Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Dan Problematika Kebudayaan

Pengaruh Dan Problematika Kebudayaan

Ratings: (0)|Views: 462|Likes:
Published by Dedy Surya Pratama
pengaruh dan problematika kebudayaan
pengaruh dan problematika kebudayaan

More info:

Published by: Dedy Surya Pratama on Jun 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/08/2013

pdf

text

original

 
Pengaruh dan Problematika Kebudayaan
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
 Perkembangan zaman mendorong terjadinya perubahan disegala bidang, termasuk dalam hal kebudayaan. Hal ini dapat mengakibatkan kebudayaan yang dianut oleh suatukelompok sosial akan bergeser. Cepat atau lambat pergeseran itu tentu akan menimbulkankonflik antara kelompok yang menghendaki perubahan dan kelompok yang tidak menghendaki perubahan yang biasa disebut dengan problematika kebudayaan. Problematika kebudayaan diIndonesia yang timbul akibat globalisasi diantaranya dapat dilihat dalam bidang bahasa,kesenian, juga yang terpenting- kehidupan sosial. Akibat perkembangan teknologi yang begitu pesat, terjadi transkultur dalam kesenian tradisional Indonesia. Peristiwa transkultural ini akan berpengaruh terhadap keberadaan kebudayaan terutama dalam bidang kesenian kita. Padahalkesenian tradisional kita merupakan bagian dari khasanah kebudayaan nasional yang perlu dijagakelestariannya. Dengan teknologi informasi yang semakin canggih seperti saat ini, kita disuguhi banyak alternatif tawaran hiburan dan informasi yang lebih beragam, yang mungkin lebihmenarik jika dibandingkan dengan kesenian tradisional kita. Dengan televisi, masyarakat bisamenyaksikan berbagai tayangan hiburan yang bersifat mendunia yang berasal dari berbagai belahan bumi. Hal ini menyebabkan terpinggirkannya kesenian asli Indonesia.Problematika kebudayaan yang penting lainnya adalah adanya kemungkinan punahnyasuatu bahasa di daerah tertentu disebabkan penutur ba
hasanya telah “terkontaminasi” oleh
 pengaruh globalisasi. Contoh kasusnya ialah seperti yang terjadi di Sumatera Barat. Di daerah inisering kali kita temukan percampuran bahasa yang biasanya dituturkan oleh anak muda diSumater Barat, seperti pencampuran Bahasa Betawi dan Minang dalam percakapan sehari-hari(kama lu?, gak tau gua do, dan lain-lain). Hal ini jelas mengancam eksistensi bahasa di suatudaerah yang jika dibiarkan berlanjut terlalu lama akan mengubah kebudayaan.
B.
 
Rumusan Masalah
 Dalam makalah ini penulis akan membahas tentang:1.
 
Pengaruh budaya terhadap lingkungan
 
2.
 
Problematika kebudayaan3.
 
Perbedaan masyarakat kota dan masyarakat desa
C.
 
Tujuan
 Adapun tujuan yang ingin penulis sampaikan dalam makalah ini diantaranya adalah:1.
 
Untuk mengetahui pengaruh budaya terhadap lingkungan.2.
 
Mengetahui jenis-jenis problematika kebudayaan.3.
 
Dapat menganalisis perbedaan kebudayaan antara masyarakat kota dan masyarakat desa.
D.
 
Manfaat
Mamfaat penulisan makalah ini adalah menambah wawasan dan ilmu pengetahuan pembacamengenai manusia dan kebudayaan terkhusus pada pembahasan pengaruh dan problematikakebudayaan di Indonesia.
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
A.
 
Pengaruh Budaya Tehadap Lingkungan
 Budaya yang dikembangkan oleh manusia akan berpengaruh terhadap lingkungan dimanatempat kebudayaan itu berkembang. Dengan menganalisis pengaruh budaya terhadaplingkungan, kita dapat mengetahui mengapa setiap daerah itu mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda yang akan menghasilkan keragaman kebudayaan.1[1].Beberapa variabel yang berhubungan dengan masalah kebudayaan dan lingkungan,diantaranya adalah:1.
 
Physical EnvironmentPhysical Environment adalah permasalahan kebudayaan yang terkait dengan lingkungan naturalseperti temperature, curah hujan, iklim wilayah, geografis, flora, dan fauna.2.
 
Cultural Social Environment
 
Cultural Social Environment adalan permasalahan kebudayaan yang meliputi aspek-aspek kebudayaan beserta proses sosialisasi seperti norma-norma, adat istiadat, dan nilai-nilai.3.
 
Environmental Orientation and RepresentationEnvironmental Orientation and Representation adalah permasalahan kebudayaan yang mengacu pada presepsi dan kepercayaan kognitif yang berbeda pada setiap masyarakat mengenailingkungannya.4.
 
Environmental Behavior and ProsesEnvironmental Behavior and Proses adalah permasalahan kebudayaan yang meliputi bagaimanacara cara masyarakat menggunakan lingkingan dalan hubungan sosial.5.
 
Out Carries ProductOut Carries Product adalah permasalahan kebudayaan yang meliputi hasil tindakan manusia pada presepsi dan kepercayaan kognitif yang berbeda-beda pada setiap masyarakat dalam hubungansocial.Dengan menganalisis permasalahan kebudayaan dengan lingkungan diatas, dapatdisimpulkan bahwa kebudayaan yang berkembang pada suatu wilayah tertentu akan mempunyai pengaruh yang cukup besar pada perubahan pola tata laku, norma-norma, nilai-nilai, dan aspek kehidupan lainnya yang akan menjadi cirri khas suatu masyarakat dengan masyarakat lainnya.Pengaruh masuknya budaya Barat terhadap penerimaan budaya Indonesia menimbulkantiga reaksi dalam menghadapi budaya luar tersebut, diantaranya adalah:1.
 
Corak reaksi yang menerima dan merangkul bulat-bulat kebudayaan luar. Corak ini menganggapkebudayaan timur sudah tidak relevan lagi untuk menghadapi kondisi kehidupan pada masasekarang, dan mengadopsi dengan secara keseluruhan budaya barat yang dating yang dianggapungggul dan mampu melahirkan manusia yang berkualitas2.
 
Corak reaksi yang sama sekali anti terhadap kebudayaan barat. Corak kebudayaan inimenganggap budaya barat hanya melahirkan manusia yang buas dan kejam, dan kebudayaantimur yang lebih ungggul.3.
 
Corak reaksi yang melihat pembenturan kebudayaan timur dengan kebudayaan barat secararealistis dan kritis. Corak reaksi ini berusaha mengambil jarak dan menilai secara jujur 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->