Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kliping Tugas Hukum

Kliping Tugas Hukum

Ratings: (0)|Views: 269 |Likes:
Published by KadEcx Gobel
Kliping Tentang Hukum
Kliping Tentang Hukum

More info:

Published by: KadEcx Gobel on Jun 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/10/2014

pdf

text

original

 
Tugas : IPengantar Ilmu Hukum
Kliping Tentang Norma-Norma
 
 
Dosen :Drs. I Nengah Suriata, SH.MHNama : I Made Putu SuwenaNIM : 12.0123.0.02.101
PROGRAM STUDI S1 HUKUMUNIVERSITAS MAHENDRADATTA DENPASAR2012
 
 
Rumah tangga seharusnya adalah tempat berlindung bagiseluruh anggota keluarga. Akan tetapi, pada kenyataannya justru banyak rumah tangga menjadi tempat penderitaan dan penyiksaan karena telah terjadi tindak kekerasan. KekerasanKDRT menurut Pasal 1 Undang-Undang Nomor 23 Tahun2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga(PKDRT), sebenarnya adalah setiap perbuatan terhadapseseorang terutama perempuan yang berakibat timbulnyakesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan atau penelantaran Hal ini berarti rumahtangga seharusnya menjadi tempat yang aman bagi paraanggotanya karena keluarga di bangun oleh suami istri atasdasar ikatan lahir batin diantara keduanya. Bahkan suami danistri mempunyai hak dan kedudukan yang seimbang dalamkehidupan berumah tangga. Adapun penyebab kekerasandalam rumah tangga karena lak-ilaki dianggap lebih utamadaripada perempuan berakibat pada kedudukan suami pundianggap mempunyai kekuasaan untuk mengatur rumahtangganya termasuk istri dan anak-anaknya. Norma yang dilanggar adalah :
Norma hukum, agama dannorma kesusilaan
dimana seseorang dengan sengajamaupun tidak sengaja membunuh sesama manusia
 
Daftar Pustaka
 Bali Post, Selasa 28 Oktober 2012
 
 
 
Dari berita ini dapat kita tarik kesimpulan tentangmaraknya kasus korupsi dikalangan pejabat bahkan parakoruptor saat ini tidak lagi dilakukan oleh para laki-lakitapi sudah banyak dilakukan oleh para wanita, kasuskorupsi diibaratkan seperti penyakit menular yang ganas,menjalar keseluruh elemen kehidupan, dari kalangan atassampai kalangan terbawah. Bahkan para pelaku kasuskorupsi atau koruptor dikatakan melakukan kaderisasi,sama seperti para teroris yang juga melakukan kaderisasi.Jaringan kasus korupsi seolah-olah sangat kuat dan tidak  bisa terputuskan oleh apapun juga. Selain itu, jaringankorupsi diibaratkan seperti benang kusut yang sulitditemukan ujung pangkalnya. Berikut tahapan-tahapan pencegahan kasus korupsi yaitu:1.
 
Pencegahan diri dan keluarga dari tindakan korupsi dansuap.2.
 
Keteladanan seorang pemimpin.3.
 
Tindakan tegasKhusus pada tahap ke-3 ini harus ada ketegasan dari aparatdalam pemberian sanksi agar memberi efek jera kepadaorang-orang yang akan melakukan tindak korupsi. Norma yang dilanggar adalah :
Norma kesusilaan
dengan berlaku tidak jujur.
 
Daftar pustaka
 Harian Umum Nusa Bali, Jumat 19 Oktober 2012
 
Kasus pembunuhan saat ini sepertinya sudah semakinmarak baik yang disengaja maupun sengaja, bahkan ada penyebabnya karena kasus yang sangat sepele sekali. Dari berita disamping dapat ditarik kesimpulan bahwaseharusnya ada tindakan yang tegas dari aparat-aparatterkait dalam pemberian sanksi-sanksi kepada oknum pelaku tindak pidana pembunuhan ini khususnya yangdilakukan dengan kesengajaan. Sudah sepantasnyaseseorang yang dengan sengaja maupun tidak sengajamenghilangkan nyawa orang lain diberikan sanksi yangsetimpal, agar tidak ada lagi kasus-kasus seperti ininantinya. Hukuman yang ringan pasti akan memberikan pembelajaran yang kurang baik kepada oknum-oknum yangakan melakukan tindak pidana kejahatan di masa yang akandatang. Norma yang dilanggar adalah :
Norma hukum danAgama
dengan menghilangkan nyawa orang lain.
 
Daftar Pustaka
 Harian Umum Nusa Bali, Kamis 4 Oktober 2012
 
 
 
Sabu-sabu atau narkoba saat ini sudah sangat gampangsekali didapatkan khususnya diwilayah Kab. Karangasemasalkan kita punya uang, ini dapat dibuktikan dari penangkapan dua pengedar sabu-sabu yang telah ditangkapoleh pihak berwenang. Sudah sepantasnya para pengedar sabu-sabu ini yang ditangkap mendapatkan sanksi hukumanyang seberat-beratnya karena akan memberikan dampak negative jika saja sabu-sabu ini beredar di masyarakat. Atasdasar ini tersangka didakwa menyalahgunakan narkotika jenis sabu-sabu sesuai dengan pasal 112 (2) UU 35 tahun2009.Adapun norma yang dilanggar dalam kasus pengedaransabu-sabu ini adalah :
Norma hukum
 
Daftar Pustaka
 Bali Post, Selasa 28 Oktober 2012
 
Kasus-kasus yang ada dimasyarakat saat ini sangat beragam, bahkan penyebabnya bisa saja sangat sepele,seperti pada kasus ini hanya karena membakar semak/rumput yang tumbuh di tanahnya karena inginmemanfaatkan lahannya untuk menanam palawijaseseorang harus berurusan dengan aparat kepolisian.Seharusnya pihak pelapor terlebih dahulu harus melakukanrembug dulu dengan terlapor sehingga bisa ditemui jalankeluar secara kekeluargaan dan tidak melibatkan pihak  berwajib. Sanga disayangkan sekali memang kalau hanyakarena masalah kecil harus melaporkan ke pihak yang berwajib.Dalam hal ini Norma yang dilanggar adalah :
NormaHukum dan Norma Kesopanan
dengan melakukan perbuatan yang tidak menyenangkan sebagaimana pasal335 KUHP.
 
Daftar Pustaka
 Bali Post, Selasa 28 Pebruari 2012

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->