Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
272Activity
×
P. 1
Pembuatan Beton Ringan

Pembuatan Beton Ringan

Ratings:

4.6

(5)
|Views: 42,710|Likes:
Published by amiboyz
makalah berisi sebuah percobaan yang dilakukan saya dan rekan-rekan untuk meracik sebuah beton ringan mutu tinggi juga dengan biaya yang murah.
makalah berisi sebuah percobaan yang dilakukan saya dan rekan-rekan untuk meracik sebuah beton ringan mutu tinggi juga dengan biaya yang murah.

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: amiboyz on May 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/27/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ) yang semakin maju dansemakin canggih, membuat teknologi beton mempunyai potensi yang lebih luas dalambidang kontruksi. Hal ini menyebabakan beton banyak digunakan untuk konstruksi bangunangedung, rumah, jalan raya, jalan kereta api, lapangan terbang, pelabuhan, bangunan air,terowongan, bangunan lepas pantai, kapal, dan lain-lain termasuk untuk membuat patung-patung karya seni. Beton merupakan bahan yang dominan karena memiliki
durability
atautingkat keawetan yang tinggi dibanding bahan material lain.Dalam konstruksi suatu bangunan, dibutuhkan beton yang bermutu tinggi dimanamemiliki kuat tekan yang tinggi, dan dengan kreasi seorang teknik sipil, beton bisa bernilaiekonomis dan memiliki berat yang ringan.Dengan adanya
Lomba Beton Nasional XV
yang di selenggarakan oleh UniversitasTarumanegara yang bertemakan
BETON RINGAN MUTU TINGGI
ini , kami sebagaimahasiswa jurusan teknik sipil mencoba untuk berkreasi dalam pembuatan beton, yaitudengan berkreasi dalam pemilihan agregat dimana agregat merupakan bagian penting dalambeton. Dan kami berharap bisa berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkanbidang teknik sipil secara umum.Dalam lomba ini kami mencoba untuk mengembangkan potensi suatu daerahsehingga bisa memberikan pengaruh positif bagi warga masyarakat daerah tersebut dalamsegi perekonomian. Yaitu dengan menggunakan batu apung ( Pumice ) sebagai aggregatkasar dan pasir Bangka sebagai aggregat halus, dimana keduanya merupakan hasil alam yangberada di daerah pantai, sehingga beton yang akan kami kembangkan (buat) bisamengembangkan potensi alam di daerah pantai Bangka.
 
2
I.2 Tujuan Rancangan Beton
Perencanaan campuran beton ini bertujuan untuk menghasilkan beton dengansebaik-baiknya, dimana memiliki kriteria sebagai berikut :
 
Kuat tekan tinggi,
 
Beratnya ringan,
 
Biaya produksi ekonomis,
 
Bersifat inovasi dalam pemilihan bahan,Selain itu tujuan dari penggunaan pumice dan pasir Bangka sebagai aggregat betonyaitu mampu mengembangkan potensi alam di daerah Bangka terutama wilayah pantaiBangka.
I.3 Target Kuat Tekan Beton
Kekuatan tekan beton yang dipersyaratkan adalah kekuatan tekan beton karakteristik 10 N/mm2 pada beton berumur 28 hari sesuai dengan struktur bangunan yang akan dibangun.Struktur bangunan ini meliputi pengerjaan kolom, balok, plat dan dinding. Makaslump ditentukan sebesar 30 - 60 mm diharapkan telah dapat memenuhi workability yangideal. Tetapi meski demikian kekuatan tekan beton juga masih dipengaruhi oleh antara lain :
 
Faktor air semen,
 
Umur beton,
 
Jenis semen yang digunakan,
 
Jumlah semen, dan
 
Sifat aggregat.
I.4 Standar Pengujian
Untuk dapat dinyatakan benar hasilnya, pengujian di laboratorium harus dilakukan sesuaidengan standar tertentu. Sehubungan dengan itu, standar pengujian yang dipakai padapembuatan ini adalah :ASTM C33 :
Standard Spesification or Concrete Aggregates
 ASTM C40 :
Test for Organik Impurites in Sand for Concrete
 ASTM C142 :
Test for Clay Lumps and Friable Particles in Aggregates
 ASTM C29 :
Test for Unit Wight and Voids aggregates
 ASTM C127 :
Test for Specific Gravity and Absorption of Coarse Aggregates
 ASTM C128 :
Test for Specific Gravity and Absorption of Fine Aggregates
 
 
3
ASTM C136 :
Test for Shieve Gravity and Screen Analysis of Fine & Coarse Aggregates
 ASTM C129 :
 Making & Curing Concrete Test Spesimens in the Laboratory
 ASTM C143 :
Test for Slump and Portland Cement Concrete
 ASTM C39 :
Test for Compressive Strength of Silinder ConcreteSpesimens
 BS 882 :
Grading Limits for Fine Aggregrate
SK SNI 03-2834-2000 :
Tata Cara Pembuatan Campuran Beton Normal
I.5 Sistematika Laporan
Sistematika laporan bertujuan untuk mempermudah pengertian kearah pemahamanpenulis laporan sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup, maka uraian penulisan ini disusunsebagai berikut :BAB I PENDAHULUANPada bab ini diuraikan hal-hal mengenai latar belakang, tujuan pembuatan ataurancangan beton, target kuat tekan, standar pengujian, dan sistematika laporan.BAB II MIX DESIGNPada bab ini diuraikan hal-hal tentang alasan pemilihan bahan, dan perhitungan mixdesign.BAB III METODE PEMBUATANPada bab ini dijelaskan tentang metode atau tata cara pembuatan beton.BAB IV URAIAN HASIL UJIPada bab ini diuraikan tentang hasil uji beton pada umur tertentu disertai grafiknya.BAB V RINCIAN BIAYA PEMBUATANPada bab ini dijelaskan tentang rincian biaya pembuatan beton per-m³ danperbandingan harga denagn harga pasaran.BAB VI PENUTUPBerisi tentang kesimpulan dan saran.

Activity (272)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Veva Santi D liked this
Raja Sang Monti liked this
Apb Polbeng liked this
Lalu Satria liked this
Dani Kross liked this
H_fiz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->