Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
suaramerdeka_20120907

suaramerdeka_20120907

Ratings: (0)|Views: 156 |Likes:
Published by AGhost Iraone
koran
koran

More info:

Published by: AGhost Iraone on Jun 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

 
NAMA
Sofyan TDolo sudah takasing bagi insan bola voli di provinsiini. Pria asal Aceh itu mulai terjun kedunia voli Jateng pada 1983.Saat itu, dia menjabat sebagaiwakil sekretaris umum PBVSI Ja-teng. Karena jabatan itulah, dia sela-lu mendampingi tim bola voli
indoor 
yang akan turun di PON.Bertahun-tahun kemudian, So-fyan tak pernah absen mendampingitim provinsi ini berlaga di pesta olah-raga
multievent 
tersebut. Di PONJatim 2000, dia menjadi manajer timbola voli pantai dan
indoor 
.Empat tahun kemudian di Sumsel,dia menjadi manajer voli pantai. DalamPON Kaltim 2008, dia kembali menja-di manajer tim voli pantai dan
indoor 
.”Semua perjalanan di PON itumenjadi kenangan manis. SetelahPON selesai alangkah indahnyakenangan yang dilalui, apalagi jikaatlet meraih prestasi tinggi.
JUMAT WAGE,
7 SEPTEMBER 2012
TAHUN 63 NO. 204
TERBIT 32 HALAMAN
INTERNASIONAL
8
Nokia Lumia 820 Siap Luncur
(Kanal Gaya)
Chef, Sang Penguasa Dapur
(Kanal Wanita)
HUKUM
3
SEKJEN
DPPPDIP, Tjahjo Kumolo menjadi saksimeringankan bagi terdakwa Miranda Swaray Goeltom.Dalam kesaksiannya, Tjahjo membantah dia pernahmenyatakan bawah Miranda menyanggupi pemberianuang terkait pemilihan Deputi Gubernur Senior BankIndonesia (DGS BI) pada tahun 2004.
Miranda Tidak Janjikan Uang
HARI
kedua Konvensi Nasional Partai Demokrat,Rabu waktu setempat (Kamis WIB), menjadi ajangunjuk keakraban antara Presiden Barack Obama danmantan presiden Bill Clinton. Kedua tokoh tersebutmemperkuat aliansi politik dengan membungkukkanbadan dan berpelukan.
Obama dan Clinton Berpelukan
.
Mereka yang Mengabdi bagi Olahraga Jateng (1)
Tak Pernah Absen Dampingi Tim Voli di PON 
(Bersambung hlm 11 kol 1)
Di belakang sukses suatucabang olahraga selaluterdapat orang-orangyang peduli. Merekamencurahkan perhatian,tenaga, dan pikiran untukkemajuan cabang tersebuthingga puluhan tahun.
PEKANBARU-
Hujan derasyang disertai angin kencang diKota Pekanbaru, Riau, Kamis(6/9) sore, membuat kanopi dipintu masuk utama Stadion TenisPON 2012 ambruk. Tidak ada kor-ban jiwa dalam kejadian itu.Namun, tiga orang luka-lukakarena terkena serpihan kaca dantertimpa besi kanopi. Merekalangsung dilarikan ke rumah sakitterdekat. Satu Toyota Innova milik Ketua Umum Pelti Sumut, IndraAlamsyah juga tertimpa materialbangunan yang gres tersebut.Menurut Wakil Sekjen PPPeltiAgust Ferry Raturandang, insidenitu tidak menimbulkan masalahbagi para petenis yang mencobalapangan. “Para atlet memangterkejut, tapi tak mengganggumereka dalam mencoba lapang-an,” tutur Ferry.Lapangan tenis di Jalan Ram-butan kompleks PTPN VPekan-baru tersebut milik PTPN V.Bangunan yang menghabiskandana Rp 20,6 miliar itu disum-bangkan untuk PON.Saat ini, pengelolaannya masihdi tangan kontraktor, belum dise-rahkan ke PTPN Vdan PanitiaBesar (PB) PON. “Status gedungmasih di tangan kontraktor.
SM/Antara
 RUNTUH 
: Seorang pewarta foto mengabadikan mobil yang tertimpa atap pintu masuk yang runtuh di stadion tenisPTPN V, Pekanbaru, Riau, Kamis (6/9). (58)
Diberhentikan Sementara dari DPR
Koster Disebut Terima Aliran Dana
JAKARTA
- Mantan anggota Komisi XDewan Perwakilan Rakyat (DPR) Angelina”Angie” Patricia Pingkan Sondakh terancamhukuman 20 tahun penjara.
