Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
57Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mengenal Komputer - Aplikom

Mengenal Komputer - Aplikom

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,859 |Likes:
Published by ang9a
notes from lecturer
notes from lecturer

More info:

Published by: ang9a on May 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

 
Mengenal Komputer
Apa itu Komputer ?
Komputer
berasal dari bahasa latin
computare
yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapanilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi
komputer 
.
Menurut
Hamacher 
[1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerimainformasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, danmenghasilkan output berupa informasi.
Menurut
Blissmer 
[2], komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagaiberikut:- menerima input- memproses input tadi sesuai dengan programnya- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan- menyediakan output dalam bentuk informasi
Sedangan
Fuori
[3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukanperhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangandari manusia.
Sejarah Komputer
1946, ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) dibangun oleh Dr. John W. Mauchly dan J. PresperEckert di Moore School of Electrical Engineering, University of Pennsylvania.
 – 
 Terdiri dari 18,000 tabung vakum, menempati area seluas 5,000m2, dan beratnya 30 ton
 – 
Mampu mengerjakan 5,000 kalkulasi penjumlahan dan 500 perkalian per menit.
1950, Sperry Rand Univac & IBM 701
1954, IBM meluncurkan IBM 650 (cikal bakal komputer modern. Terpasang sebanyak 100 unit
Disebut sebagai komputer generasi pertama
 Transistor menggantikan tabung vakum, muncul komputer generasi kedua.
Ukuran fisik lebih kecil, reliable, lebih murah, dan tidak banyak menimbulkan panas.
Menggunakan inti magnet sebagai komponen utama memory
Kinerjanya lebih baik dari komputer generasi pertama
IBM seri 7000
Mainframe, proses terpusat
7 April 1964, IBM meluncurkan IBM System/360, menandai dimulainya komputer generasi ketiga.
Menggunakan Integrated Circuit (IC)
Semikonduktor digunakan sebagai komponen utama memory.
Mulai diterapkan
upward compatibility 
Sistem Operasi mulai diperkenalkan
Mini Computer
Vendors: IBM, Burroughs, NCR, Honeywell, Control Data, Olivetti
 Tidak ada kesepakatan kapan transisi generasi 3 ke generasi 4
Pada saat ini kita sedang menikmati komputer generasi 4
Ditandai dengan penggunaan VLSI (Very Large Scale Integration Circuit)
Kapasitas meningkat pesat, namun ukuran fisik semakin kecil dan kompak.
Dilengkapi dengan fitur komunikasi data,
Personal Computer
Control UnitFilesMemoryAritmeticLogical UnitOutputInput
CENTRAL PROCESSING UNIT
Struktur Logik Komputer Digital
1.Input Device
, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalammemori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
 
