Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANGGARAN_PERUSAHAAN

ANGGARAN_PERUSAHAAN

Ratings: (0)|Views: 50 |Likes:

More info:

Published by: Deddy Al-Ghazali Sr. on Jun 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2014

pdf

text

original

 
1
ANGGARAN PERUSAHAAN
Anggaran adalah pendekatan yang formal dan sistematis dalam pelaksanaantanggungjawab manajemen di daslam perencanaan, koordinasi dan pengawasan.Anggaran disausun setelah semua tujuan dan program kerja disusun.Jenis Anggaran1.
 
Anggaran Komprehensif 2.
 
Anggaran ParsialAnggaran komprehensif merupakan anggaran secara menyeluruh mulai dari SubstantivePlan, Financial Plan, Anggaran Variabel, data Statistik Pembantu, dan laporan Internal.Tipe Anggaran1.
 
Anggaran Statis2.
 
Anggaran Dinamis3.
 
Anggaran Fleksibel/Varianel1.
 
Anggaran StatisAnggaran statis dususun untuk selama satu periode ke depan yang akan digubnakansebagai pedoman dalam pelaksanaan program kerja.Anggaran ini akan disusun kembali jika periode anggaran yang lalu telah berakhir.2.
 
Anggaran DinamisAnggaran dinamis disusun dalam periode yang lebih pendek, misalnya: per semester, per catur wulan, atau per tri wulan. Setiap periode tertentu (mis. Bulan) setelah periodetersebut berlalu, dilakukan revisi anggaran untuk kemudian disusun anggaran selama periode tersebut ke depan.Jadi misal anggaran dibuat untuk bulan Januari s/d Maret, kemudian bulan januari telahdilalui, maka disusun anggaran untuk bulan April dengan melakukan penyesuaian- penyesuaian yang mungkin dilakukan setelah adanya pelaksanaan bulan Januari.
 
23.
 
Anggran Fleksibel/VariabelAnggaran fleksibel disusun berdasarkan kepada pola prilaku biaya, dimana biaya terlebihdahulu dipisahkan menjadi dua kelompok, yaitu: Biaya tetap dan Biaya Variabel.Anggaran ini disebut fleksibel karena dapat disesuaikan dengan volume kegiatansebenarnya terjadi, sehingga dalam pelaksanaan evaluasi dapat dilakukan dengan lebihtetap dan akurat.Dalam menyusun anggaran pada umumnya dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu:1.
 
Anggaran Operasional:a.
 
Anggaran Penjualan b.
 
Anggaran Produksic.
 
Anggaran Biaya Produksi:i.
 
Anggaran Biaya Bahan Bakuii.
 
Anggaran Biaya Tenaga Kerjaiii.
 
Anggaran Biaya Overhead Pabrik d.
 
Anggaran Biaya Operasii.
 
Anggaran Biaya Administrasi dan Umumii.
 
Anggaran Biaya Pemasarane.
 
Anggaran Rugi-Laba2.
 
Anggaran Keuangana.
 
Anggaran Neracai.
 
Anggaran Kasii.
 
Anggaran Piutangiii.
 
Anggaran Persediaaniv.
 
Anggran Hutangv.
 
Anggaran Perubahan Modal b.
 
Anggaran Modal
 
3Penyusunan anggaran perlu ditentukan lebih dahulu tujuan organisasi, baik jangka panjang maupun jangka pendek, kemudian dijabarkan ke dalam program kerja tahunan.Untuk jenis organisasi laba, perlu ditentukan target penjualan barang atau jasa yang harusdicapai dalam setahun yang akan datang.Dalam membuat atau menentukan target (ramalan) penjualan yang akan datang,dibgunakan beberapa pendekatan sebagai berikut:1.
 
Pendekatan Judgment (berdasarkan pendapat), jadi cukup dikira-kira seberapa besar target penjualan yang akan datang berdasarkan kemampuan yang dimiliki.2.
 
Pendekatan Analisis Industri3.
 
Pendekatan Statistik a.
 
Metode Rata-rata b.
 
Metode setengah rata-ratac.
 
Metode Rata-Rata Bergerak d.
 
Metode Regresie.
 
Metode Eksponensialf.
 
Metode Variasi MusimDengan demikian, ramalan penjualan merupakan pedoman utama dalam menyusunanggaran secara keseluruhan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->