Putri Indonesia 2001 itu didakwa melakukan tindak pidana korupsiterkait penganggaran proyek perguruan tinggi di Kementerian Pendi-dikan Nasional (Kemendiknas) dan proyek pengadaan sarana prasaranaolahraga di Kementerian Pendidikan Olahraga (Kemenpora).Atas tindakan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK) dalam sidang yang digelar di PengadilanTindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (6/9), menjerat Angiedengan dakwaan pertama Pasal 12 huruf a jo Pasal 18 dengan ancam-an hukuman penjara maksimal 20 tahun.Dakwaan kedua berdasarkan Pasal 5 ayat 2 jo Pasal 5 ayat 1 huruf a jo Pasal 18 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun. Ada-pun dakwaan ketiga merujuk Pasal 11 jo Pasal 18 dengan ancamanpidana hukuman penjara maksimal 5 tahun.
Hakim Panggil Angie”Pinkan Mambo”
SETIAP
persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korup-si (Tipikor) Jakarta hampir selalu menyajikan suasana tegang.Apalagi jika menggelar sidang perdana dengan agenda pemba-caan dakwaan jaksa penuntut umum (JPU).Dalam persidangan juga tidak jarang diwarnai air mata dariterdakwa maupun kerabat yang menguras emosi. Ada jugadebat panas, terutama antara pengacara dan penuntut umum.Namun dalam sidang dengan terdakwa Angelina ”Angie”Sondakh, Ketua Majelis Hakim Sujatmiko sempat keseleolidah atau memang sengaja untuk memecah ketegangan seluruhruang sidang. Seperti biasa, saat sidang akan dimulai, paniterameminta seluruh pengunjung untuk berdiri karena majelishakim akan memasuki ruangan.Saat semua telah siap di tempat duduk masing-masing, ketuamajelis hakim Sujatmiko memerintah petugas menghadirkanterdakwa. ”Sidang perkara korupsi dengan surat dakwaannomor -22/24/08/2012 dengan terdakwa Angelina PatriciaPinkan Mambo dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Sujat-miko membuka sidang, Kamis (6/9).
Donatur Teror SoloDisebut Mahasiswa
JAKARTA
- Aksi teror di Solo diduga dibiayaioleh seorang donatur. Meski demikian, belumdiketahui nama dan kelompok sang donatur ter-sebut. Hal itu terungkap dalam rekaman videotestimoni terduga teroris Bayu Setiawan (22)yang disiarkan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo,Jakarta Selatan, Kamis (6/9).Bayu mengungkapkan, pihaknya juga beren-cana menggali dana untuk biaya operasionaldengan cara merampok. “Kami membicarakanfa’i,” ujar Bayu.Kelompok tersebut melakukan survei untukmerampok Toko Emas Mahkota di Pasar Kle-wer. Survei dilakukan Mukhsin Tsani dan Fra-han. Namun, perampokan gagal karena tokotersebut dijaga polisi. “(Farhan) marah-marahperampokan tidak jadi karena ada polisi.(Farhan) menyuruh bunuh aja (polisi).”Gagal merampok, kata Bayu, pihaknya sepa-kat biaya operasional ditangggung bersamadan sebagian dibantu seorang donatur. “Diasalah satu pendukung, donatur. Salah satumahasiswa tempat menumpang Farhan danMukhsin tidur,” katanya.
SM/Antara
TESTIMONI BAYU: 
Tersangka teroris Bayu Setiono memberi pernyataan pada pemutaran video testimoni di Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta,Kamis, (6/9). (58)
 PRESIDEN 
 RusiaVladimir Putin, kemarin,kembali menunjukkan kede-katannya dengan satwa liar. Mengenakan pakaian putih-putih dan tergantung di gan-tole bermesin, dia mengudara di atas wilayahTeluk Yamal, Siberia, untuk mengawal ka-wanan burung bangau Siberia. Burung lang-ka itu hendak bermigrasi ke selatan menje-lang musim dingin. Dia mempersiapkanaksinya itu sejak 1,5 tahun terakhir dan men- jalani latihan gantole selama 17 jam bersa-ma pilot senior Igor Nikitin.(31)
Putin Kawal Burung
SM/dailymail
(Bersambung hlm 7 kol 1)(Bersambung hlm 7 kol 1)
(Bersambung hlm 11 kol 1)
.
