Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis penyakit jamur

Jenis penyakit jamur

Ratings: (0)|Views: 188|Likes:
Published by Asenk VJ
sasaa
sasaa

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Asenk VJ on Jun 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/06/2013

pdf

text

original

 
Jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur1.
 
Panu atau panau
  panau atau panu adalah salah satu penyakit kulit yang dikarenakan oleh jamur, penyakit panu ditandai dengan bercak yang ada pada kulit dibarengi rasa gatal padawaktu berkeringat. bercak-bercak ini dapat berwarna putih, coklat atau merah bergantung warna kulit si penderita. panau sangat banyak didapati pada remaja usia belasan. walau demikian panau jugadapat ditemukan pada penderita berusia tua.cara pencegahan penyakit kulit panau bisa dilakukan dengan melindungi kebersihankulit, dan bisa diobati dengan obat anti jamur yang dijual di pasaran, dan dapat jugadiobati dengan obat-obatan tradisional layaknya daun sirih yang digabung dengankapur sirih dan dioles pada kulit yang terserang panau.
2.
 
Penyakit Kulit - Kurap
 Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala yang mampudiberikan oleh panyakit kulit kurap adalah adanya penebalan pada kulit yang disertaidengan timbul lingkaran-lingkaran.Kulit akan menjadi bersisik, berair, dan akan terasa sangat gatal pada bagian yangterkena jamur tersebut. Pada akhirnya gejala tersebut akan menimbulkan bercak keputihan pada kulit yang disebabkan adanya pertumbuhan jamur pada kulit.Penyakit kulit kurap timbul karena kurangnya penderita penyakit kurap dalammenjaga kebersihan tubuhnya. Biasanya daerah yang banyak terserang oleh jamur yang menyebabkan kurap adalah bagian tengkuk, leher, dan kulit kepala.Upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena penyakit kurap adalahdengan selalu menjaga kebersihan badan terutama pada daerah yang paling seringdiserap oleh jamur yang menyebabkan terjadinya penyakit kurap yakni pada daerahtengkuk, leher, dan kulit kepala.Penyakit kulit kurap merupakan penyakit yang menular. Penularan yang diakibatkanoleh jamur tersebut bisa terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau secaratidak langsung. Kontak yang tidak langsung biasanya paling banyak ditularkan lewat pakaian dan handuk.Handuk atau pakaian yang pernah digunakan oleh orang yang menderita kurapmemiliki potensi untuk menyebarkan jamur yang mulanya ada pada badan penderita berpindah ke handuk. Oleh karena itu biasakan menggunakan barang yang bisafat pribadai secara individu serta jaga selalu kebersihan badan agar tidak terserang penyakit kurap.Untuk pengobatan penyakit kurap yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan
 
obat pada bagian yang terserang jamur tersebut. Obat yang digunakan adalah obat anti jamur semisal obat yang mengandung mikonazol dan kloritomazol.Penggunaan obat dengan pemakaian yang tepat akan menghilangkan penyakit kurapyang ada pada kulit.
3.
 
Infeksi jamur kulit
  jamur dapat tumbuh di permukaan kulit kita, dan mengakibatkan kerusakan tekstur kulit hingga tampak buruk.Belum lagi, rasa gatal yang kerap menyerang menyertaiinfeksi jamur tersebut. bila tidak selekasnya di atasi, jamur kulit dengan cepatmenyebar ke jaringan kulit yang lebih luas.Penyakit kulit bisa terjadi karena kita yang tidak memperhatikan kebersihan kulitkita. Biasakan hidup sehat agar tidak hanya kulit tetapi badan kita juga sehat dan jugaterjaga sampai tua nanti.
4.
 
Kudis ( skabies )
 gejala : timbul gatal hebat di malam hari, terlebih di sela-sela jari tangan, di bawahketiak, pinggang, alat kelamin, sekeliling siku, aerole ( sekeliling puting payudara ),dan permukaan depan pergelangan.kudis gampang menular ke orang lain baik dengan langsung ataupun tidak langsung (handuk, baju, dan lain-lain ). pencegahan : kudis seringkali terjadi di tempat yang higienisnya buruk, jadimemelihara kebersihan tubuh adalah harus bila pingin terhindar dari penyakit kulitini.
5.
 
Kutu air adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur dermatofit (dermatophytes) atautrikofiton (trichophyton).Infeksi jamur umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala.Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki.
Penyebab Kutu Air
 Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu.Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur.Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderunglembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur.Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yangrusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik.Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkaninfeksi jamur pada kaki.Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risikotumbuhnya jamur kutu air.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->