Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hukum Benda

Hukum Benda

Ratings: (0)|Views: 59 |Likes:
Published by Juli Ardianto

More info:

Published by: Juli Ardianto on Jun 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

 
TUGAS HUKUM PERDATA DAN BISNIS
HUKUM KEBENDAAN
KELOMPOK IV
1.
 
Andi Alifuddin (133060005538)2.
 
Igfar Reza Ahmadi (133060005559)3.
 
Sandra Sukmanahadi (133060005585)4.
 
Trias Samyo Nugroho (133060005590)
PROGRAM DIPLOMA III AKUNTANSI KURIKULUM KHUSUS
SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA 2013
 
HUKUM BENDA
 
Hukum benda merupakan bagian dari harta kekayaan (vermogensrecht) yang diatur dalam Buku II KUHPer, dimana hukum harta kekayaan adalah peraturan-peraturanhukum yang mengatur hak dan kewajiban manusia yang bernilai uang. Hukum hartakekayaan meliputi dua ruang lingkup:
 
Hukum benda, yaitu meliputi peraturan-peraturan hukum yang mengatur hak-hak kebendaan yang bersifat mutlak, artinya hak terhadap benda wajib diakui dandihormati oleh setiap orang.
 
Hukum perikatan, yaitu meliputi peraturan-peraturan yang mengatur hubungan yang bersifat kehartaan antara dua orang atau lebih dimana pihak pertama berhak atassuatu prestasi (pemenuhan sesuatu) dan pihak yang lain berhak memenuhi prestasitersebut.Diaturnya hukum waris dalam Buku II KUHper dengan pertimbangan bahwa hak waris juga merupakan hak kebendaan dari orang yang telah meninggal dunia. Selain itu karena pewarisan adalah salah satu cara untuk memperoleh hak milik, hak milik diatur di dalamBuku II KUHPer.
 
PENGERTIAN BENDA.
a.
 
Menurut Pasal 499 KUHPer:Tiap-tiap barang dan tiap-tiap hak yang dapat dikuasai oleh hak milik. b.
 
Menurut arti ilmu hukum:Segala sesuatu yang dapat menjadi obyek hukum dan barang-barang yang dapatmenjadi hak milik serta hak setiap orang yang dilindungi oleh hukum.c.
 
Menurut Prof. Soediman Kartohadiprodjo:Semua barang yang berwujud dan hak (kecuali hak milik).d.
 
Menurut Prof. Soedewi Masjchoen Sofwan:Barang yang berwujud yang dapat ditangkap dengan panca indera, tapi barang yangtak berwujud termasuk benda juga.e.
 
Menurut Prof. Subekti:Perkataan benda (zaak) dalam arti luas ialah segala sesuatu yang dapat dihaki olehorang, dan perkataan benda dalam arti sempit.
 
PENGERTIAN HUKUM BENDA (ZAKENRECHT).
a.
 
Menurut Prof. Soediman Kartohadiprodjo:Semua kaidah hukum yang mengatur apa yang diartikan dengan benda dan mengatur hak-hak atas benda. b.
 
Menurut Prof. L.J. van Apeldoorn:Hukum kebendaan adalah peraturan mengenai hak-hak kebendaan.c.
 
Menurut Prof. Soedewi Masjchoen Sofwan:Hal yang diatur dalam hukum benda ialah pertama-tama mengatur pengertian dari benda, kemudian perbedaan macam-macam benda, dan selanjutnya bagian yangterbesar mengatur mengenai macam-macam hak kebendaan.
 
 
MACAM-MACAM BENDA.
1.
 
Benda bergerak dan tidak bergerak:
 
Benda bergerak : benda yang dapat dipindahkan, misal: mobil, meja,ternak, dll.
 
Benda tak bergerak : benda yang tidak tidak dapat dipindahkan, misal: tanah,dan segala yang melekat diatasanya seperti rumah, bangunan, dan mesin-mesin yang dipasang dalam pabrik untuk dipakai tetap.2.
 
Benda berwujud dan tidak berwujud:
 
Benda berwujud: Benda berwujud bergerak yang penyerahannyadilakukan secara nyata dari tangan ke tangan/dengan balik nama, misal: jual beli kendaraan, tanah, perhiasan, dll.
 
Benda tidak  berwujud: Benda berwujud bergerak yang penyerahannyadilakukan tidak secara nyata dari tangan ketangan/dengan balik nama, misal: utang piutang.3.
 
Benda habis dipakai dan tidak habis dipakai:
 
Benda habisdipakai: Benda yang apabila dipakai akan mengalami kesulitandalam pemulihan pada keadaan semula, misal: beras,roti, bahan bakar, dll.
 
Benda tidak habisdipakai: Benda yang apabila dipakai tidak begitu mengalamikesulitan dalam pemulihan pada keadaan semula,misal: rumah, mobil, perhiasan, dll.4.
 
Benda yang dapat diganti dan tidak dapat diganti:Terkait kepentingan perjanjian penitipan barang.
 
Benda dapatdiganti: Benda yang menurut perjanjian dapat digantikandengan benda lain saat benda tersebut dikembalikankepada pemiliknya setelah masa penitipan berakhir.
 
Benda tidak dapatdiganti: Benda yang menurut perjanjian tidak dapat digantikandengan benda lain saat benda tersebut dikembalikankepada pemiliknya setelah masa penitipan berakhir.5.
 
Benda yang dapat dibagi dan tidak dapat dibagi:
 
Benda dapat dibagi: Benda yang dapat dibagi secara sebagian tanpamengakibatkan hilangnya hakekat dari benda tersebut,misal: beras, gula, pasir, dll.
 
Benda tidak dapatdibagi: Benda yang apabila dibagi secara sebagian dapatmengakibatkan hilangnya hakekat dari benda tersebut,misal: sapi, kuda, rumah, mobil, dll.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->