Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Landasan Kependidikan [Konsep Dasar Pendidikan]

Landasan Kependidikan [Konsep Dasar Pendidikan]

Ratings: (0)|Views: 132|Likes:
Published by Edy Prasetyo

More info:

Published by: Edy Prasetyo on Jun 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, PPTX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/30/2013

pdf

text

original

 
KONSEP DASAR PENDIDIKAN
A.PENDAHULUAN1.Penciptaan manusia diyakini bahwa Adam dan Eva pada saatdiciptakan Tuhan tidak tahu apa-apa tentang dunia dan tdk dapatberbuat apa-apa sampai adanya campur tangan pihak lain, yaitumalaikat yang diutus Tuhan utk memberikan pengetahuan kepadaAdam sebagai bekal pertama utk bisa hidup di dunia.2.Banyak kasus dalam keragaman pola hidup makhluk, utkmempertahankan dan terutama utk mengembangkan hidupnyamakhluk hidup memerlukan juga bantuan individu lain, meskipunada juga jenis makhluk lain yang sejak lahir harus dpt bertahandan berkembang sendiri.3.Kenyataan menunjukkan bahwa tuntutan hidup manusiamerupakan tuntutan yang paling berat dan semakin besar seiringdgn perkembangan dan kemajuan taraf hidupnya. Tuntutan hidupmanusia dari masa ke masa semakin berkembang, semakin sulit,semakin kompleks, dan terjadi di dalamnya percepatan yang luarbiasa dibandingkan dgn tuntutan makhluk hidup yang lainnya.
 
Lanjutan pendahuluan...
4. Usaha sadar yang bersifat naluriah, yaitu adanya kasih sayang ortuterhadap anaknya dan tanggung jawab utk membantu anaknyamempersiapkan dirinya utk hidup layak. Rasa Kasih sayang dantanggung jawab inilah yang menimbulkan salah satu kegiatandalam hidup manusia yang berupa perlindungan, pemeliharaan,dan bimbingan yang kemudian disebut kegiatan pendidikan.5. Aktivitas pendidikan pada manusia mengalami perkembangansejajar dgn perkembangan tingkat hidup manusia, dari kegiatanpendidikan yang sangat sederhana tanpa rencana yang konkrit,tanpa tujuan yang jelas berkembang menjadi kegiatan yangsemakin disadari, direncanakan dan dikirkan secara masak, danhasil yang semakin jelas.6. Pemikiran yang mendalam ttg pendidikan membawa persoalan inikepemikiran yang lebih dapat dipertanggung jawabkan, yaitupemikiran ilmiah. Setahap demi setahap pendidikan berkembangmenjadi ilmu dalam arti pemikiran dan pelaksanaannya didasarikaidah-kaidah ilmiah.
 
Lanjutan pendahuluan...
7.Dalam kedudukannya sebagai ilmu yang otonom/berdiri sendiripendidikan berkembang tdk sendirian tetapi terpengaruh jugaoleh perkembangan ilmu-ilmu yang lain.8.Akibat dari pengaruh spesialisasi dan percabangan ilmupendidikan maupun karena pengaruh komponen-komponen diluar ilmu pendidikan juga dihadapkan kepada tantangan-tantangan baik teoritik maupun segi penerapannya. Ilmupendidikan cenderung dirongrong keberadaannya, terutama telahbergesernya istilah dan hakekat pendidikan menjadi pengajaranatau pembelajaran dan hal ini sangat berpengaruh padapenerapannya, yaitu dari kegiatan internalisasi norma menjadikegiatan yang menekankan pada penyampaian pengetahuan,termasuk pangetahuan tentang nilai.9.Nasib ilmu pendidikan akan lebih terpuruk apabila para pemikirdan pelaksana pendidikan ikut larut dalam badai yang tidakkaruan arahnya.oleh karena itu menjadi tuntutan mutlak bagi parapakar dan para penyelenggara pendidikan utk bangkit kembalimempertahankan jati diri dan keberadaan ilmu pendidikan baikdalam aspek teoritiknya maupun dalam prakteknya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->