Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelas08_03 Bab 2

Kelas08_03 Bab 2

Ratings: (0)|Views: 208|Likes:
Published by edonursantoso
Kelas08_03 Bab 2
Kelas08_03 Bab 2

More info:

Published by: edonursantoso on Jun 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2013

pdf

text

original

 
17
2
Bab
Sistem Gerak pada Manusia
Di Kelas VII lalu, kamu telah belajar bahwa salah satu cirimakhluk hidup adalah bergerak. Bergerak tidak harus berartibahwa makhluk hidup tersebut berpindah tempat dari satutempat ke tempat lain. Bergerak mencakup semua perubahankedudukan tubuh atau bagian-bagian tubuh.Semua manusia pada dasarnya hampir selalu bergerak.Masih ingatkah kamu dengan permainan yang sering dilakukanoleh anak-anak SD yang mengharuskan seseorang untuk diamtidak bergerak? Ternyata, sulit sekali untuk diam tidak bergerak,bukan? Jika kamu ingin mencoba, cobalah kamu berlombadengan temanmu untuk menentukan siapa yang dapat ber-tahan paling lama dalam suatu posisi tertentu. Berapa lamakamu dapat diam dalam suatu posisi tersebut?Mengapa kamu tidak dapat bertahan diam terus-menerus? Jika terlalu lama diam, kamu dapat merasakan otot-ototmu pegal.Mengapa kamu merasa pegal-pegal jika diam? Untuk apa bergerak? Apakah yang menyebabkan manusia dapat bergerak? Marilah kitakaji pertanyaan-pertanyaan tersebut pada bagian berikut.
Sumber:
www.marfansyndrome.info
A
.
 
Sistem Gerak 
B
.
 
Tulang Penyusun RangkaTubuh
C
.
 
Macam-Macam Tulang
D.
Persendian
E.
Otot
F.
Gangguan pada SistemGerak 
memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.mendeskripsikan sistem gerak pada manusia serta hubungannya dengan kesehatan.
Hasil yang harus kamu capai:Setelah mempelajari bab ini, kamu harus mampu:
 
18
Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VIII
PersendianSendi matiTulang belakangTulang tengkorak RicketsArthritisKifosisOtot lurik Sendi gerak Tulang dadaTulang anggotabadanOsteoporosisLepas sendiLordosisOtot polosSendi kakuTulang rusuk Tulang anggotagerak FrakturaSkoliosisKebiasaanposisi duduk Otot jantungOtotGangguan padasistem gerak Tulang penyusunrangka tubuh
Sistem Gerak padaManusia
terdiri atasterdiri atasterdiri atascontohnya
Untuk mempermudahmu mempelajari bab ini, pelajarilah diagram alur yang disajikan sebagai berikut.
Diagram Alur
terdiri atasterdiri atasyaitu
 
19
Sistem Gerak pada Manusia
Pikirkan jawaban pertanyaan berikut sebelum kamu membaca uraian materi bab ini. Kemudian periksakembali jawabanmu setelah kamu selesai membaca uraian bab ini. Apakah ada yang harus diperbaiki dengan jawaban tersebut? Jaringan apakah yang diperlukan untuk bergerak?1. Jika kamu memakan daging ayam, sebenarnya2. jaringan apa yang kamu makan tersebut?Apa fungsi sendi tulang?3.
Tes Materi Awal
A. Sistem Gerak
Pernahkah kamu menyadari, bagaimana tubuh kitadapat memiliki bentuk seperti ini? Tubuhmu dapat memilikibentuk karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak tersebutterdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja samamembentuk sistem gerak. Sistem gerak inilah yang memberibentuk tubuh, sebagai alat gerak, jalan, dan berlari sertamelakukan berbagai aktivitas lainnya.
Sumber
:
Bergulir dan Mengalir,
2004
Tulang, otot, dan sendi, ketiganya bersatu membentuk satu kesatuan dan memiliki ungsi yang berbeda-beda. Tulang merupakan alat gerak pasi. Tulang tidak dapat digerakan jikatidak terdapat otot. Otot dikatakan sebagai alat gerak akti.Otot inilah yang menggerakan rangka. Dalam kehidupansehari-hari, otot inilah yang disebut dengan daging. Adapunsendi merupakan penghubung antartulang dalam tubuh.
Gambar 2.1
Fungsi tulang sangat pentingbagi seorang atlet lari. Tulanglahyang mampu menyangga tubuhsang atlet sehingga dapatberlari.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->