 
SM/Lanang WibisonoSM/Nurul Muttaqin
Budhi KurniawanSofyan T Dol
Kanopi Stadion Tenis Ambruk 
Tim Bola Jateng Ditahan Kaltim 1-1
SM/Bayu G Murti
SIDANG ANGIE:
Tersangka kasus dugaan suap proyek wisma atlet, Angelina Sondakh, saat sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta,Kamis (6/9). (58)
(Bersambung hlm 7 kol 1)
(Bersambung hlm 7 kol 3)
 
JUMAT,
7 SEPTEMBER 2012
"Ngga bisa kalau ngga disetu- jui DPR bagaimana, motor nggapakai bensin
 piye
? Mau pakaiPertamax? Kalau untuk rakyatmestinya semuanya sepakat,"katanya ditemui di Kantor Ke-menko Perekonomian, Jakarta,Kamis (6/9).Hal itu dikatakan menjawabpertanyaan wartawan jika usulanpenambahan kuota BBM ber-subsidi tidak disetujui DPR.Jero menerangkan pemerintahakan mengusulkan penambahankuota BBM bersubsidi sebesar 4 juta kiloliter. Penambahan terbe-sar untuk BBM jenis premium."Premium paling besar, kanmobil motor paling banyak pre-mium," tambahnya.
Penghematan
Tahun ini pemerintah meng-anggarkan kuota BBM subsidi se-besar 40 juta kiloliter. Saat inikuota tersebut tersisa 10 juta kilo-liter. Karenanya, pemerintah akanmengajukan penambahan kuotaBBM subsidi 4 juta kiloliter,sehingga kuota BBM bersubsiditahun ini menjadi 44 juta kiloliter.Jero menambahkan pemerin-tah tetap menggalakkan penghe-matan BBM bersubsidi pada ta-hun ini. Dia menghitung penghe-matan BBM subsidi ini menca-pai 2 juta kiloliter per tahun."Hitungan kita sementara 2 juta per tahun," kata Jero.Dia mengaku usulan pemerin-tah untuk menambah kuotaBBM bersubsidi akan disetujuiDPR dalam hal ini Komisi VIIyang membidangi energi."Iya, kalau ngga disetujui ka-mu yang harusnya marah, ituyang mesti disalahkan, untuk rakyat kok tidak disetujui," ung-kapnya. (J10-80)
SM/Antara
PPPDaftarPemilu 2014
 KETUA
Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali (kiri), Wakil Ketua Umum Su-harso Monoarfa (kanan), Sekjen Romahurmuzy (tengah) dan sejumlah pengurus lainnya mengikuti pendaf-taran partai politik peserta pemilu di KPU Jakarta, Kamis (6/9). (58)
JAKARTA
- Iklan provokatif ''Islandsfor Sale in Indonesia'' di dunia maya, tidak perlu diresahkan masyarakat, karena sejum-lah pulau tersebut tetap berada dalam ke-daulatan Indonesia. Hanya hak atas penggu-naan tanahnya yang dijual, atau disewakan.Demikian dikatakan pakar HukumInternasional Universitas Indonesia Prof Dr Hikmahanto Juwana SH LLM, ke-marin. ''Yang dijual hanya hak atas tanahdari pulau tersebut,'' katanya kepada
Suara Merdeka
, kemarin.Menurutnya, Pemerintah tidak mungkinmenjual pulau dan melepaskan kedaulatanatas pulau, karena pemerintah tidak diperbo-lehkan untuk melakukan perubahan tapalbatas wilayah melalui perjanjian interna-sional tanpa persetujuan DPR. ''UU Perjan- jian Internasional dan UU Wilayah Negaramenegaskan hal ini. Ini yang harus dipahamimasyarakat,'' tandasnya.Dikatakan, hak atas tanah dikeluarkanoleh pemerintah bisa dalam berbagai ben-tuk, seperti Hak Milik, Hak Guna Bangu-nan, Hak Guna Usaha dan Hak Pakai. Dansemua aturan terkait hal tersebut tidak akansampai menyerahkan kedaulatan pemerin-tah RI atas pulau kepada pihak lain. ''Bilapulau-pulau dikembangkan, maka kitaakan mendapatkan berbagai keuntungan.''
