Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pENGGALAN 2 Hakikat Profesi Guru Paud

pENGGALAN 2 Hakikat Profesi Guru Paud

Ratings: (0)|Views: 73 |Likes:
Published by La Meza

More info:

Published by: La Meza on Jun 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2013

pdf

text

original

 
PENGGALAN 2HAKIKAT PROFESI KEGURUAN
A.Pengantar
Dalam sejarah perkembangan profesi dikenal tiga jenis profesi yang sudahmapan, yang telah diakui keberadaannya oleh masyarakat yaitu teologi, hukum dankedokteran. Dalam kaitan ini, seorang ahli teologi bertugas dan bertanggung jawabuntuk mengarahkan ummat/pengikutnya ke jalan yang benar sesuai dengankeyakinan yang dianutnya; seorangahli hukum bertugas dan berkewa-jiban untuk membela kliennya mana-kala yang bersangkutan tersangkutmaslah hukum di pengadilan; demiki-an juga seorang dokter dengan dedi-kasi dan pengalamannya bertugas danberkewajiban membela kepentinagnpasiennya agar lekas sembuh darikemungkinan sakit yang diseritanya.Seiring dengan kemajuan zaman, kebutuhan dan permasalahan masyarakatjuga semakin kompleks yang membutuhkan perlindungan dan pelayanan yangoptimal; maka muncullah berbagai bidang profesi lain, termasuk bidang profesipendidik atau profesi keguruan.Kini profesi keguruan telah mendapatkan perhatian yang cukup signifikandari pemerintah terutama sejak diundangkannya UU No. 14 tahun 2005 tentangGuru dan Dosen. Dengan diundangkannya peraturan tersebut telah ditempuhserangkaian langkah untuk meningkatkan derajat profesionalitas guru. Apasebenarnya profesi kependidikan atau profesi keguruan itu? Simaklah materiberikut dengan penuh seksama agar anda memperoleh pemahaman yangkomprehensif.
 
B.Tujuan Pembelajaran
Setelah anda mempelajari
Hakikat Profesi Keguruan
pada modul 2 ini,diharapkan anda mampu menguasai hal-hal berikut ini.1. Menjelaskan pengertian profesi keguruan.2. Menjelaskan peran profesi guru sebagai tenaga pendidik.3. Menyebutkan kriteria apa saja untuk sebuah jabatan menyandang sebagaiprofesi guru.4. Menjelaskan pengertian Guru PAUD sebagai profesi.5. Mendeskripsikan karakteristik/ciri2 yang harus dimiliki seorang guru Paud.
C.MateriHakikat Profesi Guru PAUD
Pengertian Guru dalam proses belajar mengajar, guru adalah orang yangmemberikan pelajaran. Dalam kamus bahasaIndonesia, guru diartikan “orang yangkerjanya mengajar” (Purwanarminta, 1984:335). Guru adalah salah satu komponenmanusiawi dalam proses belajar mengajar,yang ikut berperan serta dalam usahapembentukan sumber daya manusia yangpotensial di bidang pembangunan.Ametembun (1994 :33) megemukakan bahwa“Guru adalah semua orang yang berwenangdan bertanggung jawab terhadap pendidikanmurid-murid, baik secara individual maupun klasikal, baik di sekolah maupun luarsekolah”. (Sardiman, 2001:123) Guru adalah semua orang yang berwenang danbertanggung jawab terhadap pendidikan murid-murid, baik secara individualmaupun secara klasikal, baik di sekolah maupun di luar sekolah” (Djamarah,1994:33). Pada sisi lain, Djamarah(2000:32) berpendapat “guru adalah semuaorang yang berwenang dan bertanggung jawab untuk membimbing dan membinaanak didik, baik secara individual maupun klasikal di sekolah maupun di luarsekolah”
 
Kunandar (2007) mengemukakan profesi guru adalah keahlian dankewenangan khusus dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan pelatihan yangditekuni untuk menjadi mata pencaharian dalam memenuhi kebutuhan hidup yangbersangkutan. Guru sebagai profesi berarti guru sebagai pekerjaan yangmensyaratkan kompetensi (keahlian dan kewenangan) dalam pendidikan danpembelajaran agar dapat melaksanakan pekerjaan tersebut secara efektif danefisien serta berhasil guna.
 
Makagiansar, M. menjelaskan bahwa profesi guruadalah orang yang Memiliki latar belakang pendidikan keguruan yang memadai,keahlian guru dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan diperoleh setelahmenempuh pendidikan keguruan tertentu.
 
Nasanius, Y. mengatakan profesi guruyaitu kemampuan yang tidak dimiliki oleh warga masyarakat pada umumnya yangtidak pernah mengikuti pendidikan keguruan.Galbreath, J. (dalam Sunaryo,2004) menyatakan profesi guru adalahorang yang bekerja atas panggilan hatinurani. Dalam melaksanakan tugaspengabdian pada masyarakat hendaknyadidasari atas dorongan atau panggilan hatinurani. Sehingga guru akan merasa senangdalam melaksanakan tugas beratmencerdakan anak didik. Menurut DediSupriadi profesi guru adalah orang suatupelayanan atau jabatan yang menuntutkeahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan. Sedangkan Sumargi profesi guru adalahprofesi khusus luhur. Mereka yang memilih profesi ini wajib menginsafi danmenyadari bahwa daya dorong dalam bekerja adalah keinginan untuk mengabdikepada sesama serta menjalankan dan menjunjung tinggi kode etik yang telahdiikrarkannya, bu-kan semata-mata segi materinya belaka. Abin syamsudinmengatakan profesi guru yaitu kemampuan yang tidak dimiliki orang padaumumnya yang tidak pernah mengikuti pendidikan keguruan tingkat tinggi.Berdasarkan UU No.20/2003, Pasal 39 Ayat 2 bahwa guru merupakan tenagaprofessional yang bertugas merencanakan, dan melaksanakan prosespembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->