Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permainan Kasti

Permainan Kasti

Ratings: (0)|Views: 404 |Likes:
Published by sdnegeri060955
Pembelajaran Penjaskes kelas 4
Pembelajaran Penjaskes kelas 4

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: sdnegeri060955 on Jun 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2014

pdf

text

original

 
Permainan Kasti
1.Sejarah Singkat Permainan Kasti
Kasti, orang Indonesia pada umumnya pasti mengenal permainan ini. Baik anak-anak hingga dewasa senang dan gembira melakukan permainan ini. Permainanini dikategorikan sebagai permainan tradisional yang telah dilestarikan melaluikurikulum di sekolah dasar bidang studi penjasorkes. Dan telah dimasukkandalam olahraga permainan kecil. Pada proses perkembangannya permainankasti ini adalah olahraga masyarakat, dimana masyarakat melakukannya padawaktu senggang atau waktu lowong, terutama oleh anak-anak karena dalampermainan kasti meningkatkan ketangkasan dan kekompakan regu atau pemain.Sehingga melalui permainan kasti dapat menjalin hubungan persahabatan dankerjasama yang baik. Biasanya permainan bola kasti kebanyakan dilakukan padawaktu sore hari dan kegiatan bola kasti dapat dilakukan oleh siapapun. Tujuan Bermain kasti Bagi pendidikan Jasmani. Adapun beberapa tujuan daribermain kasti bagi pendidikan jasmani antara lain:1.Untuk pelestarian olahraga tradisional bangsa.2.Untuk meningkatkan dan mengembangkan berbagai macam fungsi tubuh.3.Untuk menumbuhkan sikap sportivitas antar pemain atau teman.4.Untuk menambahkan pengetahuan peraturan permainan.5.Untuk mengembangkan skill dalam penerapan strategi dan teknik dalamaktivitas yang terorganisasi.6.Untuk dapat menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik.
2.Sarana Permainan Kasti
a.LapanganLapangan permainan kasti berbentuk segi empat panjang dengan ukuranluasnya adalah lebih kurang panjang 60 meter dan lebar 30 meter (tidakmutlak). 5 (Lima) meter dari panjang lapangan dipergunakan untuk ruangantempat penjaga belakang, tempat pemukul, tempat pelambung dan tempatpemain pemukul. Lapangan dilengkapi dengan tiang penyelamat yangdiletakkan dengan jaraknya 5 meter dari garis pemukul dan 5 meter darigaris samping. Sedangkan tiang hinggap ada dua buah yang masing-
 
masingnya diletakkan berjarak 10 meter dari tiang yang lainnya, 10 meterdari garis belakang dan juga 5 meter dari garis samping.Bagian pangkal lapangan terdapat ruangan atau petak pemukul juga 5 meterkali 5 meter dari garis samping. Sedangkan tiang hinggap ada dua buah yangmasing-masingnya diletakkan berjarak 10 meter dari tiang yang lainnya 10meter dari garis belakang dan juga 5 meter dari garis samping.b.Perlengkapan1.BolaBola untuk permainan kasti sudah dibulatkan sedemikian rupa yang berisiijuk atau sabut yang kelilingnya 19 – 21 cm dan beratnya 70 – 80 gram.2.PemukulKayu pemukul adalah kayu (bukan logam) yang bentuknya bulat teluratau oval yang panjangnya sekitar 50 – 60 cm dengan garis menengah3,5 – 5 cm. Sedangkan pemegang 15 – 20 cm dengan tebalnya 3 – 4 cm.c.Jumlah Pemain. Dalam bermain kasti terdiri dari 2 (dua) regu yaitu regupemukul dan regu penjaga. Masing-masing regu berjumlah 12 orang pemain.Setiap pemukul biasanya diberi satu kali kesempatan memukul bola.d.Tiang Pertolongan. Tiang pertolongan terbuat dari bahan yang tidak mudahpatah, seperti besi, kayu, piber atau bambutiang pertolongan ditancapkan ditengah lingkaran dengan jari-jari 1 meter dan tinggi tiang pertolongan daritanah ialah 1,5 meter, jarak tiang pertolongan dengan garis pemukul adalah5 meter dan jarak dari garis samping 5 meter.e.Tiang Hinggap atau Tiang Bebas. Tiang hinggap dalam permainan kasti adadua buah, yang ditancapkan dalam tanah lingkaran berjari-jari 1 meter.Kedua tiang tersebut di tancapkan dengan jarak 5 meter dari garis belakangdan 10 meter dari garis samping kanan dan kiri. Pemain yang sidah berada ditiang hinggap aman dari incaran pemain penjaga yang memegang bolaselagi pemain pemukul tidak berpinddah ke tiang hinggap yang lainnya.f.Nomor Dada. Dalam permainan kasti setiap pemain harus memakai nomordada yang terbuat dari kain, terpasamg di depan dada dan punggung. Nomordada terdiri atas nomor 1-15, nomor urut 1-12 untuk pemain inti dan untuknomor 13-15 untuk pemain cadangan.
3.Teknik Dasar Bermain Kasti
Adapun teknik dasar yang harus dikuasai untuk bias bermain kasti adalah 1)melambungkan bola dan melempar bola; 2) menangkap bola; 3) memukul bola;dan 4) teknik berlari. Di bawah ini akan dijelaskan sebagai berikut:
 
1. Melambungkan Bola
Melambungkan bola perlu dikuasai oleh pemain karena teknik dasar ini salahsatu yang menentukan dalam permainan, agar dapat melambungkan boladengan baik tekniknya antara lain:
1.a. Melambungkan Bola ke Atas
Adapun gerakan latihan melambungkan bola sebagai berikut:1.Berdiri dengan salah satu kaki di depan (kaki kanan /kiri).2.Pegang bola dengan tangan kanan, sejajar dengan dada3.Bola berada pada pangkal jari-jari, tangan kanan membuat cekungan danmenghadap ke atas.4.Tangan kanan di depan dada dengan siku sedikit ditekuk dan tangan kirididepan dada.5.Tarik tangan kanan ke bawah hingga di samping belakang lutut.6.Condongkan badan agak kedepan dan tekuklah kedua lutut.7.Ayunkan tangan keatas dengan siku lurus.8.Lepaskan bola disertai dengan lecutan telapak tangan kearah atas.
1.b. Melambungkan Bola ke Depan
Adapun gerakan latihan melambungkan bola sebagai berikut:1.Berdiri dengan kaki kiri di depan.2.Tangan kanan memegang bola.3.Tangan kanan yang memegang bola lurus berada di samping paha.4.Posisi bola terletak pada pangkal jari-jari dan telapak tangan membuatcekungan.5.Selanjutnya tarik tangan kanan lurus kebelakang.6.Tekuk kedua lutut dan badan condong kedepan (badan tidak membungkuk).7.Ayunkan tangan yang memegang bola kearah depan,langkahkan kaki kanandan luruskan lutut kiri.
1.c. Melempar Bola dari Atas Kepala

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->