Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pengembangan diri

makalah pengembangan diri

Ratings: (0)|Views: 157 |Likes:
Published by Areis Setiardy

More info:

Published by: Areis Setiardy on Jun 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/19/2013

pdf

text

original

 
HAM (mengembangkan diri)
PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang
Kepribadian manusia adalah suatu kebiasaan atau suatu tindakan yang dilakukan sehari-hari.Pada dasarnya kepribadian manusia adalah kepribadian baik dan kepribadian buruk. Kepribadianmanusia terbentuk oleh keadaan sekitar manusia itu hidup atau interaksi manusia tersebut dengandaerah sekitar.Pada dasar nya kepribadian seseorang sangat berpengaruh terhadap Intelligence Quotient (IQ),Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ),Yang termasuk dalam IQ adalah LogisMatematis, Linguitis dan Verbal, yang termasuk dalam EQ adalah Interpersonal, Yang termasuk dalam SQ adalah Substansial dan eksistansial.Orang yang sukses adlah orang yang dapat mengendalikan EQ, IQ, SQ, dan OQ. oleh karena ituapabila seseorang ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya maka orang tersebut harusdapat menguasai ke-4 faktor tersebut.Saya sebagai manusia biasa belumdapat mengendalikan fektor-faktor tersebut, tetapi setelahmembaca materi tentang Pengembangan diri saya telah sedikit tau bagaimana cara untuk dapatmenjadi seseorang yang sukses.
B. Pembatasan Masalah
 Berdasarkan latar belakang, maka dapat dibatasi masalah sebagai berikut ;1.
 
Pribadi orang sukses2.
 
Pribadi dan kelemahan kita .3.
 
Cara kita menjadi orang sukses.
PEMBAHASAN
 
Pribadi Orang Sukses
 
A. KARAKTER-KARAKTER ORANG SUKSES
 1.Karakter yang pertama adalah menjadi orang yang Proaktif terhadap kejadian-kejadian yangdialami.Orang yang memiliki sikap proaktif pada kejadian-kejadian yang dialami yaitu apa bilamengakami kejadian tik akan melakukan tindakan tindakan bodoh yang dapat merugikan diri nyasendiri.
 
2. Karakter yang ke dua adalah memiliki bahasa-bahasa proaktif, bahasa-bahasa proaktif Orang yang sukses pasti memiliki bahasa-bahasa yang proaktif, bahasa proaktif yaitu : Akankukerjakan, Takkan kubiarkan suasana hatimu yang jelek itu menular kepadaku, Pasti ada jalan,Aku memilihnya, Yuk kita pelajari kemungkinannya, Seharusnya aku bisa lebih baik dari padaitu3.Karakter yang ke tiga adalah Memiliki sikap Optimis.Sikap Optimis yaitu sikap yang akan menganggap seluruh permasalahan dapat diselesaikan.Contoh sikap optimis : selalu bertindak bukanlah sebagai korban, memiliki solusi dan pilihandalam mengatasi suatu masalah,dan lain-lain.4.Karakter yang ke empat yaitu mengetahui jalan mana yang haus diambil dalam mengarungikehidupan.Orang yang sukses adalah orang yang mengerti akan dibawa kemana arah hidupnya dan jalanmana yang akan diambil, bukanlah manusia yang tidaktau arah dan tujuan hidupnya.
B. Kebiasaan-kebiasaan Orang Sukses
 Kebiasaan pertama dari Orang sukses adalah selalu berfikir akan keberhasilan bukanlah kegalanyang akan dicapanya. Langkah-langkah yang harus dicapai agar terwujud kemenangan tersebutseperti : mengerti bidang apa saja yanga dapat diwujudkan agar berhasil, selalu sportif dalam berbagai kegiatan, selalu mengingatkan orang lain akan apa yang harus dikerjakannya tanpaharus menyinggung perasaannya.Kebiasaan kedua dari Orang sukses adalah selalu memahami perasaan orang lain,bkanlahmeminta untuk dipahami oleh orang lain. Kebanyakan dari kita tidak mau mengerti perasaanorang lain tetapi selalu menginginkan dimengerti oleh oleh orang lain, hal tersebut dapatmenjadikan oranglain akan menjauhi kita.Kebiasaan selanjutnya yaitu selalu berbuat yang berguna bagi oranglain, dan berperilaku yangenak dilihat oleh oranglain.
C. Mampu memaksimalkan IQ,EQ,SQ.
 Manusia diberi Allah dengan multi kecerdasan. Masing-masing harus dapat kita optimalkan agar kita manusia benar-benar menjadi makhluk terbaik di muka bumi ini.Hal ini lah yang diperhatikan dan diterapkan oleh orang-orang sukses dalam menjalankan danmenentukan arah hidup mereka sehingga mereka dapat menjadi orang yang sukses.Intelligence Quotient (IQ) adalah Kemampuan intelektual, analisis, logika dan rasio. Contohdari IQ adalah Contoh : 3 x 2 = 6,jika IQ manusia unggul hanya dinkmati untuk dirisendiri.namun bila hanya IQ manusia yang tinggi akan berakibat seperti ilmuan yang buta akan
 
