Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Ptk Penjas Sd

Contoh Ptk Penjas Sd

Ratings: (0)|Views: 1,943|Likes:

More info:

Published by: Hariman Ramadiansyah on Jun 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/19/2013

pdf

text

original

 
Contoh PTK PENJAS SD: "PENGGUNAAN MEDIA KARET UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN,KESENANGAN DAN PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DI KELAS IV SDN
Posted by noer al khosim on 07:18 in PTKlaporan | 0 komentar
BAB I PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang Masalah
 Setiap cabang olah raga memerlukan keterampilan, keberanian, kesenangan dan percayadiri tertentu dalam melakukan agar hasilnya bisa maksimal. Seperti tinju, pencak silat,karate, sepak bola dan cabang olah raga yang lain memerlukan hal tersebut. Demikian jugahalnya dengan cabang olah raga lompat tinggi, agar hasilnya optimal perlu memilikikeberanian, kesenangan, dan percaya diri dalam melakukannya.Namun kenyataannya tidak semua murid memiliki keberanian, kesenangan dan percaya diridalam melakukan gerak dalam cabang olahraga lompat tinggi, seperti yang penulis amatiketika mengajar lompat tinggi di kelas IV SDN Pandeglang 06. Dalam pre tes hasil belajarsiswa menunjukkan bahwa 86 % siswa belum mencapai KKM yaitu 60 (Hasil lengkap pre testerdapat pada lampiran 3). Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran lompat tinggimengalami masalah yang harus dicari solusinya.Salah satu tugas seorang guru olahraga adalah meyiapkan diri untuk melatih para siswanyayang mempunyai minat dan bakat di bidang olahraga tertentu, guna mencapai prestasioptimalnya kelak.Berangkat dari permasalahan tersebut, penulis mencoba menerapkan salah satu
media yaitu ‘”Penggunaan media karet” yang penulis anggap efektif dan efisien untuk
menumbuhkan keberanian, kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggidi kelas IV SDN Pandeglang 06.Diharapkan dengan cara memodifikasi alat pembelajaran dengan menggunakanmedia karet siswa akan lebih konsentrasi pada lompatan dibandingkan denganmenggunakan media standar pada lompat tinggi, sehingga akan terhindar dari rasa takut,timbul kesenangan dan rasa percaya diri yang menuju pada perubahan dan perbaikan sesuaiyang diharapkan.Adapun yang menjadi dasar penulis dalam melakukan penelitian tindakan ini sesuaidengan ilmu perkembangan yang penulis ketahui diantaranya:Terminologi dalam perkembangan gerak. Ada beberapa istilah dalam perkembangangerak yang perlu dijelaskan pengertiannya yaitu istilah-istilah :
 
1. Pertumbuhan (growth)2. Perkembangan (development)3. Kematangan (maturation)
Pertumbuhan
adalah proses peningkatan yang ada pada diri seseorang yang bersifatkuantitatif atau peningkatan urutan, misalnya mengenai pertumbuhan fisik.
Perkembangan
 
adalah proses perubahan kapasitas fungsional atau kemampuan kerjaorgan-organ tubuh semakin bisa dikendalikan sesuai dengan fungsiya masing-masing.Perkembangan gerak pasti terjadi dengan memberikan media latihan fisik yang disesuaikandengan tingkat keberanian, kesenangan sehingga timbul kepercayaan diri secara bertahap.
Kematangan
adalah kemajuan dalam proses meningkatkan individu menjadi matang,seperti halnya dalam pertumbuhan dan perkembangan juga berlangsung secara berangsur-angsur. Proses peningkatan kemampuan berhubungan dengan dengan terjadinya masa-masa sensitif untuk munculnya atau berkembangnya perilaku baru. Proses belajarakan meyempurnakan peguasaan perilaku yang munculnya dalam proses kematangan.
B. Identifikasi Masalah
 Berdasarkan latar belakang masalah sebagaimana tersebut di atas, masalah-masalah yang berkenaan dengan menumbuhkan keberanian, kesenangan dan percaya diridalam pembelajaran lompat tinggi dapat diidentifikasi sebagai berikut :1. Apakah penggunaan metode belajar dapat meningkatkan, menumbuhkankeberanian, kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi ?2. Apakah penampilan, gaya bicara seorang guru dapat memberikan motivasi yang bisamenumbuhkan keberanian, kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi?3. Apakah penggunaan media karet dapat menumbuhkan keberanian, kesenangan danpercaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi ?4. Apakah intensitas latihan dapat menumbuhkan keberanian, kesenangan dan percayadiri dalam pembelajaran lompat tinggi ?
C. Pembatasan dan Perumusan Masalah
 Berdasarkan identifikasi masalah sebagaimana tersebut di atas, banyak faktor yang dapatmenumbuhkan keberanian, kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi.Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, dalam penelitian ini akan dibatasi pada
 
masalah penggunaan media karet untuk menumbuhkan keberanian, kesenangan danpercaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi di kelas IV SDN Pandeglang 06.Sesuai dengan pembatasan masalah tersebut di atas, dirumuskan permasalahan penelitiansebagai berikut :1. Bagaimanakah penggunaan media karet dapat menumbuhkan keberanian, kesenangandan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi secara efektif di kelas IV SDNPandeglang 06 ?2. Apakah penggunaan media karet akan mendapatkan hasil yang baik untukmenumbuhkan keberanian, kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggidi kelas IV ?3. Apakah media karet dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menumbuhkankeberanian, kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi di kelas IV ?
E. Tujuan Penelitian
 Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian tindakanini maka tujuan yang hendak dicapai adalah :- Menerapkan metode pembelajaran yang dapat disenangi siswa sehingga prosespembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.- Meningkatkan keberanian, kesenangan dan rasa percaya diri bagi siswa belajar.- Meminimalkan kesulitan belajar melalui penggunaan media pembelajaran yangdisenangi siswa dengan bahan yang mudah didapat dan murah.- Memperkenalkan media karet untuk menumbuhkan keberanian, kesenangan danpercaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi di kelas IV SDN Pandeglang 06.
F. Manfaat Penelitian
 Adapun manfaat yang dapat diperoleh dalam pengunaan media karet dalam pembelajaranlompat tinggi adalah sebagai berikut :a. Bagi guru : Bermanfaat untuk mempermudah dalam meningkatkan minat belajarkhususnya dalam pelajaran olahraga di SD dan lebih berpariatif dalam menggunakan mediapembelajaran.b. Bagi siswa : Bermanfaat bagi siswa yang kurang menyenangi dan kesulitan dalammelakukan olahraga lompat tinggi yang manggunakan alat yang sebenarnya (standar).

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->