Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
94Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ilmu Balaghah Sebagai Cabang Ilmu Bahasa Arab

Ilmu Balaghah Sebagai Cabang Ilmu Bahasa Arab

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 21,474|Likes:
Published by Adnan
Rahimah. Ilmu Balaghah Sebagai Cabang Ilmu Bahasa Arab. Medan: Program Studi Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Sumatera Utara.

Makalah ini disusun oleh pengarangnya sebagai paparan akademik mengenai balaghah. Pembaca pemula mungkin akan sukar memahami isinya. Disarankan bagi pembaca pemula supaya membaca materi kaidah sharaf dan nahwu terlebih dahulu.
Rahimah. Ilmu Balaghah Sebagai Cabang Ilmu Bahasa Arab. Medan: Program Studi Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Sumatera Utara.

Makalah ini disusun oleh pengarangnya sebagai paparan akademik mengenai balaghah. Pembaca pemula mungkin akan sukar memahami isinya. Disarankan bagi pembaca pemula supaya membaca materi kaidah sharaf dan nahwu terlebih dahulu.

More info:

Published by: Adnan on May 01, 2009
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
ILMU BALAGHAH SEBAGAI CABANGILMU BAHSA ARABRAHIMAHProgram Study Bahasa ArabFakultas SastraUniversitas Sumatera Utara1. Pendahuluan1.1. Latar Belakang Masalah
Bahasa Arab pertama sekali dikenal sebagai bahasa-bahasa orang-orang dizajirahSemenanjung Arabia, kemudian setelah datangnya agama Islam dikenal pula sebagai bahasaAl-Quran sebagai pedoman hidup kaum muslimin itu dituliskan dalam bahasa Arab yang sangatindah susunannya dan rangkaian kalimatnya.Bahasa Arab dikenal juga sebagai Ilmu Pengetahuan sebab begitu banyak ilmupengetahuan dimasa perkembangan Islam yang dituliskan dalam bahasa ini, lelau ditahapanperkembangan selanjutnya bahasa Arab telah menjadi bahasa Dunia, karena tidak hanyadigunakan oleh sekelompok masyarakat Arab atau pemeluk Islam saja, tetapi telah diakuisebagai bahasa kumunikasi di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).Dilihat dari segi penggunaannya maka bahasa Arab ini terbagi dua yaitu : BahasaAmmiyah (bahasa yang dipakai untuk berkomunikasi), berasal dari bahasa daerah di JazirahArabiya tidak terikat pada tata bahasa.Kedua bahasa Fushah yaitu bahasa Resmi, contohnya bahasa Al-Quran dan Hadist,untuk karangan