Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
membuat toll box

membuat toll box

Ratings: (0)|Views: 11|Likes:
Published by Ryan Dwi Cahyo
membuat tollbox
membuat tollbox

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Ryan Dwi Cahyo on Jun 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
Laporan Kerja
KERJA TOOLBOX
Diserahkan Kepada :
Dra. Rusmini Sri Maryati, MSPengasuh Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Disusun Oleh :
Dedy Haryadi
 NIM : MPO3110009
DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANPOLITEKNIK NEGERI BANJARMASINJURUSAN TEKNIK MESINDESEMBER 2011
 
BAB IPENDAHULUANJudul:
“PEMBUATAN TOOLBOX / KOTAK KUNCI”
Tujuan:
1 Agar mahasiswa dapat memotong bahan dengan benar 2. Agar mahasiswa dapat membuat tool box dengan benar 3. Agar mahasiswa dapat menggunakan spot welding dengan benar 4. Agar mahasiswa dapat menggunakan mesin pemotong5. Agar mahasiswa dapat menggunakan mesin tekuk plat
Dasar teori:
Kerja pelat adalah suatu proses membuat benda kerja dari lempengan pelat yangdibentuk sedemikian juga agar dapat membentuk suatu benda yang dapat digunakan.Lempengan pelat yang kita gunakan dalam pembuatan benda kerja memiliki ketebalan0,8 mm.Dalam melakukan praktik kerja kita harus mengetahui urutan langkah-langkahkerja sebagai berikut, antara lain:1. Pembuatan Gambar kerja2. Melakukan pemotongan pelat3. Menghitung besarnya Bending (penekukan)4. Melakukan Penekukan5. Assembling6. Finished Work (Pengamplasan)
Peralatan yang digunakan:
Dalam kerja pelat kita memerlukan sejumlah peralatan pendukung untuk menyelesaikan benda kerja yang akan kita bentuk, peralatan tersebut diantaranya adalah:
1. Penggores
Penggores digunakan untuk menggambar bentangan pada permukaan pelat.Penggores yang baik untuk digunakan harus bersudut 250 sampai 300. Macam-macam penggores menurut bentuknya antara lain:
 
1. Penggores sederhana2. Penggores dengan ujung yang dibengkokkan3. Penggores dengan ujung yang dapat diganti-ganti
2. Penitik 
Penitik dapat digunakan untuk menitik bagian benda kerja yang akan di bor.Bentuk penitik yang sering digunakan adalah silinder yang dikartel dengan ujung tirusyang bersudut 250 sampai 300.
3. Mistar baja
Mistar baja ini berfungsi untuk mengukur benda kerja yang berukuran pendek,selain itu juga dapat dipakai untuk membimbing penggoresan dalam melukis batangan pada pelat yang digunakan, ukuran panjang dari mistar baja ini bermacam-macam, adayang berukuran 30 cm, 60 cm, dan 100 cm.
4. Mistar siku
Alat ini digunakan untuk menyiku ketelitian dari benda kerja, ukuran panjangnya30 cm terbuat dari bahan baja.
5. Roll meter
Merupakan alat ukur yang berbentuk lempengan pelat tipis yang dapat digulung.Karena roll meter ini tipis dan panjang maka dapat digunakan untuk mengukur bidangyang melingkar. Roll meter ini terdiri dari bermacam-macam ukuran yaitu 3m, 5m, 10m.
6. Gunting pelat
Berfungsi sebagai alat pemotong pelat yang berukuran pendek atau yang sulitdijangkau oleh mesin potong serta untuk memotong pelat yang berbentuk radius ataulingkaran.
7. Kikir
Kikir ini digunakan untuk menghilangkan bagian yang tajam. Pada umumnya pekerjaan yang sederhana akan lebih ekonomis. Kikir terbuat daribaja karon tinggi yangditempa sesuai dengan panjangnya. Macam-macam kikir antara lain:1)Rata 4) Bulat2)Segi Empat 5) Setengah lingkaran3)Segitiga 6) Bujur sangkar 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->