Keuntungan
Dia menjelaskan, keuntungan itu antaralain, dengan dikembangkannya sebuahpulau menjadi tempat pariwisata makaakan menolak klaim dari negara lain,bahwa pulau itu adalah miliknya. Dalamberbagai kasus sengketa pulau, seringkalidiawali dengan adanya pengabaian sebuahpulau. Pulau yang diabaikan itu kemudiandibangun atau dimakmurkan oleh negarayang kemudian mengklaimnya.Selain itu, juga bisa menjadi sumber pen-dapatan daerah yang potensial. Namun yangperlu ditegaskan di sini, untuk pulau terluaryang strategis, pengelolaannya harus tetapdilakukan oleh pemerintah pusat. Meng-ingat pulau terluar merupakan titik dasarpenentuan wilayah laut Indonesia, baik lautteritorial, zona ekonomi eksklusif maupunlandas kontinen. Kalau tidak hati-hati bataswilayah itu bisa berubah. (F4-25,80)
Pilkada SerentakUsai Pemilu 2014
SUMEDANG
- Kemendagri mene-gaskan, simulasi terkait opsi pelaksanaanpilkada gabungan yang baru dilakukansetelah pelaksanaan Pemilu 2014, sudahdilakukan dengan cukup komprehensif.Pendataan kementerian menyebutkan,sebanyak 43 Pilkada berlangsung antaraJanuari-Juli 2014. Situasi ini dianggap tak menguntungkan termasuk dari sisi aturan.Karena itu, opsinya lebih memungkinkandilakukan bersama Pilkada lainnya pada2015."Simulasi sudah dilakukan, bisa terdapat2 pilkada serentak pada periode tersebut,"tandas Jubir Kemendagri, ReydonnyzarMoenek di sela-sela pengukuhan pamongpraja muda lulusan IPDN di Kampus Jati-nangor, Sumedang, Kamis (6/9).Dari simulasi tersebut, sebanyak 279pilkada sudah bisa digelar dalam rentangwaktu tersebut. Pada gelombang kedua,sebanyak 250 Pilkada bisa digabungkanpada pelaksanaan 2018.Diakuinya, opsi pelaksanaan pilkadaserentak itu membawa pengaruh terhadaproda kepemimpinan. Pasalnya, kondisitersebut memungkinkan daerah diisi penja-bat kepala daerah hingga dua tahun. Kepaladaerah terpilih berdasarkan ketentuan harusefektif menjabat selama lima tahun sejak dilantik.Manfaat yang dihasilkan cukup positif,di antaranya menghemat anggaran hingga65 persen, menghindari kejenuhanmasyarakat atas proses pemungutan suara.Juga parpol memiliki waktu lebih leluasamelakukan konsolidasi.Menurut Reydonnyzar Moenek, dengan jumlah kabupaten dan kota hingga 524,pelaksanaan pilkada seolah tidak ada hentidari persoalan. "Di kami, tiap 2 hari itu adalaporan pilkada," jelasnya.Pihaknya mengaku sudah mengomu-nikasikan opsi pilkada gabungan tersebutke DPR. Diharapkan, dewan bisa meng-akomodasi, termasuk dari sisi aturanmelalui RUU Pilkada, Pemda, atau Perpu.(dwi-80)
Ditolak, DPRKorbankanRakyat
Tambahan BBM Bersubsidi
JAKARTA
- Menteri Energi dan Sumber DayaMineral (ESDM) Jero Wacik mengharapkanagar DPR menyetujui penambahan kuotaBBM bersubsidi yang diajukan pemerintah.Jika usulan tersebut ditolak DPR, ia menilai,masyarakat dirugikan.
