Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
230Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
DASAR MENGGUNAKAN DELPHI

DASAR MENGGUNAKAN DELPHI

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 12,241 |Likes:
Published by SAFRIADI

More info:

Published by: SAFRIADI on Apr 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
BAB IPENDAHULUAN
I.1Umum
Delphi merupakan sebuah software yang sangat berguna untuk membuat program, seperti program untuk hitungan, program pengolahan data, maupun program menganalisa gambar.
I.2Latar Belakang
Borland Delphi sering disebut juga dengan Delphi. Delphi adalah sebuah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis antarmuka grafis di lingkungansistem operasi Microsoft Windows. Delphi dibuat oleh perusahaan Borland SoftwareCorporation. Delphi telah ada sejak 1993 dan versi yang saya gunakan disini adalah Delphi versi7.0 . Bahasa pemograman yang digunakan Delphi adalah bahasa Pascal.
I.3Tujuan Praktikum
1. Memberikan penjelasan dan contoh tentang dasar – dasar pemograman.2. Memberikan penjelasan tentang dan contoh penyeleksian kondisi dengan :2.1 Statemen IF – Then2.2 Statemen IF – Then – Else2.3 Statemen Case - Of 3. Memberikan penjelasn tentang dan contoh perulangan dengan :3.1 Statemen For – To – Do3.2 Statemen For – Downto
 
3.3 Statement Repeat - Until
3.4 Statemen While
CREATED BY : SAFRIADI1
 
LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
BAB IIDASAR TEORI
II.1Sistem Yang Diperlukan
Kebutuhan sistem yang untuk menjalankan Delphi 7.0 adalah sebagai berikut :Sistem OperasiMicrosoft Windows 98, Microsoft Widows2000 dan Windows XPProcesor Intel Pentium 3 atau yang lebih tinggiRuang Hard Disk 75 MB ( Compact Install)160 MB (Full Instal)Monitor SVGACD ROOMMouse
II.2IDE Delphi
IDE atau Integrated Development Environment adalah tempat untuk membuat aplikasimulai dari mendesain antarmuka, menulis kode program (coding), menjalankan program(running), mendebug, mengkompilasi (compile), dan menyebarluaskan aplikasi yang dibuat(deploy). Tampilan Delphi dapat dilihat seperti dibawah ini.
CREATED BY : SAFRIADI2
 
LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
II.2.1Menu Bar dan Tool Bar
Menu bar merupakan tempat menggulung (pull-down) menu – menu perintah. sebuahmenu terdiri dari beberapa daftar perintah (menu command). Disebelah kiri masing – masing perintah terdapat sebuah ikon yang menggambarkan fungsinya.Tool Bar adalah sekumpulan tombol yang dapat digunakan untuk melakukan suatu perintah. Fungsi Tool Bar sama dengan Menu Bar, namun keunggulannya adalah cepat diaksesuntuk menjalankan perintah tertentu.
II.2.2Component Palette
Component Palette digunakan untuk mengumpulkan komponen Delphi yang dibagimenjadi beberapa katagori. secara garis besar komponen Delphi dapat dibagi menjadi dua jenis,yaitu komponen visual dan komponen non visual. Komponen visual adalah kokmponen yangterlihat pada saat proses mendesain aplikasi maupun setelah aplikasi dijalankan. komponen nonvisual adalah komponen yang hanya terlihat pada saat proses mendesain aplikasi, namun tidak dapat terlihat pada saat aplikasi dijalankan.
II.2.3Form Designer
CREATED BY : SAFRIADI3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->