ilmiah kitab-kitab, surat-menyurat dan komunikasi resmi lainnya. Bahasafushah (resmi) ini mempunyai tingkat kesulitan tersendiri karena terikat erat dengan peraturankebahasaan diantaranya ilmu nahwu (Qawaid) dan Ilmu Balaghah Semantik Arab.Ilmu Balaghah tetap dianggap sebagai ilmu yang tersulit untuk dicerna, sebab ilmu iniakan menterkaitkan antara komponen-komponen ilmu bahasa Arab yang ainnya. Namun jikadipelajari dengan penghayatan yang tinggi serta dihubungkan pula kepada kegunaannya darisisi ilmu-ilmu agama jelas akan mendatangkan kenikmatan tersendiri dan dapat memperkayadan mempertajam mata bathin manusia, sehingga menimbulkan dampak kehidupan yang baiksecta dapat mengusir kejenuhan untuk mempelajarinya.
1.2. Masalah
Pelajaran ilmu Balaghah (semantik Arab) ini sangat berat untuk dipahami, terutamasekali bagi orang-orang yang tidak mempunyai ilmu-ilmu dasar bahasa Arab, seperti ilmu Saridan Nahwu serta leksikologi (Dirasat Mu'jamiyat). Hal seperti ini tampak jelas dikalanganmahasiswa di Jurusan bahasa Arab Universitas Sumatera Utara Medan.Pada buku-buku Balaghah yang ada saat ini, kebanyakan contoh-contoh kalimat dikutipdari nukilan-nukilan, syair-syair Arab serta contoh Ayat-Ayat Suci AI-Quran dan Hadist maupunAI-Hikam (kata-kata yang mengandung pesan hikmah).Kalimat-kalimat tersebut tidak selalu dijumpai dalam kalimat percakapan sehari-hari,mempunyai perbedaan jauh dari kalimat yang dibahas pada pelajaran Nahwu dan Sarf, namuntetap mempunyai hubungan dengan peraturan tata bahasa. Sebagai salah seorang tenagapengajar yang mengasuh mata kuliah Balaghah ini, penulis merasa sangat penting untukmembuat solusi, sehingga mahasiswa termotivasi untuk mengembangkan ilmunya.
α
Pembatasan masalah balaghah sangat luas dan sukar jika diuraikan secara terperincidan mendetail sekali. Ilmu balaghah ini tida bisa terlepas dari ilmu tata bahasa Arab danpertalian dengan ilmu-ilmu agama. Diantara ilmu fikih, Usul Fikih, Ilmu Hadist, Ilmu Tafsir,Ilmu Tasauf, Ilmu Ahklaq dan sebagainya.Dari sekian banyak masalah yang dapat diulas itu penulis membatasinya padakeberadaan ilmu balaghah sebagai salah satu sisi Ilmu bahasa Arab. Keterkaitannya denganilmu Nahwu dan manfaatnya dalam memterjemahkan bahasa Arab terutama sekali ayat-ayat
© 2004 Digitized by USU digital library
1
 