hatinya. Hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memerhatikan sekitar nya. IQ saya tidak terlautinggi dan saya terkadang tidak menyadari kelemahan saya tersebut.Spiritual Quotient (SQ) adalah Kemampuan memberi makna hidup sebagai puncak spritual(ultimate meaning). Contoh : Semua aktivitas harus bernilai ibadah, Jika SQ manusia unggulmaka manusia tersebut unggul di sisi Allah saja, manusia tersebut hanya memeikirkan segalasesuatu nya hanyalah agama saja, tidak memikirkan yang lainnya. Jika hal ini terjadi makamanusia tersebut bagaikan manusia yang hanya bertapa dikarenakan hana memikirkan akhiratsaja.Emotional Quotient (EQ) adalah Kemampuan mengendalikan emosi dan mendengar suara hatisebagai sumber informasi. Contoh : komitmen, loyalitas , kepekaan, motivasi dan empati. JikaEQ manusia unggul maka manusia tersebut unggul bersama orang lain. Jika hal ini terjadimanusia tersebut akan menjadi profokataor dan koruptor, dikarenakan manusia tersebut dapatmembohongi dan mempengaruhi orang lain dengan baik.namun orang seperti ini tidak dapat berfikir tentang dampak apa yang telah dilakukan nya.
Pribadi orang sukses
 
A. Karakter-karakter orang sukses
 1.Karakter yang pertama dalah saya terkadang orang yang Proaktif dan terkadang jugamerupakan orang yang reaktif terhadap kejadian-kejadian yang dialami. Hal ini terjadi pada saatsaya menghadapi masalah terkadang saya masih melakukan tindakan-tindakan bodoh yangmengakibatkan kerugian terhadap saya pribadi.2.Karakter yang ke dua adalah memiliki bahasa-bahasa proaktif, bahasa-bahasa proaktif dan juga bahasa reaktif. bahasa proaktif yaitu : Akan kukerjakan, Takkan kubiarkan suasana hatimu yang jelek itumenular kepadaku, Pasti ada jalan, Aku memilihnya, Yuk kita pelajarikemungkinankemungkinannya, Seharusnya aku bisa lebih baik dari pada itu. Namun terkadangsaya juga menggunakan bahasa-bahasa reaktif yaitu : saya sudah menyerah untuk mengerjakannya,sudahlah sampai sini saja pemahamannya, saya sudah lelah menghadapimasalah ini.3.Karakter yang ke tiga adalah Memiliki sikap Optimis dan terkadang saya juga menjadi orangyang pesimis.Sikap Optimis yaitu sikap yang akan menganggap seluruh permasalahan dapat diselesaikan.Sikap pesimis yaitu sikap yang menganggap permasalahan yang dihadapi tidak dapatterselesaikanContoh sikap optimis : selalu bertindak bukanlah sebagai korban, memiliki solusi dan pilihandalam mengatasi suatu masalah,dan lain-lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->