2.Processor
, adalah perangkat utama komputer yang mengolah seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Processorterdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
Control Unit (CU),
merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkatyang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Arithmetic Logic Unit (ALU)
, merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengelola dataaritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3.Memori
adalah media penyimpanan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu ;
Read Only Memory (ROM)
, yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dansudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yangada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain perintah untukmembaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem danperintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapipada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, antara lain :
a.PROM (Programable ROM)
, yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatanhanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
b.RPROM (Re-Programable ROM)
, merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kitadapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
c.EPROM (Erasable Program ROM)
, merupakan ROM yang dapat kita hapus dan programkembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
d.EEPROM (Electrically Erasable Program ROM)
, perkembangan mutakhir dari ROM dimanakita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunkan teknik elektrik.EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
Random Access Memory (RAM)
, yaitu memori yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olahuntuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAMakan hilang. Tujuan dar RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer.
4.Output Device
, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas(hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berapa suara. Contoh printer, speaker, monitor dan banyakyang lainnya.
5.File
adalah kumpulan data yang disimpan dalam satu nama pada sebuah disk atau media penyimpanan permanenlain.Setiap file memiliki satuan berat file. Pengertian berat tersebut adalah jumlah informasi dalam file tersebut.
Dasar – dasar Komputer
Komputer terdiri dari perangkat keras (
hardware
) dan perangkat lunak (
software
)
Komputer bekerja berdasarkan perintah yang disusun dalam bentuk program
Menggunakan teknologi digital, binary (1 & 0)
Logika digital: AND, OR, NAND, NOR, EXOR
Rangkaian Digital
Hardware
atau
Perangkat Keras
: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.
Software
atau
Perangkat Lunak 
: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware
: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
A.Perangkat Keras Komputer
 Yang dimaksud dengan perangkat keras adalah komputer yang dilihat secara fisik atau yang dapat disentuh.
Bagian-bagian Perangkat Keras Komputer
1.MonitorMonitor adalah bagian dari keluaran komputer yang berupa tampilan gambar sebagai alat komunikasiantara komputer dengan pemakai atau dengan kata lain manampilkan pesan komputer ke pemakai.2.Casing CPU (Central Processing Unit)Casing CPU adalah box/kotak tempat komponen komputer seperti motherboard (MainBoard),Processor, Memory, power supply, dengan tambahan seperti hard disk, floppy disk drive dan CD drive.
Power Supply adalah unit catu daya yang memberikan sumber tegangan pada komputer
Motherboard/Mainboard adalah papan induk komputer sebagai pusat pengolahan data. Motherboardmempunyai beberapa bagian yaitu :Expansion Slot, untuk menempatkan cardProcessor atau Microprocessor adalah otak komputer yang mengendalikan komputer.
 
ContohnyaProccessor Intel Pentium, Celeron, Cyrix, AMD Athlon dan sejenisnya.Memory adalah kumpulan dari byte yang sangat besar yang dapat diwujudkan sebagai angka,huruf, kata, dan lain-lain yang digunakan pada saat itu berfungsi sebagai media untukmenggerakkan dan mempercepat tampilan data dan aplikasi pada saat bekerja.
Hard Disk disebut juga fixed disk atau disket tetap yaitu sarana untuk menyimpan data dengankapasitas besar.
Floppydisk Drive merupakan media tempat floppy disk (disket) dengan ukuran 3 ½ inch diletakan padacasing sehingga bisa diisi file atau dimasukan file dari atau ke komputer, kemampuan menampung filesebesar 1, 44 MB (1440 KB).
CD ROM Drive, merupakan media tempat CD (Compact Disc) diletakan untuk dibaca/dilihat isi filenya,baik file bentuk tulisan, gambar, musik dan film. Kemampuan penyimpanan datanya rata-rata antara650 MB hingga 750 MB. Sebenarnya CD Drive ada 2 jenis satu CD-R drive hanya untukmembaca/mengambil file dan menulis ke CD tetapi tidak dapat dihapus atau di tulis ulang. Sedangkanyang satu lagi dapat berguna untuk membaca/mengabil, menulis, dihapus dan dapat ditulis ulang ke CDyang desebut CD Rewriteabel & Writter (CD-RW).3.KeyboardKeyboard adalah alat masukan (input) dari bermacam-macam toots dimana tiap-tiap toots dapat
 