AI-Quran yang pada akhirnya berguna sekali dalam menetapkan hukum-hukum Islam.
1.4. Tujuan Pembahasan
Adapun tujuan penulisan karya ilmiyah ini adalah :1. Mengungkapkan keterkaitan ilmu Balaghah2. Memperkenalkan Ilmu Balaghah secara umum3. Memperlihatkan keurgensian ilmu Balaghah dan keterkaitannya dengan ilmu Nahwu4. Menambah hazanah ilmu pengetahuan Mahasiswa program studi Bahasa Arabkhususnya dan para pencinta bahasa Arab umumnya tentang ilmu Semantik Arab.
1.5. Metode Pembahasan
Metode yang penulis gunakan dalam penulisan ini adalah metode Desktiptif analisis,yaitu mengkaji beberapa referensi yang berkaitan dengan judul makalah ini, baik dari sumberbacaan berbahasa Arab dan sumber yang berbahasa Indonesia, kemudian disusun ulangberdasarkan analisis yang cermat sehingga berbentuk makalah.Penulis mengadakan pembahasan bertahap dari uraian keterangan secara umummeningkat pada penjelasan khusus (deduktif)Untuk menterjemahkan kalimat bahasa Arab penulis menggunakan sistem terjemahanbebas dengan tetap mempertahankan nilai-nilai estetis terkandung didalamnya.
2. BAHASA ARAB2.1. Sejarah Singkat Bahasa Arab
Bahasa Arab berasal dari bahasa Smit, yakni bahasa yang dipergunakan kabilah-kabilahArab purba yang mendiami daerah Asia Barat. Semula Bahasa Arab ni berpangkal dari putraSam bin Nuh, namun kelompok ini telah musnah mereka dikenal dengan Arab Ba'idah daDperaturan tata bahasanya sudah tidak dikenal lagi.Dari berbagai sumber bacaan yang penulis talaah, maka dijumpai keterangan yangsama yaitu menyatakan bahwa . Bahasa Arab adalah satu bahasa dengan aslinya, terutamasekali terutama sekali bagi penduduk di daerah pegunungan.Faktor-faktor penunjang terselamatkannya Bahasa Arab dari pengaruh asing adalahantara lain, bangsa Arab adalah bangsa rang tidak pemah dijajah, bangsa ini tidak banyakbergaul disebabkan keadaan daerah mereka.Kemajuan bangsa Arab mempengaruhi perkembangan bahasa Arab. Semula bahasaArab tidak mengenal bentuk huruf seperti sekarang tidak kenal titik dan baris, berkembangmenjadi huruf-huruf yang bersahaja lengkap dengan titik dan baris atas prakarsa para ulamaArab masa lampau. Namun bagaimana bentuk tulisan masa lampau itu belum pernah penulis jumpai sampai sekarang ini. Kecuali hanya berita-berita dari sejarah yang dituliskan dalambuku-buku.Perbedaan tulisan dan Lahzah (dialeg) disebabkan perbedaan geografis tetap ada, tetapisetelah datangnya Islam maka bahasa Arab pun bertambah tinggi kedudukannya dan jadilahbahasa Al-Quran menjadi bahasa standart.Perkembangan bahasa Arab dapat diperhatikan dari catatan sejarah perkembanganagama Islam. Tahapan demi tahapan Agama Islam dan kerajaan Islam berkembang pesatsehingga kaum muslimin Arab dapat menaklukkan kerajaan di luar semenanjung Arabiyasampai ke Codowa dan Spanyol, sehingga mencapai puncak kejayaan di zaman KhalifahAbbasyiyah. Maka demikian pula halnya bahasa Arab bertambah masyhur.Bahasa Arab tidak hanya dipergunakan oleh bangsa Arab saja, tetapi mulaidipergunakan oleh bangsa lain yang telah takluk dibawah kekuasaan Islam. Kekhalifahan Islammenjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi kenegaraan. Dipergunakan dalam segala bentukkegiatan pemerintahan.Kebanggaan terhadap agama Islam (Fahkrul Islami). Membuat mereka (bangsa Arab)semakin bersemangat mengembangkan bahasanya dengan baik dan memasyhurkannyakeseluruh pelosok dunia.Ruhul Islami atau semangat keislaman mereka pada gilirannya membuat merekaterlebih-lebih ulama dan fakar muslim berinisiatif menulis berbagai macam disiplin ilmu dalam
© 2004 Digitized by USU digital library
2
 
