Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
232Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANTAI DAN PESISIR (GEOGRAFI)

PANTAI DAN PESISIR (GEOGRAFI)

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 61,811|Likes:
Published by arrum chyntia

More info:

Published by: arrum chyntia on May 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2014

pdf

text

original

 
Pantai dan Pesisir
Pantai dan Pesisir merupakan dua istilah yang berbeda akan tetapikeduanya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan karena sama-sama berhubungan dengan laut.
A.Pesisir
Pesisir
adalah bagian permukaan bumi yang terletak antarapasang naik dan pasang surut. Pada waktu pasang naik, pesisirtertutup oleh air laur dan pada waktu pasang surut nampak berupadaratan. Oleh karena itu, pesisir sama panjangnya dengan pantai.Lebar pesisir tidak sama untuk semua pantai, tergantung pada jenispantainya. Pada pantai-pantai yang sangat landai lebar pesisir dapatmencapai beberapa puluh meter. Pada waktu surut, pesisir nampakterbentang memanjang sepanjang pantai dan merupakanbentangan pasir yang indah sehingga dapat dijadikan salah satuobjek wisata pantai. Pada pantai-pantai yang curam, lebar pesisirsangat sempit karena ketika pasang naik, air laut tertahan olehdinding pantai sehingga tidak dapat mengalir lebih jauh ke arahdaratan.Wilayah pesisir merupakan daerah pertemuan antara darat danlaut; ke arah darat meliputi bagian daratan, baik kering maupunterendam air, yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut seperti pasangsurut, angin laut, dan perembesan air asin; sedangkan ke arah lautmeliputi bagian laut yang masih dipengaruhi oleh proses-prosesalami yang terjadi di darat seperti sedimentasi dan aliran air tawar,maupun yang disebabkan oleh kegiatan manusia di darat sepertipenggundulan hutan dan pencemaran (Soegiarto, 1976; Dahuri etal, 2001).Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor:KEP.10/MEN/2002 tentang Pedoman Umum PerencanaanPengelolaan Pesisir Terpadu,
Wilayah Pesisir
didefinisikan sebagaiwilayah peralihan antara ekosistem darat dan laut yang salingberinteraksi, dimana ke arah laut 12 mil dari garis pantai untukpropinsi dan sepertiga dari wilayah laut itu (kewenangan propinsi)
1
 
untuk kabupaten/kota dan ke arah darat batas administrasikabupaten/kota.Potensi-potensi Sumber Daya Alam (SDA) di daerah pesisir yangdapat dimanfaatkan antara lain:
Estuaria (daerah pantai pertemuan antara air laut dan air tawar) ;berpotensi sebagai daerah penangkapan ikan (
fishing grounds
)yang baik.
Hutan mangrove (ekosistem yang tingkat kesuburannya lebih tinggidari Estuaria) ; untuk mendukung kelangsungan hidup biota laut.
Padang Lamun (tumbuhan berbunga yang beradaptasi padakehidupan di lingkungan bahari) ; sebagai habitat utama ikanduyung, bulubabi, penyu hijau, ikan baronang, kakatua danteripang.
 Terumbu Karang (ekosistem yang tersusun dari beberapa jeniskarang batu tempat hidupnya beraneka ragam biota perairan).
Pantai Berpasir (tempat kehidupan moluska) ; memiliki nilaipariwisata terutama pasir putih.Pesisir merupakan daerah yang rawan terhadap proses abrasi sertakerusakan yang ditimbulkan oleh aktifitas manusia. Oleh sebab itu,daerah-daerah pantai harus dilestarikan fungsinya.
B.Pantai
Pantai
adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri daripasir,dan terdapat di daerah pesisirlautatau bagian daratan yangterdekat dengan laut. Perbatasan daratan dengan laut seolah-olahmembentuk suatu garis yang disebut garis pantai. Panjang garispantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerahteritorial suatu negara. Indonesia merupakan negara berpantaiterpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Panjang garis pantaiIndonesia tercatat sebesar 81.000 km.
2
 
Pantai 90 mile Australia
Keadaan dan bentuk pantai berbeda pada setiap tempat. Beberapa jenis pantai yang sering dijumpai antara lain:
1)
Pantai landai
, yaitu pantai yang bentuknya hampir rata denganpermukaan laut. Laut di pantai landai biasanya sangat dangkal.Pantai landai dijumpai di pantai sebelah timur Pulau Sumatra,pantai sebelah utara Pulau Jawa, dan Pantai Selatan Kalimantan.
2)
Pantai curam
atau
pantai terjal
, yaitu pantai yang bentuknyacuram menghadap ke laut oleh karena pegunungan yangmembentang sepanjang pantai sehingga lereng yang curamlangsung berbatasan dengan laut. Pada pantai ini sering terdapatgua-gua pantai akibat pukulan ombak yanhg berlangsung setiapsaat. Pantai curam banyak ditemukan di pantai barat Sumatra,pantai selatan Jawa dan pantai-pantai lainnya yang lautnyaberbatasan dengan daerah pegunungan.
3)
Pantai karang
, yaitu di sepanjang pantainya ditemukan banyakpulau-pulau karang, misalnya di pantai timur laut Benua Australia.
4)
Pantai mangrove
(pantai bakau), yaitu pantai yang ditutupi olehhutan bakau, banyak terdapat di daerah tropis dan banyak lumpur,serta sering tergenang air terutama ketika pasang naik. Pantaimangrove banyak terdapat di pantai timur Sumatra dan pantai-pantai rendah lainnya di seluruh Nusantara.
3

Activity (232)

You've already reviewed this. Edit your review.
Annisa Fadillah Anwar added this note
wah.. makasih ya atas info nya :)
Felinda Herdyana liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Ardianus Gati liked this
Arifia Mawardani liked this
Refdamas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->