Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity
P. 1
Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah

Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah

Ratings: (0)|Views: 20 |Likes:
Published by Hantatasue Jungle

More info:

Published by: Hantatasue Jungle on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANG
Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama denganketerikatan aturan dan emosional serta individu mempunyai peran masing-masing yangmerupakan bagian dari keluarga (Friedman: 1998). Keluarga sebagai pranata social terkecildalam masyarakat dan Negara selalu mencuri perhatian baik kalangan pimpinan atau tokohinformasi maupun pemerintah. Banyak kejadian merisaukan sekarang ini, seperti kenakalanremaja, kasus gizi kurang, selalu dikaitkan dengan makin kurang berfungsinya pranatakeluarga, antara lain dalam memfasilitasi tumbuh kembang anak dan menanamkan nilai-nilailuhur seperti saling menghormati, cinta kasih, toleransi, dan empati.Anak merupakan bagian dari keluarga, sering dikatakan sebagai potret atau gambarandari orang tuanya saat masih kecil. Namun tidaklah demikian karena anak merupakanindividu tersendiri yang tumbuh dan berkembang secara unik dan tidak dapat diulang setelahusia bertambah.Pada anak usia prasekolah, anak mengalami lompatan kemajuan yang menakjubkan.Tidak hanya kemajuan fisik tetapi juga secara sosial dan emosional. Anak usia prasekolah inisedang dalam proses awal pencarian jati dirinya. Beberapa prilaku yang tidak ada, sekarangmuncul.
1
 
Secara fisik dan psikis usia ini adalah usia yag rentan berbagai penyakit danmenimbulkan masalah yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak jika kondisikesehatan anak tidak ditangani secara baik oleh praktisi kesehatan dan juga usaha-usaha pencegahan adalah yang tetap paling baik dilakukan.Keperawatan keluarga berkaitan erat dengan upaya keluarga mempunyai kemampuandalam menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan. Perawat dapat menbantu keluargadalam memecahkan masalah kesehatannya sehingga mencapai keadaan keluarga yangoptimal.Suatu peran penting keluarga terkait dengan perawatan anak adalah peran pengasuhan (parenting role), yang sama dalam menjalankan peran ini keluarga sangatdipengaruhi oleh faktor usia orang tua, keterlibatan ayah atau suami dala pengasuhan anak,latar belakang pendidikan orang tua, pengalaman sebelumnya dalam mengasuh anak, stressyang dialami orang tua, dan hubungan suami istri. Berkaitan dengan perawatan anak di rumahsakit, keluarga punya tugas adaptif, yaitu meneriama kondisi anak, mengelola kondisi anak,memnuhi kebutuhan perkembangan anak, memenuhi kebutuhan perkembangan keluarga,menghadapi stressor dengan positif, membatu keluarga untuk mengelola perasaanyangada,mendidik anggota keluarga yang lain tentang kondisi anak yang sedang sakit, danmengembangkan sisitem dukungan social keluarga dengan anak prasekolah.
2
 
B. TUJUAN
 a.Tujuan Intruksional Umum :Mahasiswa mampu menerapkan konsep asuhan keperawatan keluarga dengananak prasekolah. b.Tujuan Instruksional Khusus :1Mahasiswa mampu menjelaskan definisi keluarga.2Mahasiswa mampu menjelaskan tahap tumbuh kembang anak usia prasekolah.3Mahasiswa mampu menjelaskan tugas perkembangan keluarga dengan anak  prasekolah.4Mahasiswa mampu menjelaskan masalah-masalah pada anak usia prasekolah.5Mahasiswa mampu menjelaskan bimbingan selama fase prasekolah.6Mahasiswa mampu menjelaskan asuhan keperawatan keluarga dengan anak  prasekolah.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->