Hak Penggunaan Pulau yang Dijual
YOGYAKARTA-
Kasus rekayasa dan kebo-hongan terkait gerakan 30 September (G-30/S)perlu diungkap untuk pelurusan sejarah. Salah sat-unya adalah pemalsuan buku "Soekarno-An Auto-biography, as Told to Cindy Adamsî (1965)."Jenderal Soeharto bersama Orba memalsukanbuku tersebut lewat edisi Indonesia yang terbit ta-hun 1966. Di buku palsu ini Jenderal Soehartosendiri yang memberi kata pengantar. Di sini jugadisebutkan Bung Karno menjelek-jelekkan BungHatta.Ini pemalsuan dan rekayasa Soeharto," demikiandikatakan Ibrahim Isa, pelaku sejarah dan eksilyang bermukim di Belanda, saat diskusi bukukaryanya ''Bui Tanpa Jerajak Besi : Pikiran SeorangEksil'', di Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan(PSPK) UGM, Kamis (6/9).Isa merupakan salah satu orang yang tidak bisakembali ke Tanah Air karena persitiwa politik 1965. Sebelum tinggal di Belanda, Isa dan keluar-ganya sempat menetap di China selama sepuluhtahun. Sebelum akhirnya pada awal 1980-anmemutuskan pindah ke Belanda dan memintasuaka politik di sana.Meski pria kelahiran Jakarta, 20 Agustus 1930ini tidak lagi muda, dia tetap bersemangat meng-ungkap fakta-fakta sejarah seputar G-30S. Menu-rut Isa, di zaman modern sekarang ini sudah tidak berlaku lagi dalil yang menyatakan bahwa ”sejarah(hanya bisa) ditulis oleh penguasa.” Isa mencon-tohkan, kultur kebohongan seputar peristiwa G-30S/PKI.Isa mendesak agar tidak ada lagi budaya kebo-hongan terhadap peristiwa G-30 S yang selama inimasih dipertahankan meskipun telah berganti re-zim.”Jangan ada lagi kultur kebohongan dari peristi-wa PKI,” tegas Isa, pada diskusi yang dipandu Wa-kil Kepala PSPK UGM, Drs Suharman, MSi.Menurutnya, sejarah bisa diluruskan dan tidak ada yang kedaluwarsa. Seperti halnya terlihatdalam keputusan Pengadilan Den Haag (14/9-2011) mengenai kasus terbunuhnya 431 penduduk Desa Rawagede oleh tentara Belanda pada 9Desember 1947.
Tidak Kedaluwarsa
Pengadilan Den Haag untuk pertama kalinyadalam sejarah kehidupan peradilan Belandamenyatakan, kejahatan perang terhadap penduduk Rawagede ini tidak bisa dianggap kedaluwarsa. Pe-merintah Belanda telah melakukan tindakan me-langgar hukum yang harus dipertanggungjawab-kan dengan membayar ganti rugi kepada para jandadan anak-anak korban.”Ini jadi jembatan baru dan bisa diterapkandalam peristiwa G30 S/PKI yang masih dijumpaibeberapa kebohongan dan rekayasa,” ujarnya.Isa yang waktu itu dipandang sebagai intelijenPKI yang ada di Belanda, selalu mengingatkanadanya tugas besar pemerintah yang harus disele-saikan."Pemerintah harus merehabilitasi hak-hak ke-warganegaraan dan politik warga yang tidak bersa-lah dan telah menjadi korban sekitar peristiwa tra-gedi nasional yang terjadi pada kurun tahun 1965-1969," tegasnya. (H50-78)
ADA
imbauan dari KedutaanBesar Republik Indonesia di Kua-la Lumpur, agar pemda di Jateng,dan umumnya Indonesia, tidak berhubungan langsung denganperusahaan di Malaysia, untuk mencari peluang mengirimkan te-naga kerja Indonesia (TKI).”Bukan kami tidak percaya,tetapi kami hanya memohon agarketika berhubungan dengan ber-bagai perusahaan yang mengakusiap menampung TKI, kami dili-batkan dari awal. Sebab kami tahukinerja sejumlah perusahaan itu diMalaysia,” kata Mulya Wirana,Wakil Dubes RI di Kuala Lumpur.Bupati Karanganyar Rina Irianiyang didampingi KadinsosnakerSumarno, Kabid Penempatan danPerlindungan Teho Martadi, danbeberapa staf lainnya, terhenyak.Informasi itu menjadi masukanberharga.”Selama ini kami memangmencoba menjalin hubunganlangsung dengan beberapa perusa-haan. Mereka kami undang ke Ka-ranganyar untuk paparan, sebe-rapa besar bisa menampung TKIdari Karanganyar, agar peluang itubisa dimanfaatkan,” kata dia.Ketika datang ke Malaysia,Rina menyempatkan diri menjen-guk para TKI yang sudah bekerjadi sejumlah perusahaan. Selainmelihat berbagai fasilitas yangdisediakan, juga soal perlakuanmereka pada pekerja.Wirana mengatakan, perusa-haan di-
