Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konflik Antar Individu dan konflik antakelompok dan konflik individual

Konflik Antar Individu dan konflik antakelompok dan konflik individual

Ratings: (0)|Views: 772 |Likes:
Published by Tama Afriansyah
untuk meminimalisikan konflik anta individu,
kelompok dan konflik anta individual.
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
untuk meminimalisikan konflik anta individu,
kelompok dan konflik anta individual.
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Tama Afriansyah on Jun 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2014

pdf

text

original

 
 
A.
 
Pengertian Konflik 
Konflik 
berasal dari kata kerjaLatin
configere
yang berarti saling memukul. Secarasosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa jugakelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain denganmenghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.Konflik di bagi menjadi 3 yaitu :
1.
 
Konflik individual
2.
 
Konflik antar individu
3.
 
Konflik antar kelompok 
1.
 
Konflik dalam diri individu ( konflik individual )
Konflik dalam diri individu (
conflict within the individual 
). Konflik ini terjadi jikaseseorang harus memilih tujuan yang saling bertentangan, atau karena tuntutan tugas yangmelebihi batas kemampuannya.Contoh kasus : ada sebuah keluarga yang saling bertentangan pendapat dan mementingkandirinya sendiriContoh gambar :
 
 
2.
 
Konflik antar-individu
 
konflik antar individu
(
conflict among individuals
). Terjadi karena perbedaankepribadian (
 personality differences
) antara individu yang satu dengan individu yang lain.Sudah sering kali saya mendengar keributan di depan rumah saya,dan orangnya pastidia-dia lagi(orang tua si A dan J).Akan tetapi,saya tidak akan menceritakan konflik semuanya
dan saya akan mengambil salah satu saja. “Cerita ini saya ambil sekitar 5 tahun yang
lalu.Pada saat itu saya dan teman-teman saya akan membuat kostum futsal ,dan kebetulansekali yang memegang uangnya itu si A.Dan hari demi hari berlalu sampai 1 bulan lamanya baju itu tidak kunjung jadi .Saya pun bersama teman teman saya yang lain mencoba bersabar dan tidak berpikiran yang macam terhadap si A.Akan tetapi si J tiba-tiba mengeluarkan suatu pendapat yang sangat pedas bahwa kata dia duit baju tersebut mungkin di pake untuk keperluan pribadi dan tidak di setorkan ke tempat konveksi.Singkat cerita pendapat si J itu benar dan terbukti bahwa duit baju tersebut tidak disetorkan ke tempat konveksi.Saya dan teman-teman saya yang lain pun kesal dan segerameminta duit itu kembali,tetapi duit itu pun tidak segera di pulangkan sampai berbulan- bulan.Nah,selang beberapa hari kemudian pas saya habis pulang sekolah saya mendengar adakeributan di depan rumah saya,dan saya pun penasaran dan langsung ke TKP! Dan pas sayatanya ke tetangga saya yang lain bahwa keributan ini dipicu oleh karena sang ibunda si Jtidak terima kalo duit baju anaknya diselundupkan untuk keperlua
n pribadi si A” Cara
Penyelesaiannya : Akhirnya, masalah konflik kedua orang tua si A dan si Jdapat diselesaikanoleh RT setempat dengan cara menasehati kedua pihak tersebut dan memberikan jalan keluar yang terbaik.Dan sekarang pun si A sudah tidak tinggal di lingkungan saya lagi. *Si A berkelahi dengan si B karena memperebutkan tempat ternyaman di kelas. 
*
Perbedaan pendapat antar keluarga menimbulkan perselisihan.* Persaingan antar pegawai yang menimbulkan pertentangan.* Berebut harta warisan .
 
 
* persaingan yang tidak sehat antar sellesman dalam mempromosikan barang
Contoh kasus
:Suatu hari kita sedang mengadakan rapat untuk mengadakan acara musik dan sedangmendiskusikan tema apa yang sesuai, ketika kita mengusulkan tema ternyata ada salah satuanggota tidak setuju dengan tema kita. Kita dapat menggunakan strategi dalam penyelesainnya, apabila kita menggunakan strategi :1.
 
Kalah
 – 
kalah maksudnya masing-masing kedua pihak dikalahkan tidak ada satupunyang menang , cara seperti ini tidaklah efektif karena kedua belah pihak merasa tidak  puas dengan keputusan seperti ini dan dapat menimbulkan masalah baru.2.
 
Menang
 – 
kalah maksudnya disini dimana salah satu pihak ada yang dikalahkan danada yang dimenangkan, cara penyelesaian seperti ini tidak efektif karena disalah satu pihak ada yang merasa kecewa dan dapat menimbulkan masalah baru.3.
 
Menang
 – 
menang maksudnya disini dimana kedua pihak dimenangkan atau diambilkedua pendapatnya, cara seperti ini sangatlah efektif karena tidak ada yang merasadikecewakan.
Contoh Gambar
:

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->