Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Panduan Penulisan Proposal Dan Skripsi Fikom Revisi

Panduan Penulisan Proposal Dan Skripsi Fikom Revisi

Ratings: (0)|Views: 143|Likes:
Published by Andrea Sterlis

More info:

Published by: Andrea Sterlis on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/21/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah, berupa paparan tulisan hasil penelitian didasarkan pada perencanaan / perancangan / studi literatur / studikasus yang membahas suatu masalah dalam bidang ilmu tertentu denganmenggunakan kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku sesuai dengan jurusan / program studinya.Penelitian adalah kegiatan yang terencana, terarah, sistematis danterkendali dalam upaya memperoleh data dan informasi dengan menggunakanmetode ilmiah untuk menjawab pertanyaan atau menguji hipotesis dalam bidang ilmu tertentu.Sumber data untuk penyusunan skripsi dapat diperoleh melalui data primer, data sekunder, dan data tersier. Data primer adalah data yangdiperoleh peneliti di lapangan, baik melalui wawancara maupun hasil pengukuran langsung lainnya. Data sekunder adalah data yang diperolehdengan memanfaatkan hasil pengumpulan data pihak lain, misalnya profilkelurahan, data Badan Pusat Statistik, dan rekam medik. Data tersier dapatdiperoleh dari tesis, disertasi, jurnal, dan majalah ilmiah.Untuk memperoleh gelar kesarjanaan pada Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer, mahasiswa wajib mengerjakan skripsi pada akhir perkuliahannya yang disusun dengan menggunakan prosedur sertaacuan yang berlaku pada dunia keilmuan. Proses penyusunan skripsi didahuluidengan penulisan proposal dan diakhiri penyusunan skripsi. Skripsi harusmemenuhi tiga persyaratan utama, yaitu :1.
 
Kajian berada dalam lingkup pengetahuan keilmuan,2.
 
Langkah pengerjaannya menggunakan metode keilmuan,3.
 
Memenuhi persyaratan sebagai tulisan ilmiah.
 
 
Buku Pedoman Skripsi ini berisi aturan tentang ketentuan tata cara penulisan proposal dan skripsi di Fakultas Ilmu Komputer, dengan demikiandiharapkan akan diperoleh satu kesamaan Pedoman penyusunan Skripsi padasemua mahasiswa dilingkungan Program Studi Teknik Informatika dalammenyusun proposal dan skripsinya.
B.
 
Tujuan Penulisan Skripsi
Tujuan penulisan adalah mahasiswa diharapkan memiliki sikap mentalilmiah secara mandiri dan mampu menerapkan kemampuan bernalar keilmuansecara tertulis untuk merumuskan permasalahan atau perancangan penelitiandan mengkomunikasikannya dalam mencari pemecahan permasalahan.Penyusunan skripsi dilaksanakan dengan tujuan:1.
 
Mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuaidengan bidang ilmu yang ditempuh.2.
 
Mahasiswa mampu melakukan penelitian mulai dari merumuskanmasalah, mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, danmenarik suatu kesimpulan.3.
 
Membantu mahasiswa menyampaikan, menggunakan, mengaplikasikanilmu dan pengetahuan yang diperoleh menjadi suatu sistem yangterpadu untuk pengembangan ilmu.
 
 
BAB IIPETUNJUK UMUM
A.
 
Pelaksanaan Penyusunan Skripsi1.
 
Penyusunan usulan skripsi
Mahasiswa yang akan mengajukan usulan skripsi diwajibkan mengikutitata cara sebagai berikut :a.
 
Usulan Skripsi diajukan mulai Semester VII dengan judul dan permasalahan yang sesuai dengan disiplin ilmu. b.
 
Mahasiswa yang dapat mengajukan usulan skripsi adalah mahasiswayang telah menempuh sekurang-kurangnya 123 sks, dan telahmenempuh mata kuliah Metodologi Penelitian dan sedang menempuhKuliah Kerja Praktek.c.
 
Skripsi yang diusulkan harus sesuai dengan konsentrasi ataumatakuliah yang telah diambil.d.
 
Setiap mahasiswa dapat memilih 2 orang dosen bimbingan, terdiridari: dosen pembimbing I dan dosen pembimbing II.e.
 
Mahasiswa dapat mengikuti ujian komprehensif setelah menyelesaikan138 SKS dan telah mengikuti KKM, dan telah lulus TOEFL dengannilai 400.
2.
 
Penyusunan skripsi
Mahasiswa yang akan menyusun skripsi diwajibkan mengikuti tata carasebagai berikut :a.
 
Mencantumkan skripsi pada KRS semester bersangkutan yang telahditandatangani oleh dosen wali. b.
 
Mahasiswa yang dapat menyusun skripsi adalah mahasiswa yangmenempuh sekurang-kurangnya 134 sks, dan telah mengambil matakuliah Metodologi Penelitian, Kuliah Kerja Praktek dan Kuliah KerjaMahasiswa.c.
 
Setiap mahasiswa wajib mendapatkan bimbingan 2 orang dosen sesuaidengan bimbingan usulan skripsi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->