Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Tekhnologi Informasi Dalam Bidang Olahraga

Makalah Tekhnologi Informasi Dalam Bidang Olahraga

Ratings: (0)|Views: 9 |Likes:
Published by CandraPrayoga

More info:

Published by: CandraPrayoga on Jun 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2014

pdf

text

original

 
 MAKALAH TEKHNOLOGI INFORMASIDALAM BIDANG OLAHRAGA
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BIDANG OLAHRAGA
 
Disusun oleh :
 Candra Prayoga 2124120381
 Laboratorium Komputer Sains
 
Jurusan PJKR 
 – 
Universitas Galuh
 
Ciamis
 
 
I.
 
PENDAHULUAN
 1.1.1.
 
Latar BelakangTanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlakudi negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Komputer sebenarnyatidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawatterbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Hal yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram gunamelaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.Olahraga adalah bidang yang tidak luput dari pemanfaatan ilmu komputer.Peralatan olahraga, pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga adalah salahsatu contoh diantaranya. Bahkan perlu diketahui bahwa hubungan antara ilmukomputer dan olahraga ini sudah ada sejak tahun 1960.Perkembangan media internet saat ini juga telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di bidang olahraga terutama dalam hal penyebaraninformasi. Derasnya informasi yang dapat diperoleh dengan mudah dari mediainternet, membuat teknologi informasi yang satu ini sangat digemari oleh lapisanmasyarakat, baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semuainformasi dunia luar maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga dapatkita saksikan melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita tinggal.1.1.2.
 
Batasan MasalahArtikel ini lebih fokus pada penyebaran informasi atau berita mengenaiolahraga melalui media internet dan media cetak (koran maupun majalah).1.1.3.
 
TujuanPenulisan Artikel ini bertujuan untuk membandingkan penyebaraninformasi mengenai olahraga antara media internet dan media cetak.
 
II.
 
ISI
 
Latar Belakang Sejarah 
Komputer dalam olahraga digunakan untuk pertama kalinya pada tahun1960, dimana ketika itu hanya bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentangolahraga. Database kemudian diciptakan dan diperluas dalam rangka untuk memulai penyebaran dokumentasi dan publikasi seperti artikel atau buku yang berisi mengenai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga. Laluhingga pertengahan 1970-an organisasi pertama di bidang ini disebut IASI(Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga) resmi didirikan.Kemudian padatahun 1997 pertemuan internasional pertama antara ilmu komputer dalam olahragadiadakan di Cologne. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan aplikasi, ide, dankonsep penggunaan komputer dalam olahraga.
Pemanfaatan Komputer di Bidang Olahraga 
Komputer sampai saat ini telah berperan besar dalam perkembangan di bidang olahraga. Pemanfaatan komputer di bidang olahraga diantaranya adalah :
 
Pelatihan dan pembinaan
 
Biomekanik 
 
Peralatan olahraga dan teknologi
 
Computer-aided aplikasi (software, hardware) dalam olahraga
 
Ubiquitous komputasi dalam olahraga
 
Multimedia dan Internet
 
Dokumentasi
 
Pendidikan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->