Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
imitasi

imitasi

Ratings: (0)|Views: 85 |Likes:
Published by Asenk VJ
sasa
sasa

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Asenk VJ on Jun 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2013

pdf

text

original

 
Nama : Aini FauziahContoh Faktor Imitasi tentang Interaksi SosialFaktor Imitasi
Seperti yang dikemukakan oleh G. Tarde (lih. Gerungan, 1966) faktor yangmendasari interaksi adalah faktor imitasi. Imitasi merupakan dorongan untukmeniru orang lain. Menurut Tarde faktor imitasi ini merupakan satu-satunyafaktor yang mendasari atau melandasi interaksi sosial. Seperti yang dikemukakanoleh Gerungan (1966:36).
“Menurut Tarde, masyarakat itu tiada lain dari pengelomokan manusia
dimana individu-individu yang satu mengimitasikan dari yang lain dan sebaliknya;bahkan masyarakat itu baru menjadi masyarakat sebenarnya apabila manusia
mulai mengimitasi kegiatan manusia lain. Kata Tarde: Ia societe e’est I’imitation”.
 Terhadap pendapat Tarde ini sukarlah orang dapat menerima seluruhnya.Memang faktor imitasi mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupanmasyarakat atau interaksi sosial, namun demikian interaksi bukanlah merupakansatu-satunya faktor yang mendasari interaksi sosial. Imitasi tidaklahberlangsung dengan sendirinya, sehingga individu yang satu akan dengansendirinya mengimitasi individu yang lain, demikian sebaliknya. Untuk mengadakanimitasi atau meniru ada faktor psikologis yang berperan.
 
Dengan kata lain imitasi tidak berlangsung secara otomatis, tetapi adafaktor lain yang ikut berperan, sehingga seseorang mengadakan imitasi.Bagaimana orang dapat mengimitasi sesuatu kalau seseorang yang bersangkutantidak mempunyai sikap menerima terhadap apa yang diimitasi itu. Dengandemikian untuk mengimitasi sesuatu perlu adanya sikap menerima, dan sikapmengagumi terhadap apa yang diimitasi itu, karena imitasi itu tidak berlangsungdengan sendirinya.Tetapi disamping itu diakui juga bahwa faktor imitasi itu memangmempunyai peran dalam interaksi sosial. Misal dalam perkembangan bahasa, akanberlaku faktor imitasi ini. Apa yang diucapkan anak, anak akan mengimitasikandari keadaan sekelilingnya. Anak mengimitasi apa yang didengarnya, yangkemudian menyampaikan kepada orang lain, sehingga dengan demikianberkembanglah bahasa anak itu sebagai alat komunikasi dalam interaksi sosial.Demikian pula dalam perilaku, mode-mode dan sebagainya, imitasi banyakmemegang peranan. Bila diobservasi, mode-mode yang melanda masyarakat,adalah karena faktor imitasi.
Contoh Faktor imitasi akan memunculkan dua kemungkinan berikut :
1.
 
Positif,
jika dapat mendorong orang atau kelompok untuk mematuhinorma-norma atau kaidah-kaidah yang berlaku, contohnya:a.
 
Meniru gaya penyanyi dari penyanyi lain.b.
 
Meniru pola hidup sehat dari negara atau masyarakat lain.c.
 
Meniru taktik permainan bola basket dari klub basket yang terkenal
 
2.
 
Negatif,
jika dapat mendorong orang atau kelompok untuk menentangnorma-norma atau kaidah-kaidah yang berlaku, contohnya:a.
 
Kebiasaan kebut-kebutan dijalan sehingga mengganggu kenyamananpengguna jalan yang lain.b.
 
Menggunakan telepon selular ketika sedang belajar didalam kelas.c.
 
Kebiasaan merokok diruangan yang ber AC.
Contoh lain :
a. Dalam lingkungan keluargaContohnya : cara berbicara, cara berpakaianb. Dalam lingkungan masyarakatContohnya : Gaya rambut dan pakaian. Faktor-faktor yang mempercepatproses imitasi.a. media audio visual seperti radio, dan televisi serta media cetak (Koran,majalah).b. Makin kompleksnya masyarakat dan makin tingginya interaksi social.
Contoh imitasi
lainnya terdapat pada kegiatan seorang anak melihat ayahnyamenyetir mobil. Tanpa diajari, anak itu berlari-lari sambil kedua tangannyamenirukan gerakan seolah-olah tengah menyetir mobil.Contohnya, seorang anak akan meniru orang dewasa menyeberang lewat jembatanpenyeberangan. Namun demikian, imitasi juga dapat mengakibatkan sesuatu yangnegatif jika tindakan yang ditiru adalah tindakan yang menyimpang dari nilai-nilaidan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Contohnya, seorang pemudameniru ayahnya yang mabuk atau seorang pelajar meniru temannya yangmembolos sekolah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->