Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
1Activity
×
P. 1
Prinsip Menggambar Bentuk

Prinsip Menggambar Bentuk

Ratings: (0)|Views: 919|Likes:
Published by mhyanugrah

More info:

Published by: mhyanugrah on Jun 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/05/2013

pdf

text

original

 
PRINSIP MENGGAMBAR BENTUK (PERSPEKTIF)
Standart Kompetensi :Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.Kompetensi Dasar :Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensidenganmenggunakan perspektif.
PERSPEKTIF
Perspektif atau sudut pandang adalah teknik atau metode untuk menggambar objek-objek  berupa benda, ruang (interior), dan lingkungan (eksterior) yang ukurannya lebih besar darimanusia.Teknik ini ada karena keterbatasan jarak pandang mata kita dalam melihat objek. Semakin jauh jarak mata dengan benda, semakin kecil penampakannya dan bahkan akan hilang dari pandangan jarak tertentu. Sebaliknya, semakin dekat jarak pandang mata kita, benda tersebutakan semakin terlihat besar. Dua hal yang harus dijadikan patokan dalam teknik menggambarperspektif sebagai berikut.
Titik hilang yaitu titik terjauh dari jangkauan. Jarak pandang mata dan titik hilang selaluterletak di dalam garis horizon.
Garis horizon yaitu garis khayal mata (tidak nyata). Di mana kita berada, di situlah garishorizon berada.
A. Perspektif Satu Titik Hilang 
Pada dasarnya, perspektif satu titik hilang, dua titik hilang, dan tiga titik hilang bisa dibagilagi menjadi berbagai sudut pandang berdasarkan posisi mata kita berada. Lebih sederhanya,sudut pandang bisa dibagi 3 macam sudut pandang, yaitu sudut pandang mata burung, sudut pandang normal, dan sudut pandang mata kucing.a. Sudut Pandang Mata BurungPada sudut pandang mata burung ini, mata kita seolah-olah berada diatas dan melihat objek yang berada di bawah. Jadi, letak garis horiszon berada di atas bidang gambar. Sementara itu,letak letak titik hilang berada pada garis tersebut, bisa dibagian kiri, tengah, atau sebelah kanan.Bahkan bisa juga diletakkan di luar bidang gambar. Setiap objek yang digambar, garisnya bersumber dari titik hilang.
Contoh gambar sederhana
 
Contoh gambar benda
Tahapan dalam menggambar :
Buatlah garis horizon di bagian atas bidang gambar.
Letakkan titik hilang di dalam garis horizon. Letak garis titik hilang bisa di manapun, di pinggir/ di tengah bidang gambar.
Buatlah garis batas ruangan/ dinding dengan patokan garis berasal dari titik hilangtersebut.
 
Gambarlah beberapa bangun dasar yang juga berpatokan pada garis dari titik hilangtersebut. Menggambarnya harus dengan perencanaan. Karena abngun dasar ini dijadikangambar objek benda.
Gambarlah seluruh detail benda dengan patokan komposisi pada bangun dasar.
Gambarlah seluruh detail benda dengan patokan komposisi pada bangun dasar.
Arsirlah seperlunya untuk memberikan kesan tiga dimensi, volume, dan karakter benda. b. Sudut Pandang NormalPada sudut pandang normal, diri kita seolah-olah berdiri normal memandang lurus kedepan.Dengan demikian, bagian atas dan bagian bawah terlihat lebih seimbang. Letak garis horizontepat di tengah-tengah bidang gambar dan titik hilang bisa diletakkan di mana saja pada garistersebut. Semua objek yang digambar garisnya berasal dari titik hilang.
- Contoh gambar bangun sederhanaContoh gambar benda

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->