Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Upaya Penegakan Ham

Upaya Penegakan Ham

Ratings: (0)|Views: 136 |Likes:
Published by Arum Damaieka

More info:

Published by: Arum Damaieka on Jun 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/02/2013

pdf

text

original

 
UPAYA PENEGAKAN HAM
Menghargai upaya penegakan HAM memiliki arti bahwa setiap warga negaraharus menghargai, menghormati dan menganggap penting adanya proses atau upaya penegakan HAM. Hak Asasi Manusia tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia,setiap manusia lahir dengan hak yang sama.Manusia di anugerahi hak asasi dan mempunyai tanggung jawab serta kewajibanuntuk menjaganya. Setiap bangsa saling menyadari, mengakui, menjamin danmenghormati setiap hak asasi setiap manusia sebagai kewajiban terhadap manusiasebagai pribadi dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Negara Indonesia adalah negara yang bertekad untuk menegakan hak asasimanusia secara sungguh-sungguh. Upaya untuk menegakan hak asasi manusia tersebutdengan dirumuskannya perangkat peraturan perundang
 – 
undangan sebagai landasanhukum. Dengan demikian upaya untuk menegakkan hak asasi manusia akan terlaksanasesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena penegakan hak asasimanusia merupakan tanggung jawab dari semua komponen bangsa yang ada di negarakesatuan Republik Indonesia, yaitu semua warga negaranya.Oleh karena itu setiap warga negara mempunyai tanggung jawab dalam rangka penegakan hak asasi manusia. Tentu saja tanggung jawab tersebut harus di awali denganmempelajari dan memahami pentingnya hak asasi manusia bagi setiap warga negara.
 
Hak-hak asasi warga negara yang patut dihormati dan dilindungi antara lain:1.
 
Mendapat perlindungan diri pribadi, kehormatan, martabat dan harta miliknya.2.
 
Mendapatkan rasa aman dan tenteram serta perlindungan terhadap ancaman ketakutanuntuk berbuat dan tidak berbuat sesuatu.3.
 
Hidup dan bebas dari penyiksaan, perlakuan yang kejam, tidak manusiawi, merendahkanderajat dan martabat kemanusiaannya.4.
 
Bebas dari pemaksaan dan penghilangan nyawa.5.
 
Tidak ditangkap, ditahan, disiksa, dikucilkan, diasingkan atau dibuang secara sewenang-wenang.6.
 
Hak setiap orang agar tempat tinggal atau kediamannya tidak diganggu siapapun.
 
Beberapa contoh kegiatan yang dapat digolongkan menghargai upaya penegakan HAM :1.
 
Upaya penegakan hak asasi oleh penyusun Undang-Undang Dasar 1945, dapat dilihatdari pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 1945 diantaranya:
 
Pada pasal 28 yang menyatakan “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan
 pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-
undang”.
 
 
Pada pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa tiap-tiapwarga negara berhak mendapatkan pengajaran.2.
 
Upaya penegakan HAM oleh MPR melalui Tap MPR No XVII/1978.
 
Dalam tap MPR No.XVII/MPR/1998, Menegaskan kepada lembaga tinggi negara danseluruh aparat pemerintah untuk menghormati dan menyumbang pengertian dan pemahaman hak asasi manusia kepada seluruh masyarakat.3.
 
Upaya penegakan HAM oleh DPR, melalui undang-undang no.39 tahun 1999.
 
Dalam undang-undang ini mengatur mengenai hak seorang manusia, misalnya hak rasaaman, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak anak-anak dan hak ataskebebasan beragama.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->