blacklist 
karena dinilaimelakukan kesalahan besar. Me-reka menampung dan mempeker- jakan TKI secara ilegal. Selain ituada pula yang tidak membayargaji pekerja sesuai dengan keten-tuan, fasilitas yang kurang danlainnya.”Karena itu kami
blacklist 
. Ka-mi merekomendasikan ke Mena-ker untuk tidak dikirim TKI ke pe-rusahaan itu. Sebab kami tidak pu-nya kewenangan menindak,” katadia.Wirana mengatakan, ada bebe-rapa kategori TKI ilegal. Bukan ha-nya yang datang ke Malaysia seca-ra sembunyi tanpa dokumen resmi.Ada lagi yang datang sebagai turismenggunakan paspor biasa, na-mun sampai di Malaysia bekerja.(
Joko Dwi Hastanto
-80)
Soeharto Palsukan Autobigrafi Soekarno
SM/Joko Dwi Hastanto
URUS PASPOR:
 Ratusan warga Indonesia di Malaysiamengurus perpanjangan paspor dan dokumen lainnya diKedubes RI di Kuala Lumpur. (58)
SEMARANG
- Dinas KesehatanProvinsi Jawa Tengah mendukungpameran kesehatan yang akan digelarPalang Merah Indonesia (PMI) Ja-teng pada 19-23 September men-datang.Pasalnya, pameran mempunyaifungsi strategis untuk mengabarkankepada masyarakat tentang produk unggulan kesehatan dan berbagaibentuk pelayanan di daerah.Kepala Dinkes Jateng, dr AnungSugihantono, M Kes, mengatakandukungan diberikan karena ada sisi penyampaian informasitentang jenis-jenis layanan kesehatan yang bisa diakses olehmasyarakat. "Pameran juga mempertemukan pengguna danpenyedia layanan, sehingga memunculkan masukan tentanglayanan kesehatan yang baik," katanya, kemarin.Pameran juga menjadi media promosi efektif kepada peng-guna yang sebagian belum mengetahui berbagai layanan kese-hatan. Masyarakat yang selama ini mempunyai masalah kese-hatan tetapi belum mengetahui layanan yang tepat bisa mene-mukan jawaban di pameran.Terkait keterlibatan sejumlah rumah sakit luar negeri,pihaknya mempersilakan, selama telah memenuhi perizinan.Namun pihaknya juga mengimbau agar institusi pelayanankesehatan daerah mampu menunjukkan layanan kesehatanyang unggul, sehingga bisa memperoleh pasien yang signi-fikan. "Institusi pelayanan kesehatan daerah diharapkan aktif melakukan promosi atas kualitas layanan kesehatan yangdiberikan," katanya. (H74- 80)
SOLO -
Setelah 25 tahun absendari kegiatan Federation for AsianCultural Promotion (FACP), KotaSolo dipercaya perwakilan 15 ne-gara yang tergabung dalam federa-si tersebut, untuk menyelenggara-kan konferensi tahunan yang ke-30. Kegiatan itu dibuka mulai hariini (7/9) hingga hingga Sabtu (9/9).Forum pertukaran kebudayaanantar negara-negara Asia itu bakaldiikuti tak kurang 198 delegasi dariseluruh negara anggota FACP."Setiap tahun, negara-negaraanggota selalu berkumpul untuk membentuk jaringan, berdiskusimengenai industri seni dan hiburandi kawasan Asia Pasifik. Tahun ini,keikutsertaan Indonesia yang perta-ma kali, setelah absen sekitar 25 ta-hun, dan Solo dipilih sebagai lokasipenyelenggaraan konferensi," ung-kap Governor FACPJakarta, BRAyAtilah Soerjadjaya. (H73-80)
SM/Priyonggo
Sosialisasi Pemilu 2014 Partai Golkar
 KETUA
 DPPGolkar Wilayah Jawa II Firman Soebagyomenyampaikan sosialisasi Tahapan Pemilu 2014 dan Putu-san MK kepada pengurus harian DPD Golkar Jateng JlKiai Saleh 1, Semarang, Rabu (5/9). (58)
SM/Zakki Amali
 Anung Sugihantono
Dinkes Dukung Pameran Kesehatan
Menjenguk TKI di Malaysia (2-Habis)
 48 Perusahaan Di-blacklist Kedubes RI 
Konferensi FACPDigelardi Solo
 
JUMAT,
7 SEPTEMBER 2012
Miranda TidakJanjikan Uang
Tjahjo Saksi Meringankan
JAKARTA 
- Sekjen DPP Partai DemokrasiIndonesia Perjuangan (PDIP), Tjahjo Kumolomenjadi saksi meringankan bagi terdakwaMiranda Swaray Goeltom. Dalam kesaksiannya,Tjahjo membantah dia pernah menyatakanbawah Miranda menyanggupi pemberian uangterkait pemilihan Deputi Gubernur Senior BankIndonesia (DGS BI) pada tahun 2004.
