Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pp 20 Th. 2010 Kapal Angkutan Laut

Pp 20 Th. 2010 Kapal Angkutan Laut

Ratings: (0)|Views: 9 |Likes:
Published by Fuad Harman

More info:

Published by: Fuad Harman on Jun 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 20 TAHUN 2010 TENTANGANGKUTAN DI PERAIRANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 10, Pasal 12,Pasal 14, Pasal 17, Pasal 20, Pasal 23, Pasal 26, Pasal 30,Pasal 34, Pasal 37, Pasal 39, Pasal 43, Pasal 49, Pasal 58,Pasal 59 ayat (3), Pasal 268, dan Pasal 273 ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, perlumenetapkan Peraturan Pemerintah tentang Angkutan diPerairan;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;
 
2.
 
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor64, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4849);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG ANGKUTAN DIPERAIRAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Angkutan di Perairan, Angkutan Laut Khusus, AngkutanLaut Pelayaran-Rakyat, Pelayaran-Perintis, Kapal, KapalAsing, Trayek, Agen Umum, Usaha Jasa Terkait,Pelabuhan, Pelabuhan Utama, Pelabuhan Pengumpul,Pelabuhan Pengumpan, Terminal Khusus, Badan Usaha,dan Setiap Orang adalah sebagaimana dimaksud dalamUndang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor64, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4849).2. Angkutan
. . .
 
 - 2 -2.
 
Angkutan Laut adalah kegiatan angkutan yang menurutkegiatannya melayani kegiatan angkutan laut.3.
 
Angkutan Laut Dalam Negeri adalah kegiatan angkutanlaut yang dilakukan di wilayah perairan Indonesia yangdiselenggarakan oleh perusahaan angkutan laut nasional.4.
 
Angkutan Laut Luar Negeri adalah kegiatan angkutan lautdari pelabuhan atau terminal khusus yang terbuka bagiperdagangan luar negeri ke pelabuhan luar negeri ataudari pelabuhan luar negeri ke pelabuhan atau terminalkhusus Indonesia yang terbuka bagi perdagangan luarnegeri yang diselenggarakan oleh perusahaan angkutanlaut.5.
 
Angkutan Sungai dan Danau adalah kegiatan angkutandengan menggunakan kapal yang dilakukan di sungai,danau, waduk, rawa, banjir kanal, dan terusan untukmengangkut penumpang dan/atau barang yangdiselenggarakan oleh perusahaan angkutan sungai dandanau.6.
 
Angkutan Sungai dan Danau Untuk Kepentingan Sendiri adalah kegiatan angkutan sungai dan danau yangdilakukan untuk melayani kepentingan sendiri dalammenunjang usaha pokoknya.7.
 
Angkutan Penyeberangan adalah angkutan yang berfungsisebagai jembatan yang menghubungkan jaringan jalandan/atau jaringan jalur kereta api yang dipisahkan olehperairan untuk mengangkut penumpang dan kendaraanbeserta muatannya.8.
 
Kapal Berbendera Indonesia adalah kapal yang telahdidaftarkan dalam Daftar Kapal Indonesia.9.
 
 Jaringan Trayek adalah kumpulan dari trayek yangmenjadi satu kesatuan pelayanan angkutan penumpangdan/atau barang dari satu pelabuhan ke pelabuhanlainnya.10.
 
 Trayek Tetap dan Teratur (
liner 
)
 
adalah pelayananangkutan yang dilakukan secara tetap dan teratur denganberjadwal dan menyebutkan pelabuhan singgah.11. Trayek
. . .
 
 - 3 -11.
 
 Trayek Tidak Tetap dan Tidak Teratur (
tramper 
) adalahpelayanan angkutan yang dilakukan secara tidak tetapdan tidak teratur.12.
 
Sub Agen adalah perusahaan angkutan laut nasional atauperusahaan nasional yang khusus didirikan untukmelakukan usaha keagenan kapal di pelabuhan atauterminal khusus tertentu yang ditunjuk oleh agen umum.13.
 
Perwakilan Perusahaan Angkutan Laut Asing (
owner’s representative 
) adalah badan usaha atau peroranganwarga negara Indonesia atau perorangan warga negaraasing yang ditunjuk oleh perusahaan angkutan laut asingdi luar negeri untuk mewakili kepentinganadministrasinya di Indonesia.14.
 
Usaha Bongkar Muat Barang adalah kegiatan usaha yangbergerak dalam bidang bongkar muat barang dari dan kekapal di pelabuhan yang meliputi kegiatan
stevedoring 
,
cargodoring 
, dan
receiving 
/
delivery.
 15.
 
Stevedoring 
adalah pekerjaan membongkar barang darikapal ke dermaga/tongkang/truk atau memuat barangdari dermaga/tongkang/truk ke dalam kapal sampaidengan tersusun dalam palka kapal dengan menggunakanderek kapal atau derek darat.16.
 
Cargodoring 
adalah pekerjaan melepaskan barang daritali/jala-jala (
ex tackle 
) di dermaga dan mengangkut daridermaga ke gudang/lapangan penumpukan barang atausebaliknya.17.
 
Receiving/delivery 
adalah pekerjaan memindahkan barangdari timbunan/tempat penumpukan di gudang/lapanganpenumpukan dan menyerahkan sampai tersusun di ataskendaraan di pintu gudang/lapangan penumpukan atausebaliknya.18.
 
Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (
 freight forwarding 
)adalah kegiatan usaha yang ditujukan untuk semuakegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengirimandan penerimaan barang melalui angkutan darat, keretaapi, laut, dan/atau udara.19.
 
Usaha Angkutan Perairan Pelabuhan adalah kegiatanusaha untuk memindahkan penumpang dan/atau barangdari dermaga ke kapal atau sebaliknya, dan dari kapal kekapal di perairan pelabuhan.20. Usaha
. . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->