dari luar.
Ruang Lingkup Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2007 Ruang lingkuppembelajaran mata pelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bermuarapada cabang atletik, karena mencakup semua aktivitas gerak dalam cabang atletikyaitu:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->