memberi satu karakter. Pada Keyboard terdapat toots/tombol yang toots mesin ketik, ditambah tomboltambahan seperti : Tombol enter (return), Escape(Esc), Control (Ctrl), alternate (Alt), dan tombolfungsi F1sampai F12.4.MouseMouse adalah alat masukan (input) sebagai pembatu dalam memilih icon, menu atau aplikasi yangdiinginkan oleh user.
Media Tambahan dan Fasilitas Pelengkap pada Perangkat Keras Komputer
PRINTER, Merupakan perangkat yang mampu memperbanyak data gambar/tulisan ke media kertas. Printer dewasaini dikenal dalam 3 jenis yaitu: Dot Matrix Printer (Kemampuan mencetak data dengan sistem tekan, warna berasaldari media pita dan hanya mampu mencetak dalam kualitas tulisan), Inkjet Printer (kemampuan mencetak datatulisan dan gambar dengan sistem semprot dan menggunakan bahan warna cair) dan Lazer Jet Printer(kemampuan mencetak tulisan dan gambar dengan kualitas yang tajam dengan sistem pemanasan danmenggunakan bahan warna berupa bubuk yang dipanaskan).SCANNER, Perangkat mengirimkan data gambar/tulisan ke komputer/printer dan email internet. Kualitas hasilpengiriman ditentukan tingkat resolusi (dpi-Dot Per Inch) scan mengambil detail data.MODEM Modulasi & Demodulasi-perangkat media perantara antara saluran telephon dan komputer yang mampumengubah data suara (analog) ke data gambar/tulisan/film bersifta digital. Modem sangat diperlukan untukmengirim Fax, Telephon Jarak Jauh dan Internet.CAMERA PHOTO, Perangkat yang mampu merekam obyek asli ke dalam media perekam (film) atau ke disketdengan sistem cahaya dan mampu dimasukan/diedit dari komputer.CAMERA FILM/VIDEO, Perangkat yang mampu merekam obyek asli dalam bentuk gerak/suara ke dalam lapisanperekam (tape recorder) serta mampu dirubah dalam komputer hingga dapat edit.EDITING VIDEO/AUDIO, Perangkat yang mampu merubah data dari komputer berupa suara, tulisan, gambar, danfilm ke bentuk/media penyimpanan seperti kaset, video tape dan CD. TELEVISI, Perangkat yang mampu menampilkan data suara dan gambar/film dari pusat penyiaran (TV Station).Umumnya komputer yang dihubungkan dengan siaran TV memerlukan TV Card.STASIUN RADIO, Perangkat yang mampu menampilkan data suara dari pusat penyiaran radio (Radio Station).Umumnya komputer yang dihubungkan dengan siaran Radio memerlukan Radio Card.KOMPUTER LAIN, Hubungan ini mewujudkan tukar data dari komputer ke komputer yang lain pada saat itu juga.Pola ini disebut juga dengan Intranet dan Internet. Kondisi ini memerlukan Ethernet Card, Ethernet Cable ataumodem untuk internet.
B.Perangkat Lunak Komputer
Sebagai modul pengatur perangkat software dapat dibagai mendjadi beberapa kelompok, yaitu :Sistem Operasi (Operating System)Operating System (OS) merupakan perangkat lunak untuk memberikan pola kerja dan organisasimengaturan file komputer sehingga mampu membaca setiap hardware dan file aplikasi untuk mampu tampildan bekerja sesuai standar OS yang dipakainya. Contoh :
-
Microsoft Windows 95, 98, 2000, NT, ME, dan XP
-
Unix atau Linux
-
MacintoshSecara umum, cara kerjanya tidak beda, hanya perubahan tampilan dan gaya menggunakannya yang sedikitbeda.Bahasa (Language).
-
Ini biasanya sering disebut orang dengan Bahasa Pemrograman. Sepertilayaknya manusia yang berkomunikasi dengan berbagai bahasa, pemograman juga membutuhkan bahasa tertentu yang dapat dimengerti baik olehkomputer maupun manusia. Dengan bahasa pemrograman manusia membuatinstruksi-instruksi tertentu yang kemudian dijalankan oleh komputer. BahasaPemrograman ini biasanya dibagai atas 3 tingkatan, yaitu ;1.
Low level Language
, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis inisangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengertihanyalah pembuatnya saja.2.
Midle Level Language
, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaaninstruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karenabanyak menggunakan singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinyapindah (singkatan dari MOVE). Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).3.
High Level Language
, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti,karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dBase dll.

Activity (57)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yoga Barus Comunity added this note
we smk komputer yang bgus di medan di mana yah
Yusri Zulkifli liked this
Sehati Sekali liked this
Safrizal Jal B liked this
Puspa Pitaloka liked this
Willy Kuwil liked this
Arfi D Ray liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->