bahasa Arab, mulai dari ilmu Filsafat, kedokteran, matematika, Ilmu Politik, llmu Astrologi danAstronomi, Ilmu Geografi, disamping ilmu-ilmu agama (Fikh, Tafsir, Hadist, Usul Fikh, Ahkalq,tarbiyah atau pendidikan, ilmu bahasa dan sastra).Karya para fakar yang tersebut di atas ini di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa didunia kemudian menjadi buku-buku rujukan dan pegangan bagi para intelektual dan ilmuan.Satu catatan dari (AI-Badaawi, Bairut. Tanpa tahun) menyatakan: IImu hisab (matematika)Arab masuk ke Eropa pada abad ke 13 rang dibawa oleh Leonardo de Pisa adalah perhitunganrang praktis karena mempunyai bilangan desimal (Al-Ghubar). Orang Arab juga menemukanangka 0 (nol) pertama sekali. Demikianlah secara ringkasnya sejarah bahasa arab.
2.2. Pentingnya Bahasa Arab
Jika ditinjau dari asfek sejarah kepentingan pada tata bahasa Arab,(Motgomery watt,1990) berpendapat :"Dua kebutuhan praktis memaksa orang untuk mempelajari tata bahasaArab: pertama dibutuhkan semacam kesepakatan mengenai asas-asas umum tata bahasa jikaorang ingin memperoleh hasil dari bahasan-bahasan mengenai penafsiran dari ayat-ayat Al-Quran, dan kedua kesepakatan mengenai makna kata-kata rang tidak diketahui artinya".Masalah ini menjadi mendesak sebab Al-Quran telah menjadi dasar dari Agama Islamdan menjadi dasar dari negara Islam saat itu bahkan sampai sekarang ini. Dalam pemahamanAyat-ayat Al-Quran penulis Barat mengakui bahwa bahasa Arab memberikan lebih banyakcakupan makna yang memungkinkan dibanding dengan bahasa Inggris.Selain itu para sekretaris yang non Arab pertama sekali dihadapkan kepada penulisanberbahasa Arab menjadi kebanggan profisional pada zaman Khulafaurrasyidin terlebih-lebihdimasa khalifah Umar bin Khattab berlajut sampai ke masa keemasan Islam pada Dinasti BaniAbbasiyah.Tingginya kebanggaan profesional ini membuat mereka terpacu untuk mempelajari tatabahasa Arab agar terhindar dari "Solecisme" kekacauan tata bahasa ketika mereka menulis.Setelah perkembangan kekuasaan negara Islam dan juga perkembangan agama Islamke berbagai pelosok dunia maka bangsa Arab berbaur dengan bangsa-bangsa lain sepertibangsa Romawi, Paris, Eropa. Penuturan bahasa Arab pun mulai bercampur baur denganbahasa-bahasa daerah penaklukan tadi oleh karena itu khalifah Ali Bin Ali Thalib merasa sangatkhawatir bahasa tersebut akan terlepas dari struktur bahasa semula.Khalifah Ali Bin Thalib memprakarsai terciptanya ilmu tata bahasa Arab (llmu Nahwu).Pada awalnya beliau mengumpulkan bahan mengenai
ن 
|/inna/kemudian
قإ
(idhafat/lalumempeluasnya lagi kepada masalah Atf dan Ta'ajjub. (keterangan lebih lanjut dari ini dapatdiperhatikan dari buku Nahwu karangan Zama) syari dari buku pengantar sastra Arab karanganFuad Said).Orang-orang yang meneruskan pembahasan Ali ini adalah Abu I-Aswad As Dualiy (wafat19 H). Nasar Bin 'Asim (wafat 86 H), dan Adurrahman Bin Hurmuz (wafat 117 H).Kebebasan mencurahkan buah pikiran dari para ulama yang masyhur itu akhirnyamelahirkan dua kelompok ulama Nahwu yaitu ulama Kuffah dan Ulama Basyrah.
2.3. llmu-ilmu Bahasa Arab
setelah mengemukakan beberapa urgensi tata bahasa arab dan kemajuanya secararingkas, berikut ini penulis mengetengahkan penjelasan tentang ilmu-ilmu bahasa Arab selainllmu Nahwu.Bahasa Arab adalah bahasa yang terjaya dari bahasa-bahasa lainnya, terbanyakpramasastranya, hingga ia dapat melayani kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan disegalabidang.Untuk mengetahui seluk beluk bahasa Arab yang masyhur itu lebih jauh dan untukmenilai keindahan kalimat baik prosa maupun puisi, maka satrawan-sastrawan arab telahmenetapkan 13 cabang ilmu yang bertalian dengan bahasa yang disebut dengan "UlumulArabiyah""Ulumul Arabiyah" bisa disebut linguistik Arab itu terdiri dari :1.
 
Ilmu L-ughah : llmu pengetahuan yang menguraikan kata-kata (lafaz) Arab besamaandengan maknanya. Dengan pengetahuan ini, orang akan dapat mengetahui asal katadan seluk beluk kata. Tujuan ilmu ini untuk memberikan pedoman dalam percakapan,
© 2004 Digitized by USU digital library
3

Activity (94)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhyiddin Sanwar liked this
Rika Nelvita liked this
Alyssa Fajria liked this
Nurul Yani added this note|
ketemu deh !!!
Tiara Pearl liked this
Anis Oh Aniszs liked this
Ocy Eya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->