Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam Sambungan Baja

Macam Sambungan Baja

Ratings: (0)|Views: 746 |Likes:
Published by Mochamad Fadlan

More info:

Published by: Mochamad Fadlan on Jun 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2014

pdf

text

original

 
MACAM-MACAM SAMBUNGANA. Fungsi / Tujuan Sambungan Baja
Suatu konstruksi bangunan baja adalah tersusun atas batang-batang baja yangdigabung membentuk satu kesatuan bentuk konstruksi dengan menggunakan berbagaimacam teknik sambungan. Adapun fungsi / tujuan sambungan baja antara lain :1.
 
Untuk menggabungkan beberapa batang baja membentuk kesatuan konstruksi sesuaikebutuhan.2.
 
Untuk mendapatkan ukuran baja sesuai kebutuhan (panjang, lebar, tebal, dan sebagainya).3.
 
Untuk memudahkan dalam penyetelan konstruksi baja di lapangan.4.
 
Untuk memudahkan penggantian bila suatu bagian / batang konstruksi mengalami rusak.5.
 
Untuk memberikan kemungkinan adanya bagian / batang konstruksi yang dapat bergerak missal peristiwa muai-susut baja akibat perubahan suhu.B.
Mengenal Alat Sambung Baja1. Paku Keling (rivet)
Paku keling adalah suatu alat sambung konstruksi baja yang terbuat dari batang baja berpenampang bulat dengan bentuk sebagai berikut :Atau disebut juga dengan (Riveting) adalah suatu dari metoda penyambunganyang sederhana. Penggunaan metoda penyambungan dengan riveting ini sangat baik digunakan untuk penyambungan pelat-pelat alumnium, sebab plat plat aluminium inisangat sulit disolder atau dilas.Dari metoda-metoda lain yang digunakan untuk proses penyambungan aluminiumetoda riveting inilah yang sangat sesuai digunakan, dan mempunyai proses pengerjaanyang mudah dilakukan.Jenis-jenis rivet dibagi menurut bentuk kepalanya:
 
 
 
 Rivet atau dalam istilah sehari-hari sering disebut paku keling adalah suatu metal pinyang mempunyai kepala dan tangkai rivet. Bentuk dan ukuran dari rivet ini telahdinormalisasikan menurut standar dan kodenya. Pengembangan penggunaan rivet dewasa iniumumnya digunakan untuk pelat-pelat yang sukar dilas dan dipatri dengan ukuran yangrelatif kecil.Setiap bentuk kepala rivet ini mempunyai kegunaan tersendiri, masing-masing jenismempunyai kekhususan dalam penggunaannya.Dimensi rivet B.S 4620
2. Sambungan lipat
Sambungan pelat dengan lipatan ini sangat baik digunakan untuk konstruksisambungan pelat yang berbentuk lurus dan melingkar. Ketebalan pelat yang baik disambung berkisar di bawah 1 (satu) mm, sebab untuk penyambungan pelat yang mempunyai ketebalandi atas 1 mm akan menyulitkan untuk proses pelipatannya.Proses penyambungan pelat dengan metoda pelipatan ini dapat dilakukan secara manual diatas landasan-landasan pelat dan mesinmesin pelipat.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->