Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pondasi sarang laba laba

Pondasi sarang laba laba

Ratings: (0)|Views: 146 |Likes:
Published by Grace Dana Ayori
tugas mata kuliah pondasi 1
tugas mata kuliah pondasi 1

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Grace Dana Ayori on Jun 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/25/2013

pdf

text

original

 
Teknik Sipil
 – 
Politeknik Negeri JakartaPondasi, Grace Dana Ayori, 2013
 
1
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Pada perencanaan pembangunan gedung bertingkat tinggi harus diperhatikan beberapa aspek penting, seperti lingkungan, sosial, ekonomi, serta aspek keamanan. Untuk itu diperlukan suatu perencanaan yang matang sehingga setiap hambatan yang mungkinterjadi dimasa yang akan datang dapat teratasi dengan baik. Hal tersebut haruslah menjadilandasan utama dalam setiap pekerjaan khususnya di bidang Teknik Sipil seperti pembuatan gedung, jalan, waduk, bendung, saluran irigasi, jembatan dan struktur-struktur yang lainnya.Semua struktur bangunan yang ada di atas tanah didukung oleh sistem pondasi pada permukaan tanah. Pondasi merupakan bagian dari suatu sistem rekayasa yangmeneruskan beban yang ditopang dan beratnya sendiri kepada dan kedalam tanah dan batuan yang terletak dibawahnya. Pemilihan sistem pondasi yang digunakan pada dasarnyamerupakan studi alternatif ekonomis. Hal-hal yang ikut dipertimbangkan tidak hanyamaterial dan tenaga kerja, tetapi juga biaya-biaya lain seperti mengendalikan air tanah,cara-cara mengatasi agar seminimal mungkin kerusakan pada bangunan didekatnya danwaktu yang digunakan untuk membangun. Selain itu perlu juga diperhatikan bahwa padawaktu pelaksanaan pembangunan struktur tidak boleh merusak lingkungan sekitar.Yang terpenting dari semua aspek diatas adalah aspek keamanan, dimana gedungdiharapkan terjamin keutuhan strukturnya selama umur rencana termasuk di dalamnya penentuan jenis pondasi yang digunakan. Untuk itu didalam makalah ini akan dibahaslebih lanjut mengenai berbagai jenis pondasi terutama pondasi dangkal,selain itu akandibahas pula mengenai salah satu dari jenis pondasi dangkal yaitu pondasi sarang laba-laba.
1.2 Tujuan Penulisan
 
Teknik Sipil
 – 
Politeknik Negeri JakartaPondasi, Grace Dana Ayori, 2013
 
2
 
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas besar mata kuliah pondasi di semester IV ini dan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang pondasi dangkal. Selain itu diharapkan mahasiswa dapat mengetahui tentang berbagai jenisdan pengklasifikasian pondasi dangkal, kelebihan dan kekurangannya serta penerapannyadi dalam dunia konstruksi sehingga mahasiswa diharapkan dapat terbantu dalammemahami tentang materi pondasi dangkal dan dapat menerapkan konsepnya secara tepat.
1.3
 
Sistematika PenulisanKata PengatarDaftar IsiBab 1 : Pendahuluan
1.1 Latar Belakang1.2 Tujuan Penulisan1.3 Sistematika Penulisan
Bab 2 : Pengertian Pondasi dan Klasifikasinya
2.1 Pengertian Pondasi2.2 Jenis-Jenis Pondasi2.2.1 Pondasi Dangkal
Bab 3 : Pondasi Sarang Laba-Laba
3.1 Pengertian Pondasi Sarang Laba-Laba3.2 Bagian-Bagian Pondasi Sarang Laba-Laba3.3 Kelebihan Pondasi Sarang Laba-Laba3.4 Keistimewaan Sistem Konstruksi dan Bentuk Pondasi Sarang Laba-Laba
Daftar Pustaka
 
Teknik Sipil
 – 
Politeknik Negeri JakartaPondasi, Grace Dana Ayori, 2013
 
3
 
BAB IIPENGERTIAN PONDASI DAN KLASIFIKASINYA2.1 Pengertian Pondasi
 
Pondasi adalah suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan dan meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanahdasar pondasi yang cukup kuat menahannya tanpa terjadinya differential settlement padasistem strukturnya. Ada beberapa pengertian tentang pondasi yaitu:1.
 
Suatu konstruksi bangunan yang memiliki fungsi untuk memindahkan beban/bobot/gayayang ditimbulkan oleh banguna yang ada diatasnya kedalam tanah.2.
 
Adalah bagian bangunan yang menghubungkan bangunan tersebut dengan tanah,dimanatanah harus menerima beban dari bangunan tersebut (beban mati dan bebanhidup) dantugas pondasi untuk membagi beban itu sehingga tekanan tanah yangdiizinkan (dayadukung) tidak terlewati.3.
 
Konstruksi yang diperhitungkan sedemikian rupa sehingga dapat menjaminkestabilan bangunan terhadap berat sendiri dan menghindari penurunan bangunan yangtidak merata.Sehingga dapat disimpulkan, pengertian pondasi adalah: Bagian dari elemen bangunanyang berfungsi meletakkan dan meneruskan beban ke dasar tanah yang kuat mengimbangidan mendukung (merespon) serta dapat menjamin kestabilan bangunan, paling tidak terhadap beratnya sendiri, beban yang bekerja serta beban gempa.Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh pondasi antara lain :1.
 
Terhadap tanah dasar :
 
Pondasi harus mempunyai bentuk, ukuran dan struktur sedemikian rupa sehinggatanah dasar mampu memikul gaya-gaya yang bekerja.
 
Penurunan yang terjadi tidak boleh terlalu besar / tidak merata.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->