Dalam persidangan Miranda sebelumnya, saksi mantan anggotaKomisi IX DPR RI dari PDIPAgus Condro Prayitno menngatakan,bahwa Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa Miranda bersedia mem-berikan sejumlah uang terkait pemilihan DGS BI. Bahkan, Tjahjo sem-pat menyatakan, Miranda menyanggupi uang Rp 500 juta.Sebaliknya, Tjahjo menegaskan, dirinya tidak pernah menyatakanhal tersebut. Dia juga mengatakan, Miranda tidak pernah menjanjikanapa pun terkait pemilihan DGS BI. ’’Tidak pernah,’’kata Tjahjo men- jawab pertanyaan jaksa soal cek perjalanan dalam pemilihan DGS BI,di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (6/9).
Tak Tahu
Tjahjo juga mengaku tidak mengetahui dan tidak pernah menerimalaporan soal adanya cek perjalanan dalam pemilihan tersebut. Dirinyamengetahui adanya cek sejak Agus Condro mengungkap ke mediamassa. Saat itu, dia mencoba meminta pernjelasan dari Agus tetapitidak pernah berhasil. ’’Saya telepon atau SMS tidak pernah dibalas,’’ujar Tjahjo.Dia menambahkan, berdasarkan
 fit and proper test 
dilaporkanbahwa calon DGS BI terbaik adalah Miranda Swaray Gultom, sehing-ga, dia selaku Ketua Fraksi PDIPdi DPR menyarankan kepadaanggotanya di Komisi IX memilih calon yang terbaik.Dia membantah disebut mengarahkan fraksinya untuk memilihMiranda. ’’Keputusan untuk pemilihan saat itu adalah Emir Moeis.Saat itu memang tidak serta merta langsung menerima mengenaidukungan terhadap Miranda. Saya menyarankan jika tidak ada kese-pakatan dalam rapat di fraksi, bisa dilakukan voting,’’ujar Tjahjo.Selain itu, politikus senior ini juga mengaku tidak tahu ada rapat laindi luar rapat fraksi. ’’Saya tidak tahu, saya hanya sekali menghadirirapat,’’ucapnya.Atas kesaksian Tjahjo, terdakwa Miranda Goeltom tidak mem-berikan tanggapan. Miranda hanya memastikan bahwa dirinyatidak pernah berurusan dengan Tjahjo Koemolo yang notabeneadalah anggota komisi pertahanan dan keamanan. (J13,viva-80)
JAKARTA
- Masyarakat AntiKorupsi Indonesia (MAKI), pe-mohon sidang praperadilan pena-hanan tersangka kasus korupsiproyek simulator kendali motordan mobil untuk ujian SIM diKorps Lalu Lintas Polri, memintapenangguhan penahanan terhadaptersangka kasus itu.Koordinator MAKI, BoyaminSaiman menyatakan, pihaknyamengajukan penangguhan pena-hanan tersebut untuk menjawabsomasi Termohon I, Kapolri JenderalTimur Pradopo.’’Pemohon mengetuk hati Ter-mohon I (Kapolri Jenderal TimurPradopo) untuk menangguhkanpenahanan para tersangka sesuaiKUHAP, agar tidak terlalu jauh me-nyiksa dan merampas kemerdekaanserta melanggar HAM para tersang-ka,’’ujar Boyamin dalam persi-dangan kemarin.Seperti diketahui, pada persi-dangan sebelumnya, pihak Termo-hon I hendak mensomasi pemohonkarena telah menuding penyidikanyang dilakukan Bareskrim Polri ter-hadap keemapt tersangka yakni Brig- jen Didik Purnomo, AKBPTeddyRusmawan, Kompol Legimo PudjoSumarto dan dan Budi Santosoadalah tidak sah.
