Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peninggalan Sejarah Hindu Dan Buddha

Peninggalan Sejarah Hindu Dan Buddha

Ratings: (0)|Views: 117 |Likes:
Published by Arya D Ningrat

More info:

Published by: Arya D Ningrat on Jun 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
Zaman sejarah dimulai saat manusia mulai mengenaltulisan, sedangkan masa sebelum mengenal tulisan disebut masa prasejarah. Untuk mempelajari sejarah, kita perlu mengetahui peninggalan sejarah yang ada. BangsaIndonesia mempunyai banyak peninggalan sejarah. Peninggalan-peninggalan tersebutdikelompokkan menjadi tiga, yaitu sumber lisan, tertulis, dan benda bangunan. BerikutPeninggalan Sejarah Hindu dan Buddha:
Pada zaman kerajaanHindu-Buddha  berkembang di Indonesia, kebudayaan dan kesusastraan juga mengalami kemajuan, terutama pada saat Kerajaan Majapahit.Karya-karya sastra peninggalan sejarah tersebut berupa cerita tertulis yang dikarangoleh para pujangga. Beberapa karya sastra di antaranya berupa kitab-kitab berikut ini.a. Kitab Cilpa Sastra, merupakan peninggalan Kerajaan Syailendra yang berisi dasar-dasar pokok membuat candi. b. Kitab Arjuna Wiwaha, ditulis oleh Mpu Kanwa pada tahun 1030. Kitab ini merupakanpeninggalan dari Kerajaan Kediri yang berisi tentang perjuangan Airlangga dalammempertahankan Kerajaan Kediri.c. Kitab Smaradahana dikarang oleh Mpu Darmaja, pada masa pemerintahan RajaKameswara I, Kediri.d. Kitab Bharatayuda dikarang oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh, pada masapemerintahan Raja Jayabaya, Kediri.e. Kitab Krisnayana ditulis oleh Mpu Triyana.f. Kitab Hariwangsa ditulis oleh Mpu Panuluh.g. Kitab Negara Kertagama, ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365. Kitab inimerupakan sumber sejarah Kerajaan Singasari dan Majapahit. Di dalam kitab inimuncul istilah Pancasila.
 
h. Kitab Sutasoma, ditulis oleh Mpu Tantular. Kitab ini berisi tentang hukum dandijadikan dasar hukum di Kerajaan Majapahit. Dalam kitab ini menekankan prinsipkeadilan dan tidak membedakan rakyat biasa dengan bangsawan. Jadi siapapun yangmelanggar aturan atau undang-undang harus mendapat hukuman yang sesuai.
Prasasti disebut juga batu bertulis. Prasasti merupakan peninggalan sejarah yangtertulis di atas batu, logam, dan sebagainya. Prasasti biasanya berisi mengenaikehidupan atau peristiwa penting di daerah setempat. Contoh prasasti sebagai berikut.a. Prasasti Kerajaan Tarumanegara antara lain Ciaruteun, Kebun Kopi, Tugu, Lebak,Jambu, Muara Cianten, dan Pasir Awi yang semuanya ditulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. b. Prasasti di Sumatra Selatan antara lain Kedukan Bukit, Talang Tuo, Kota Kapur,Karang Berahi, dan Telaga Batu. Prasasti ini menggunakan bahasa Melayu dan huruf Pallawa, yang dipahat dan ditulis sekitar abad ke-7 pada masa Kerajaan Sriwijaya.Prasasti yang ditemukan tersebut antara lain berisi tentang peraturan kerajaan dansanksi apabila melakukan pelanggaran, serta puji-pujian untuk kebesaran dankemakmuran raja. Selain kelima prasasti tadi, juga ditemukan Prasasti Nalanda yang berisi tentang keturunan Dinasti Syailendra, silsilah Raja Balaputradewa, danpersahabatan dengan Kerajaan India.
 
c. Prasasti Muara Kaman, di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Prasasti iniditulis sekitar tahun 400 Masehi, berisi tentang sejarah Kerajaan Kutai.d. Prasasti Canggal tahun 732 M, di dekat Magelang. Berisi tentang Kerajaan MataramHindu dengan Raja Sanjaya.e. Prasasti di Kediri sekitar Sungai Brantas, Jawa Timur, antara lain Prasasti Padlegan,Palah, dan Panumbungan. Prasasti ini merupakan peninggalan Kerajaan Kediri.f. Prasasti Dinoyo tahun 760 M, dekat Malang. Prasasti ini berisi tentang sebuahkerajaan yang berpusat di Kanyuruhan.g. Prasasti Kalasan tahun 778 M, dekat Jogjakarta, memuat tentang Kerajaan MataramHindu yang dipimpin Raja Rakai Panangkaran.h. Prasasti Kedu tahun 907 M, berisi tentang Kerajaan Mataram Hindu yang dipimpinRaja Balitung.i. Prasati Adityawarman, ditemukan di daerah Batusangkar. Prasasti ini memakai bahasa Melayu Kuno bercampur dengan bahasa Sanskerta. j. Prasasti Mulawarman, ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Prasasti inimerupakan peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.
 
 Yupa adalah prasasti yang dituliskan pada tiang batu. Awalnya, yupa digunakan untuk mengikat kurban, baik hewan maupun manusia yang akan dipersembahkan kepadadewa. Yupa ditemukan di Kalimantan Timur, pada abad ke-5 yang berisi tentang kisah seorangraja bernama Mulawarman yang baik budiman dan mempunyai kakek bernamaKudungga. Saat pemerintahan Mulawarman, rakyat hidup makmur dan sejahtera.Mulawarman juga memiliki hubungan yang baik dengan kaum Brahmana.
Patung adalah tiruan bentuk orang atau hewan yang dibuat dengan bahan batu, kayu, dan lainlain. Adapun arcaadalah patung yang dibuat dari batu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->