Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Inventaris Barang

Inventaris Barang

Ratings: (0)|Views: 399|Likes:
Published by Fhareza Aja

More info:

Published by: Fhareza Aja on Jun 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2014

pdf

text

original

 
SISTEM INFORMASI INVENTARISASI ALAT / BARANGDI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO BERBASIS WEBRianto
1
, Eru Puspita,S.Kom,M.Kom
2
, Wiratmoko Yuwono,ST
3
Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika
1
, Dosen Pembimbing
2
Politeknik Elektronika Negeri SurabayaInstitut Teknologi Sepuluh Nopember Kampus PENS-ITS Keputih Sukolilo Surabaya 60111Telp (+62)31-5947280, 5946114, Fax. (+62)31-5946114Email : mazian@student.eepis-its.eduMakalah Proyek Akhir 
ABSTRAK 
 Pada saat ini proses inventari alat / barang dilakukan secara manual, sehingga memerlukan waktu yang lama untuk proses penulisan dengan tangan. Sebagian besar instansi pendidikan di negara kita tidak memiliki sistem yang menyediakan informasi inventarisasi alat/barang secara online dalam hal ini studykasus di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.Untuk menunjang kegiatan inventarisasi barang di SMKN 1 Jenangan Ponorogo diperlukan sebuah aplikasi yang di sebut Sistem Informasi Inventarisasi Alat /Barang. Metode yang di gunakan dalam sistem ini memanfaatkan web sebagai media akses dengan bahasa pemrograman menggunakan Java Server Page (JSP), Apache Tomcat sebagai Web Server dan MYSQL sebagai media penampung database. Dari hasil pengujian berdasarkan didapatkan bahwa aplikasi Sistem inventarisasi Alat / Barang di SMKN 1 Jenangan Ponorogo dapat bekerja dengan baik. Sehingga ketika pengguna ingin mengecek apa sajaalat/bahan yang sudah masuk, bagaimana kondisi barang, serta dari mana perolehan barang tersebut.
 Kata kunci 
: Sistem informasi, inventaris
1.1.
 
PENDAHULUAN
Pada saat ini sebagian besar instansi pendidikan di negara kita tidak memiliki sistem yang menyediakaninformasi inventarisasi alat/barang secaraonline. Keadaan ini kurang efektif sehingga dibutuhkan sebuah sistem yangmampu mengatasi keadaan tersebut.Sistem ini memanfaatkan web sebagaimedia akses, dan mysql sebagai media penampung database.Dalam proyek akhir ini penulisakan membuat “Sistem InformasiInventarisasi Alat/Barang Di SMKN 1Jenangan Ponorogo”. Diharapkan dengandibuatnya sistem
 
informasi ini dapatmemberikan suatu informasi secara detailtentang inventaris di SMKN 1 Jenangan.Sehingga ketika pengguna inginmengecek apa saja alat/bahan yang sudahmasuk, bagaimana kondisi, diperoleh dari bantuan atau insidental bisamenggunakan program ini.
1.2.
 
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan yang timbul dalam pengerjaan proyek akhir ini Berdasarkanuraian diatas, maka permasalahan yangtimbul dalam pengerjaan proyek akhir iniadalah bagaimana membangun sebuahSistem Informasi InventarisasiAlat/Barang di SMKN 1 JenanganPonorogo yang bisa memberikaninformasi tentang keadaan alat dan barang.
1.3.
 
BATASAN MASALAH
Batasan masalah pada tugas akhir iniadalah :1.
 
Data inventaris yang dimaksud adalahdata di SMKN 1 Jenangan Ponorogo2.
 
Report yang ditampilan meliputi, cara peroleh, sumber dana, tahun, jenis barang, peminjaman, sehingga tidak membahas laporan lainnya.
 
1.4.
 
TUJUAN DAN SASARAN
Pembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk:Membuat suatu sistem yang dapatmembantu proses menganalisa danmemonitoring keadaan inventarisasialat/bahan secara online di SMKN 1Jenangan Ponorogo. Proyek ini juga bertujuan sebagai sarana dokumentasidata inventaris barang di SMKN 1Jenangan Ponorogo yang tersaji dalam bentuk software Berbasis web.
1.5.
 
METODOLOGI
Prosedur atau langkah-langkah pembuatan Proyek Akhir ini diuraikansebagai berikut:
1.
 
Studi Literature
Pada tahap ini akan diadakan studiliterature tentang SI, serta teknologi baik 
hardware
maupun
 software
yangdibutuhkan. Pada pembangunan SI iniakan menggunakan
 software
 
 JakartaTomcat 
,
 MySQL, Xampp,Adobe Dreamweaver,JSP 
, sehingga dilakukanstudi literatur tentang
 software
 
 JakartaTomcat 
,
 MySQL, Xampp,Adobe Dreamweaver, dan JSP 
,
.
2.
 
Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilakukan pencariandata khususnya data alat dan barang diSMKN 1 Jenangan.
3.
 
Perancangan Sistem
Dari yang didapatkan, selanjutnyadilakukan analisa dan perencanaanterhadap system yang akan dibuat dalam proyek akhir ini. Yang meliputi perancangan sistem, perancangandatabase, analisa data perancangan
interface
.
4.
 
Pembuatan Sistem
Pada tahap ini dilakukan pembuatansistem dimana proses dimulai dari pembuatan aplikasi sampaimenampilkannya dalam bentuk web
5.
 