Siapkan Bukti
Bonyamin menjelaskan, MAKIsiap membeberkan beberapa buktiberupa Undang-undang (UU) Ke-pabeanan dan Bea Cukai, UU Imi-grasi, UU Pajak dan UU KPK. ’’Dimana kewenangan penyidikan Ter-mohon I jelas-jelas dibatasi olehundang-undang tersebut,’’ujarnya.Dia juga menegaskan, MAKImempunyai hak untuk menggugatpenahanan dalam kasus tersebut.Sebab, keberadaannya telah sahsecara hukum yakni sesuai aktapendirian perkumpulan MAKI tang-gal 30 April 2007 di Sukoharjo dandengan akta ini terdaftar pada kepani-teraan PN Sukoharjo bernomor57/2011/PN.SKH.’’MAKI itu organisasi resmi yangmerupakan bagian dari warga negaradan memiliki hak serta kewajibanmenegakkan hukum, keadilan kebe-naran demi kepentingan umummasyarakat luas sebagaimana dalamanggaran dasar.’Sidang dipimpin hakim tunggalDidik Setyo Handono dengan agendaduplik dari Termohon I Kapolri, Ter-mohon II Pimpinan KPK dan Termo-hon III Kejaksaan Agung.(K24-80)
Menyuap karenaPersaingan Bisnis
JAKARTA
- Dua anak buah Siti Hartati Murdaya, DirekturOperasonal PTHardaya Inti Plantation (HIP), Gondo SudjonoNotohadi Susilo dan General Manager Supporting PTHIPYaniAnsori mulai menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.Dalam dakwaan jaksa terungkap, latar belakang dugaanpenyuapan terhadap Bupati Buol Amran Batalipu karena per-saingan bisnis.Seperti yang dinyatakan dakwaan terhadap Gondo Sudjonooleh jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) EdyHartoyo, I Kadek Wiradana, Anang Supriatna, Yudi Kristiana,Trimulyono Hendradi, dan Eva Yustisiana disebutkan, perusa-haan Hartati rela mengucurkan uang miliaran rupiah agar PTSonokeling Buana milik anak Ayin, Rommy Dharma Setiawantidak mendapatkan izin usaha perkebunan di Buol.Jaksa Edy Hartoyo mengungkap adanya pertemuan khususdengan Amran Batalipu dengan terdakwa Gondo, Hartati Mur-daya (Direktur Utama PTHIP), Arim (Financial Controller PTHIP), dan Totok Lestiyo (Direktur PTHIP). Pertemuan dilaku-kan di Gedung Pusat Niaga Pekan Raya Jakarta (PRJ) Jalan Be-nyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 15 April 2012.Dalam pertemuan, Hartati meminta Amran supaya mem-berikan izin hak guna usaha (HGU) terhadap lahan seluas 4.500ha di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk PTSebuku Inti Plantations atau PTCipta Cakra Murdaya (CMM)atau PTHIP. Istri pengusaha Murdaya Poo ini juga meminta agarAmran mengusulkan kepada BPN RI supaya tidak menerbitkanHGU lahan perkebunan kepada PTSonokeling Buana. Lahanyang dimaksud seluas 75.090 ha yang berada dalam izin lokasiPTHIP. TSonokeling Buana merupakan perusahaan milik anak Artalyta Suryani atau Ayin, Rommy Dharma Setiawan.’’BPN RI tidak menerbitkan HGU kepada HGU kepada PTSonokeling Buana karena izin lokasi lahannya berada dalam izinlokasi dari PTCMM atau PTHIPsebelumnya,’’kata jaksa Edydi Pengadilan Tipikor, Kamis (6/9).Pada pertemuan di PRJ, Hartati juga menjanjikan pemberianbantuan survei terkait pencalonan kembali Amran Batalipu seba-gai Bupati Buol.Pertemuan kedua di lokasi yang sama tanggal 11 Juni 2012disepakati pemberian uang kepada Bupati Amran Rp 3 miliar.Sementara, dakwaan terhadap Gondo Sudjono disebut mem-berikan suap berupa uang Rp 3 miliar kepada Bupati Buol,Amran Batalipu. Gondo yang kelahiran Purwokerto ini didakwabaik secara sendiri maupun bersama-sama dengan Yani Anhoridan Hartati Murdaya (Direktur Utama PTHIP), Arim (FinancialController PTHIP), dan Totok Lestiyo (Direktur PTHIP).Dalam surat dakwaan nomor Dak-21/24/08/2012 meng-ungkapkan bahwa pemberian uang dimaksudkan agar BupatiAmran dapat memberikan izin hak guna usaha (HGU) terhadaplahan seluas 4500 ha di Buol untuk PTSebuku Inti Plantationsatau PTCipta Cakra Murdaya atau PTHIP. Caranya, denganmeminta Amran mengirim surat kepada Gubernur Sulteng agardiizinkan membuat surat rekomendasi kepada Kepala BadanPertanahan Nasional (BPN) RI terkait izin HGU perusahaanmilik Hartati. (J13-80)
 MAKI Minta Penahanan Ditangguhkan
Sidang Praperadilan Kasus Simulator
SM/Bayu G Murti
 KESAKSIAN TJAHJO:
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perju-angan (PDIP), Tjahjo Kumolo, bersaksi untuk terdakwa Miranda S Goeltom di PengadilanTipikor, Jakarta, Kamis (6/9). (58)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->