Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelas07_02 Bab 1

Kelas07_02 Bab 1

Ratings: (0)|Views: 11 |Likes:
Published by edonursantoso
Kelas07_02 Bab 1
Kelas07_02 Bab 1

More info:

Published by: edonursantoso on Jun 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2014

pdf

text

original

 
1Ilmu Pengetahuan Alam Kelas - VII SMP/MTs
BAB 1
Standar Kompetensi:
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar:
Mendeskripsikan besaran pokok danbesaran turunan beserta satuannya.
Mendeskripsikan pengertian suhu danpengukurannya.
Melakukan pengukuran dasar secara telitidengan menggunakan alat ukur yang sesuaidan sering digunakan dalam kehidupansehari-hari.
PENGUKURAN
DI BALIK PERISTIWA:
Bagaimana caranya mengukur keliling bumi?
Eratosthenes
adalah cendekiawan Yunani yang hidup di Alexandria, sebuah kota diMesir. Dari pengamatan sederhana yang dilakukan, ia mampu mengukur ukuran seluruhplanet. Eratosthenes tahu bahwa jarak luar biasa antara matahari bumi, sinarnyamencapai Alexandria dan Syene dalam berkas-berkas sinar sejajar yang berdampingan.Jika bumi datar maka bayangan akan lenyap di seluruh dunia pada tanggal 21 Juni.Namun, ia memperkirakan karena bumi melengkung, tembok-tembok dan tiang-tiang di Alexandria sekitar 800 km sebelah utara Syene menonjol dari permukaan bumi dengansudut berbeda.Peta Konsep:Peta Konsep:Peta Konsep:Peta Konsep:Peta Konsep:
Pengukuran Alat ukurPengertianPokokTurunanpanjangmassawaktusuhuBesaranSistemInternasionalterdiri daridengan satuan baku
 
2Ilmu Pengetahuan Alam - Kelas VII SMP/MTs
A
Pengertian Pengukuran
Jadi pada tengah hari pertama musim panas, Eratosthenes menghitung bayanganyang ditimbulkan oleh tiang-tiang batu di luar museum. Karena ia tahu ketinggian tiang-tiang batu itu, ia dapat membayangkan garis dari puncak tiang-tiang batu itu ke ujungbayangan, membuat segitiga yang dapat dihitung. Setelah menggambar segitiga itu,Eratosthenes memakai rumus geometri sederhana untuk membuktikan puncak kemiringan tiang-tiang batu itu memiliki kemiringan dari Matahari sedikit di atas 7
0
.karena tidak ada bayangan pada tengah hari di Syene di hari pertama musim panas,sudut di Syene 0
0
, atau tidak ada sudut sama sekali. Hal ini berarti Alexandria berjarak 7
0
lebih sedikit dari Syene sepanjang keliling bumi.Semua lingkaran memiliki 360
0
, dan keliling bumi bukan perkecualian. Sudut 7
0
antaradua kota itu sekitar 1/50 lingkaran. Jadi Eratosthenes mengalikan jarak antara Syenedan Alexandria sekitar 800 km dengan angka 50, mendapatkan angka 40.000 untuk  jarak keliling bumi. Para astronom modern menghitung keliling bumi tepatnya 40.061km. Eratosthenes telah membuktikan dirinya sebagai cendekiawan kelas satu.
Kegiatan pengukuran banyak dijumpai di sekitar kita. Contoh tinggi badankamu diukur menggunakan mistar. Membeli beras di pasar, penjualmengukur menggunakan neraca atau timbangan. Lama waktu saat kamupergi ke suatu tempat tujuan diukur menggunakan arloji.Pernahkah kalian menjumpai kegiatan pengukuran di sekitarmu? Cobasebutkan!
Indikator 
Peserta didik mampu memahami konsep pengukuran 
Peserta didik mampu menyebutkan satuan baku dan tidak baku 
Apa yang dimaksud dengan pengukuran? Kegiatan apa yang dilakukansaat melakukan pengukuran? Agar berguna hasil pengukuran dibanding-kan dengan satuan apa? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebutlakukan kegiatan pengukuran di bawah ini dan diskusikan dengan temankalian!
Kegiatan 1.1 :Kegiatan 1.1 :Kegiatan 1.1 :Kegiatan 1.1 :Kegiatan 1.1 :
 Apakah pengukuran itu? 
1.Gunakan sesuatu yang ada pada anggota tubuh kamu dan sesuatuyang ada di kelasmu yang dapat digunakan sebagai alat ukur panjang,
 
3Ilmu Pengetahuan Alam Kelas - VII SMP/MTs
2.Lakukan pengukuran panjang meja, panjang papan tulis denganmenggunakan alat ukur panjang yang telah kamu peroleh disekitarmu. Lakukan pencatatan hasil pengukuranmu dan masukkanke dalam tabel di bawah ini!
Tabel 1.1
No.PengukuranAlat UkurHasil Pengukuran
1.2.3.dst
3.Mintalah bantuan teman kalian untuk melakukan pengukuranpanjang meja dan panjang papan tulis yang sama menggunakanmistar. Lakukan pencatatan hasil pengukuranmu dan masukkanke dalam tabel di bawah ini!
Tabel 1.2
No.PengukuranAlat UkurHasil Pengukuran
1.2.3.dst
4.Amatilah dan bandingkan hasil pengukuranmu dengan temanmu.Samakah hasil pengukuran yang dilakukan? Jika tidak sama,mengapa hal ini dapat terjadi?
 Konsep
Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan.
Pada saat melakukan kegiatan 1.1 di atas, pengukuran merupakankegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukuryang digunakan sebagai satuan. Misalnya, kamu melakukan kegiatanpengukuran panjang meja dengan pensil. Dalam kegiatan tersebut artinya

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->