Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
P R E S S R E A L E A S E FK THL TBPP NASIONAL 27 JUNI 2013

P R E S S R E A L E A S E FK THL TBPP NASIONAL 27 JUNI 2013

Ratings: (0)|Views: 13,247 |Likes:
Published by admin.thl4all
P R E S S R E A L E A S E
PENGANGKATAN THL TBPP MENJADI PENYULUH PERTANIAN PNS, SOLUSI BAGI
REGENERASI PENYULUH PERTANIAN

P R E S S R E A L E A S E
PENGANGKATAN THL TBPP MENJADI PENYULUH PERTANIAN PNS, SOLUSI BAGI
REGENERASI PENYULUH PERTANIAN

More info:

Published by: admin.thl4all on Jun 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
P R E S S R E A L E A S E
PENGANGKATAN THL TBPP MENJADIPENYULUH PERTANIANPNS, SOLUSI BAGIREGENERASI PENYULUH PERTANIAN
Tenaga Harian LepasTenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL TBPP) adalahTenaga Bantu Penyuluh Pertanian yang direkrutsecara nasionaloleh KementerianPertanian selama kurun waktu tertentu dan melaksanakan tugas dan fungsinya dalamkegiatan penyuluhan pertanian. THL TBPP direkrut pertama kali pada akhir tahun2006sebanyak 6000 orang dan mulai bekerja pada Tahun Anggaran (TA) 2007 serta disebut THLTBPP Angkatan I (2007). Perekrutan kedua dilakukan pada akhir tahun 2007 sebanyaksekitar 10.000 orang dan mulai bekerja pada TA 2008 dan selanjutnnya disebut THL TBPP Angkatan II (2008). Perekrutan terakhir dilakukan pada akhir tahun 2008 sebanyak sekitar 10.000 orang dan mulai bekerja pada TA 2009 yang kemudian disebut sebagai THL TBPP Angkatan III (2009).Jumlah THL TBPP se-Indonesia berdasarkan catatan terakhir bulanDesember 2012 adalah sebanyak 21.585 orang.THL TBPP direkrut dalam rangka mengimplementasikan kebijakan pemenuhankomposisi 1 penyuluh satu desa. Sebagai catatan pada akhir dekade 1990-an jumlahpenyuluh pertanian PNS mengalamistagnasi dan bahkan cenderungmenurun.Kecenderungan ini semakin nyata saat memasuki dekade 2000-andan puncak penurunan jumlah penyuluh pertanian PNS terjadi pada tahun 2007 (lihat Bagan Alir dalam Lampiran).THL TBPP direkrut awalnya pada akhir 2006 untuk mendukung dan menguatkan programPeningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Karena rekrutmen pertama dianggap suksesmaka Pemerintah melakukan perekrutan berikutnya pada akhir 2007 dan akhir 2008. Padatahun 2008 Pemerintah berhasil mencapai swasembada beras.THL TBPP merupakan Tenaga Kontrak Penyuluh Pertanian. Meskipun direkrut olehPemerintah Pusat, namun dalam menjalankan tupoksinya THL TBPP diperbantukan danmendapatkan penugasan di wilayah kerja Pemerintah Kabupaten/Kota.THL TBPP bekerjadalam lingkup kegiatan yang sama dengan Penyuluh Pertanian PNS di bawah Satuan KerjaPemerintah Daerah (SKPD)yang membidangi penyuluhan pertanian.THL TBPP bekerjaberdasarkan kontrak kerja dengan masa kerja 10 bulan tiap tahun anggaran. Pernah padatahun tertentu masa kontrak hanya 8 bulan pada tahun anggaran tersebut. Karena padaumumnya THL TBPP tetap bekerjaselama 12 bulan penuh, maka Pemerintah PusatcqBadanPenyuluhan danPengembanganSDMPertanian (BPPSDMP)Kementanmengirimkan Surat Edaran yang berisi seruan kepada Pemerintah Daerah untukmengupayakan dukungan pemenuhan honor selama bulan-bulan di luarmasa kontrak pusattersebut.
 
