Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
62Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sumber Dan Metode Pembentukan Hukum Islam

Sumber Dan Metode Pembentukan Hukum Islam

Ratings: (0)|Views: 5,338 |Likes:
Published by Damar
Selain sumber hukum Isla, metode pembentukan/penetapan hukum Islam juga dijelaskan di dalamnya. Namun, hanya secara garis besar.
Selain sumber hukum Isla, metode pembentukan/penetapan hukum Islam juga dijelaskan di dalamnya. Namun, hanya secara garis besar.

More info:

Published by: Damar on May 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Hukum Islam mencerminkan seperangkat norma Ilahi yang mengatur tatahubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia lainnyadalam kehidupan sosial hubungan manusia dengan benda dan alam lingkunganhidupnya.Norma Illahi yang mengatur tata hubungan tersebut adalah kaidah-kaidahdalam arti khusus atau kaidah ibadah murni, mengatur cara dan upacara hubunganlangsung antara manusia dengan sesamanya dan makhluk lain di lingkungannya.Ciri khas hukum Islam, yakni berwatak universal, berlaku abadi untuk umat Islam dimanapun mereka berada, tidak terbatas pada umat Islam dimanapunmereka berada, tidak terbatas pada umat Islam di suatu tempat atau negara padasuatu masa, menghormati martabat manusia sebagai kesatuan jiwa dan raga,rohani dan jasmani, serta memuliakan manusia dan kemanusiaan secarakeseluruhan, pelaksanaan dalam praktik digerakkan oleh iman dan akhlak umatIslam. Banyak teori tentang sumber hukum Islam, tetapi penulis akan menuliskantentang sumber hukum Islam yang terdiri dari Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad.Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai sumber-sumber hukumIslam dan metode pembentukan hukum Islam.
B. Tujuan
Tujuan dituliskannya makalah ini adalah untuk menambah pengetahuankita akan sumber hukum Islam dan metode penetapannya dari zaman Rasulsampai kepada zaman sekarang ini.
 
 2
BAB IISUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
Agama Islam memiliki pedoman yang sangat penting dalam menghadapihidup. Setiap muslim diwajibkan agar berpedoman dengan sumber-sumbertersebut. Sumber-sumber tersebut terdapat beberapa bagian. Sumber yang palingpenting, sempurna, tidak diragukan, berlaku sepanjang zaman dan diwajibkanpula setiap muslim atas pemahamannya yaitu Al-Quran. Sumber lainnya cukuppenting dalam pengaplikasian dari Al-Quran ke kehidupan sehari-hari yaitu Haditsdan ijtihad yang diambil berdasarkan kedua sumber tersebut.
2.1
 
Al-Qur’an al-karim
Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammadsaw dengan bahasa Arab dengan perantaraan malaikat Jibril, sebagai hujjah(argumentasi) bagi-Nya dalam mendakwahkan kerasulan-Nya dan sebagaipedoman hidup bagi manusia yang dapat dipergunakan untuk mencarikebahagiaan hidup di dunia dan akhirat serta sebagai media untuk bertaqarrub(mendekatkan diri) kepada Tuhan dengan membacanya. Wahyu Allah yangditurunkan kepada Nabi Muhammad saw ini terwujud dalam bahasa arab dansecara autentik terhimpun dalam mushaf.
1
Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22hari atau banyak juga yang membulatkannya menjadi 23 tahun.
2
 Keistimewaan yang di miliki Al-Qur’an sebagai wahyu Allah ini adabanyak sekali, di antaranya yaitu:a.
 
Lafadh dan maknanya berasal dari Tuhan. Lafadh yang berbahasa Arab itudimasukkan ke dalam dada Nabi Muhammad, kemudian beliau membaca danterus menyampaikannya kepada umat. Sebagai bukti bahwa Al-Qur’an itu
1
Azyumardi Azra,
 Buku Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum
, cet.III.Direktorat Perguruan Agama Islam, Jakarta, 2002, hlm. 61.
2
 
 Ibid,
halaman 62.
 
 
 3datang dari sisi Allah ialah ketidaksanggupan (kelemahan) orang-orangmembuat tandingannya walaupun mereka sastrawan sekalipun.b.
 
Al-Qur’an sampai kepada kita secara mutawatir, yakni dengan carapenyampaian yang menimbulkan keyakinan tentang kebenarannya, karenadisampaikan oleh sekian banyak orang yang mustahil mereka bersepakatbohong.c.
 
Tidak ada yang bisa memalsukan Al-Qur’an karena ia terjaga keasliannya.Firman Allah dalam surat Al-Hijr ayat 9 yang artinya “sesungguhnya Kamitelah menurunkan Al-Qur’an, dan sungguh Kami yang memeliharanya”.Hukum-hukum yang terkandung di dalam Al-Qur’an ada 3 yaitu hukumI’tiqadiyah, hukum akhlaq, hukum amaliah.Hukum I’tiqadiyah yaitu hukum-hukum yang berkaitan dengan kewajibanpara mukallaf untuk mempercayai Allah, malaikat-malaikat Allah, Kitab-kitabAllah, Rasul-rasul Allah dan hari pembalasan.Hukum akhlaq yaitu tingkah laku yang berhubungan dengan kewajibanorang mukallaf untuk menghiasi dirinya dengan sifat-sifat keutamaan danmenjauhkan dirinya dari sifat-sifat yang tercela.Hukum amaliah yaitu yang bersangkutan dengan perkataan, perbuatan-perbuatan, perjanjian-perjanjian, dan mu’amalah (kerja sama) sesama manusia.Hukum amaliah sendiri terbagi menjadi dua, yaitu hukum ibadat, seperti shalat,puasa, zakat, dan lain-lain dimana hukum ini diciptakan dengan tujuan untuk mengatur hubungan hamba dengan Tuhan serta hukum mu’amalat seperti segalamacam perikatan, transaksi-transaksi kebendaan, jinayat dan ‘uqubat (hukumpidana dan sanksi-sanksinya) dan lain sebagainya.Menafsirkan Al-Quran ada beberapa cara, yang pertama adalah penafsirandengan cara lama yaitu, menafsirkan dengan satu per satu ayat yang turun tanpamengumpulkan atau menghimpun terlebih dahulu. Metode ini dianggap memilikibeberapa kelemahan, diantaranya adalah menghabiskan waktu secara percuma,meninggalkan gagasan tertentu dalam sebuah ayat tertentu yang mengandunggagasan tersebut, dan memperlakukan Al-Quran secara atomistis, parsial, dan

Activity (62)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Cahya Kurnia liked this
Boyhaqi Andesgo liked this
Fia Lutfiah liked this
Churie Rhukib liked this
Irsam Doank liked this
Choirotul Ummah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->