Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan

Ratings: (0)|Views: 175 |Likes:
Published by Teguh Janatul Iman

More info:

Published by: Teguh Janatul Iman on Jun 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Sistem pemerintahan suatu negara berguna bagi negara lain. Salah satu keguanaan pentingsistem pemerintahan suatu negara adalah menjadi bahan perbandingan bagi negara lain. Jadi,negara-negara lainpun dapat mencari dan menemukan beberapa persamaan dan perbedaanantara sistem pemerintahannya. Tujuan selanjutnya adalah negara dapat mengembangkansuatu sistem pemerintahan yang dianggap lebih baik dari sebelumnya setelah melakukan perbandingan tadi. Mereka bisa pula mengadopsi sistem pemerintahan negara lain sebagaisistem pemerintahan negara yang bersangkutan.Sistem pemerintahan negara-negara di dunia ini berbeda-beda sesuai dengan kondisi sosial budaya dan politik yang berkembang di negara yang bersangkutan. Sebagaimanadikemukakan sebelumnya, sistem pemerintahan presidensial dan parlementer merupakan duamodel sistem pemerintahan yang dijadikan acuan oleh banyak negara. Amerika Serikat danInggris-lah yang masing-masing dianggap pelopornya. Contoh negara yang menggunakansistem pemerintahan presidensial antara lain ; Amerika Serikat, Filipina, Brazil, Mesir,Indonesia dan Argentina. Sedangkan yang menganut sistem pemerintahan parlementer, antaralain ; Inggris, India, Jepang, Malaysia dan Australia.B.
 
Meskipun sama-sama menggunakan sistem presidensial atau parlementer, terdapat variasiyang disesuaikan dengan perkembangan ketatanegaraan negara. Misalnya, Indonesia yangmenganut sistem presidensial tidak akan benar-benar sama dengan pemerintahan AmerikaSerikat. Bahkan negara-negara tertentu memakai sistem campuran antara presidensial dan parlementer (
mixed parliamentary presidential system
). Contohnya, negara Perancis sekarangini. Negara ini memiliki presiden sebagai kepala negara yang memiliki kekuasaan besar, tapi juga terdapat perdana menteri yang diangkat oleh presiden untuk menjalankan pemerintahansehari-hari.Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pemerintahan suatu negara dapatdiuraikan sebagai berikut :
 
a)Faktor Sejarah
Dari perjalanan sejarah dunia kita dapat mencermati bahwa terdapat beberapa sebabkemunculan suatu negara baru. Seperti terjadinya revolusi, intervensi, dan penaklukan, dapatmenjadi sebab-sebab timbulnya suatu negara baru. Berikut ini contoh proses terbentuknyasuatu negara :1.
Cessie
(Penyerahan) atau
 Mandat 
, bahwa terjadinya negara ketika suatu wilayahdiserahkan kepada salah satu negara yang kalah pada Perang Dunia I berdasarkansuatu perjanjian tertentu. Contoh: Negara Kamerun bekas jajahan Jerman menjadimandat Perancis.2.
 Anexatie/Kolonial 
(Pencaplokan/Penguasaan), bahwa terjadinya suatu negara ketika berada di suatu wilayah yang dikuasai oleh bangsa lain tanpa reaksi berarti. Contoh:sejak abad ke 15 Inggris telah melakukan penguasaan wilayah atas Afrika Selatan,Australia, India, Selandia Baru, Kanada dan sebagainya.3.
Separatise
(Pemisahan), bahwa terjadinya suatu negara ketika ada suatu wilayahnegara yang memisahkan diri dari negara yang semula menguasainya, kemudianmenyatakan kemerdekaannya. Contoh: pada tahun 1948, Pakistan memisahkan diridari India dan menyatakan kemerdekaannya.Dari beberapa contoh terbentuknya negara baik melalui c
essie, anexatie
maupun
 separatise
,sudah barang tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap sistem pemerintahannya.Beberapa contoh negara yang pernah melalui masa-masa pembentukan tersebut di atas, antaralain :
NoNegara IndukNegara Dalam Hubungan SejarahSistemPemerintahan
1.PerancisKamerun, Chad, Kaledonia Baru,Kamboja, Republik Afrika Tengah,Aljazair, Burundi dan lain-lain.Parlementer 2.InggrisKanada, Afrika Selatan, Selandia Baru,Australia, India, dan lain-lain.Parlementer 3.Rusia/ Uni SovietKuba, Korea Utara, Vietnam, RRC,Ukraina, Bulgaria dan lain-lain.Presidensial4.Amerika SerikatFilipina, Irak, Afghanistan, dan lain-lain.Presidensial5.SpanyolArgentina, Bolivia, Chili, Ecuador,Guetamala, dan lain-lain.Presidensial
b)Faktor Ideologi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->