Pengujian dan Evaluasi
Pada tahap ini akan dilakukan pengujian sistem dan analisa pada SistemInformasi Inventarisasi yang meliputidata barang, peminjaman, untuk melihatapakah sudah sesuai dan lebih baik atau belum, sehingga jika terdapat kesalahandapat dilakukan perbaikan dengan segera.
6.
 
Penyusunan Laporan
Pada tahap ini dilakukan penulisanlaporan lengkap dan detail tentang proyek akhir.
2.1
 
TEORI PENUNJANG
Istilah sistem informasimenyiratkan suatu pengumpulan datayang terorganisasi beserta tata cara penggunanya yang mencakup lebih jauh daripada sekedar penyajian.Keberhasilan suatu sistem informasiyang diukur berdasarkan maksud pembuatannya tentu bergantung padatiga faktor utama, yaitu: keserasian, pengorganisasian data, dan tatacara penggunaannya.Beberapa manfaat systeminformasi yang perlu diketahui adalah:1.
 
Memberikan informasi yangsudah terjamin kebenarannya2.
 
Lebih efisien3.
 
Meningkatkan kemampuan dalammengambil keputusan4.
 
Meningkatkan kualitas informasi5.
 
Lebih terjamin keamanannya6.
 
Meningkatkan efisiensioperasional
2.2
 
INVENTARIS
Inventarisasi adalah kegiatanmelaksanakan pengurusan, penyelenggaraan, pengaturan, pencatatandan pendaftaran barang inventaris/hak milik.Inventaris mengacu pada segala persedian barang sumber daya yangdigunakan dalam sebuah organisasi yangdapat berbentuk sebagai berikut:
1.
 
Bahan mentah
2.
 
Pekerjaan dalam proses
3.
 
Barang jadi
4.
 
Suku cadang komponen
 
Persediaan Inventaris mempunyaimanfaat sebagai pemanfaatan realistisdan sebesar-besarnyadari sebagai perlengkapan kantor dan demi lancarnyaaktifitas kerja pegawai.
a)
 
Inventarisasi menurut Budiono (2005: 207) merupakan pencatatan pendaftaran barang-barang milik kantor yang dipakai dalammelaksanakan tugas.
 
 b)
 
Inventaris menurut Budiono (2005 :207) merupakan daftar yang memuatsemua barangmilik kantor yangdipakai dalam melaksanakan tugas.
c)
 
Inventarisasi barang merupakankegiatan untuk melakukan pencatatandanpendaftaran barang padasuatu saat tertentu.(http://perlengkapan.auk.uns.ac.id)
d)
 
Pembukuan Barang milik/kekayaannegara adalah kegiatan untuk melakukanpencatatan barangmilik/kekayaan negara baik data asal barang, penempatanbarang di unit kerja,mutasi barang maupun inventarisasi barang
e)
 
Barang Milik/Kekayaan Negara adalahsemua barang milik negarayangberasal/dibeli dengan dana yang bersumber untuk seluruhnya atausebagian dariAPBN ataupun dengandana dari luar APBN yangdikuasai/dibawah pengurusanDepartemen, Lembaga-lembaga Negara, Lembaga NonPemerintah NonDepartemen sertaunit-unit di dalam lingkungannyayang terdapat baik di dalammaupun diluar negeri.
f)
 
Barang adalah bagian dari kekayaannegara yang terdiri dari satuan-satuantertentuyang dapat dihitung, diukur,ditimbang dan tidak termasuk uangdan suratberharga.
g)
 
Barang bergerak adalah barangmilik/kekayaan negara yang menurutsifatpenggunaannya dapt dipindah- pindahkan. Misalnya alat pengankut, peralatankantor, alat kesehatan danlainnya.
h)
 
Barang tidak bergerak adalah barangmilik/kekayaan negara yang menurutaturanperundang-undangan yang berlakuditetapkan sebagai barang tidak  bergerak misalnya tanah, bangunan,dermaga, landasan dan lainnya
2.3
 
WEB
WWW merupakan singkatandari World Wide Web atau seringdisebut website atau cukup “web”saja. Website merupakan layananyang paling populer dan paling berkembang dalam perkembanganinternet. Website begitu populer  bahkan banyak orang awam yangmengidentikkan website denganinternet. Secara teknis website bisadikatakan adalah sebuah sistem yangmenyediakan berbagai informasi.Informasi yang disediakan padawebsite dapat berupa teks, gambar,suara, viedo dan lain-lain.Semua informasi yang tersediadi website tersimpan di sebuahinternet webserver atau disebutwebserver saja. Informasi yangtersimpan di webserver tersebutumumnya akan ditampilkan dalam bentuk HTML (Hypertext MarkupLanguage). Dari komputer yang kitagunakan, website dapat diaksesdengan menggunakan sebuahsoftware atau program aplikasi yangdisebut web browser atau disebut browser saja.Browser akan membaca danmenampilkan halaman website yangtersimpan di webserver dengan protokol yang disebut HTTP(Hypertext Transfer Protocol).Terdapat banyak browser yangtersedia saat ini, contohnya : InternetExplorer, Mozilla Firefox, Opera danlainnya. Seiring pesatnya perkembangan dunia internet, jumlahwebsite yang ada juga semakin

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->