Urgensi Regenerasi Penyuluh Pertanian PNS
Penyuluhan Pertanian memiliki peran yang sangat strategis di dalam mendukungdan mengawal program utama pembangunan pertanian demi tercapainya Empat SuksesPembangunan Pertanian, yakni (1) Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan, (2)Diversifikasi Pangan, (3) Peningkatan Nilai Tambah, Daya Saing dan Ekspor, dan (4)Peningkatan Kesejahteraan Petani (Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMPKementan,2013).Dalam kaitan peran penyuluhan tersebut di atas Undang-Undang No. 16 Tahun 2006tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (UUSP3K) telahmenggariskan arah kebijakan yang sangat jelas dan tegastentang penyelenggaraankegiatan penyuluhan, lembaga penyelenggara dan pelaksana penyuluhan serta batasandan jenis penyuluh yang dapat terlibat dalam kegiatan penyuluhan.Berdasarkan amanat UUSP3K, terdapat tiga jenis lembaga penyelenggara kegiatanpenyuluhan yakni kelembagaan penyuluhan pemerintah, kelembagaan penyuluhan swastadan kelembagaan penyuluhan swadaya. Sejalan dengan ragam kelembagaan iniselanjutnya diatur batasan dan jenis penyuluh : (1) Penyuluh PNS, (2) Penyuluh Swasta,dan (3) Penyuluh Swadaya(Bab I. Ketentuan Umum, Pasal 1 butir 1921 dan Pasal 20ayat 1 UUSP3K). Kelembagaan penyuluhan pemerintah adalah pemegang tanggung jawabdan pengendali utama penyelenggaraan kegiatan penyuluhandan pembiayaan seluruhkegiataannya dialokasikan dari APBN. Sementara peran kelembagaan penyuluhan swastadan swadaya lebih bersifatpartisipatif dan biaya penyelenggaraannya diusahakan secaramandiri.Sejak awal penugasannya hingga TA 2013 ini THL TBPP menjalankan tupoksi pada jalur kelembagaan penyuluhan pertanian pemerintah. Konkretnya THL TBPP menjalankantupoksi yang sama dengan Penyuluh Pertanian PNS. Dengan kata lain selama menjalankantugas dan fungsinya THL TBPP telah menempati formasi jabatan Penyuluh Pertanian PNS.UUSP3K juga mengatur pengangkatan Penyuluh (Pertanian) PNS seperti yangdiuraikan dalam Pasal 20 ayat 2 :
Pengangkatan dan penempatan penyuluh PNSdisesuaikan dengan kebutuhan dan formasi yang tersedia berdasarkan peraturan perundang-undangan
. Namun demikian pemenuhan amanat ini mendapatkan penekanankhusus. Penjelasan Pasal 20 ayat 2 menyebutkan bahwa
 pengangkatan penyuluh PNSharus mendapat prioritas oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk mencukupi kebutuhan penyuluh PNS.
 
Relevansi Prioritas Pengangkatan Penyuluh PNS dengan Keberadaan THL TBPP
Undang-Undang Kepegawaian yang masih berlaku hingga saat iniyakni Undang-Undang No. 43 Tahun 1999 salah satunya mengatur pengangkatan secara khusus menjadiPNS bagi tenaga-tenaga yang telah mengabdi pada tugas-tugas negara. Pasal 16 A ayat 1UU No. 43 Tahun 1999 menyebutkan bahwa untuk memperlancar pelaksanaan tugas umumpemerintahan dan pembangunan, pemerintah dapat mengangkat langsung menjadi PNSbagi mereka yang telah bekerja pada instansi yang menunjang kepentingan nasional. Pasal16 A ayat2memberikan batasan bahwa persyaratan, tata cara dan pengangkatan langsungmenjadi PNSsebagaimana dimaksud dalam ayat 1, ditetapkan dengan PeraturanPemerintah.Ketentuan Pasal 16 A ayat 2 inilahyang kemudian menjadi dasar bagi terbitnyaPeraturan Pemerintah (PP) No. 48 Tahun 2005. PP ini kemudian mengalami dua kaliperubahan yakni PP No. 43 Tahun 2007 (PP Perubahan Pertama) dan PP No. 56 Tahun2012 (PP Perubahan Kedua).PP No. 56 Tahun 2012 yang masa pembahasannya berlangsung hingga akhir tahun2009 ternyata juga tak mampumemberikan pengaturan penyelesaian pengangkatan yangtuntas dan berkeadilan bagi tenaga-tenaga tertentu yang memenuhi ketentuan Pasal 16 Aayat 1 UU No.43 Tahun 1999. PP inimenetapkan 4 kategori tenaga tertentu yangmendapat pengaturan pengangkatan menjadi PNS melalui mekanisme khusus. PermenpanNo. 233 Tahun 2012 sebagai peraturan lebih teknis dari PP No. 56 Tahun 2012 telahmenetapkan mekanisme pengangkatan pada masing-masing kategori sebagai berikut :(1)Tenaga Honorer K I : Verifikasi dan Validasi data; (2) Tenaga Honorer K II : Test TulisKompetensi Dasar dan Kompetensi Bidang setelah lolos Uji Publik Daftar Nominatif K II; (3)Dokter Daerah Terpencil : Alokasi Formasi Khusus; dan (4) Tenaga Ahli Tertentu/Khusus :Kepres.Di antara ke-4 kategori tersebut THL TBPP paling dekat memenuhi ketentuan dasar Tenaga Ahli Tertentu/Khusus yakni dibutuhkan oleh Negara tapi tidak tersedia atau tidakcukup tersedia (masih kekurangan) di kalangan PNS. Hanya saja THL TBPP terhalangketentuan batas usia dan masa kerja yakni berusia masimal 46 tahun dan telah mengabdisekurang-kurangnya 1 (satu) tahun pada 1 Januari 2006.Kriteria batas usia dan masa kerjainilah yang akan diminta kepada Pemerintah (KemenPAN-RB) untuk disesuaikan lebih lentur berdasarkan masa rekrutmen THL TBPP.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->