Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ekonomi Politik Kebutuhan Pokok

Ekonomi Politik Kebutuhan Pokok

Ratings: (0)|Views: 208|Likes:
Published by YOGA ADITYA PRATAMA
Pentingnya kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia sebenarnya sudah menjadi kepedulian dari para ekonom pembangunan meskipun langkah konkret setelah itu tidak selalu menjadi perhatian.
Pentingnya kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia sebenarnya sudah menjadi kepedulian dari para ekonom pembangunan meskipun langkah konkret setelah itu tidak selalu menjadi perhatian.

More info:

Published by: YOGA ADITYA PRATAMA on Jun 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/16/2013

pdf

text

original

 
STRATEGI PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK RAKYATMAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAHEkonomi Politik yang dibina oleh Bapak Drs. Mohammad Arief, Msi.OlehTotok Hariyanto 100413401221Tutus Veronika 100413401201Wartanindita 100413401230Yoga Aditya 100413401215William Calvin L. 100413401211
UNIVERSITAS NEGERI MALANGFAKULTAS EKONOMIJURUSAN MANAJEMENApril 2012
 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Sektor pertanian dalam tatanan pembangunan nasional memegang peranan penting karena selain bertujuan menyediakan pangan bagi seluruh penduduk, jugamerupakan sektor andalan penyumbang devisa negara dari sektor non migas.Di sektor pertanian, terdapat proporsi rumah tangga miskin yang sangat besar (0,72 %) dibandingkan sektor lainnya. Kemiskinan inilah yang menjadi akar  permasalahan dan ketidakmampuan rumah tangga petani untuk menyediakan pangan dalam jumlah, mutu dan ragam yang sesuai dengan kebutuhan setiapindividu, untuk memenuhi asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineralyang bermanfaat bagi pertumbuhan, kesehatan dan daya tahan jasmani maupunrohani. Dengan demikian, sebagian besar petani tergolong rawan pangan dan gizisecara ekonomis.Selain kebutuhan pangan, kebutuhan akan pendidikan bagi masyarakat juga diperlukan untuk supaya mereka tidak di tindas oleh orang lain. Bahkandalam era globalisasi sekarang ini tidak jarang dijumpai beberapa orang tua yangmasih beranggapan bahwa pendidikan merupakan kebutuhan sekunder. Demikiansehingga mayoritas penduduk di perdesaan hanya mempunyai latar belakang pendidikan tamatan Sekolah Dasar (SD) bahkan ada juga yang tidak sampai tamatSD. Pada saat petani mampu mengatasi kesulitan hidupnya dalam upayamemenuhi kebutuhan pokoknya, mereka tentu menggunakan berbagai strategiagar dapat bertahan hidup. Bila kehidupan masyarakat sudah baik pasti perekonomian di Indoinesia akan mengalami kemajuan. Dalam makalah ini akandibahas bagaiman menangani kebutuhan pokok khususnya di Indonesia. Mulaidari pangan sampai sector pemerintah tentang kesehatan, pendidikan dan banyak lagi.
 
 
2
B.
 
Rumusan Masalah.
 1.
 
Apakah yang dimaksud Ekonomi Politik Kebutuhan Pokok ?2.
 
Apasajakah Kebutuhan Pangan?3.
 
Bagaimanakah Tuntutan (
Voice
) dan Pengorbanan (
 Exit 
) Di IndonesiaTerhadap Kebutuhan Pokok?4.
 
Apasajakah Bentuk Tata Niaga Kebutuhan Pokok?5.
 
Apasajakah Strategi Pemenuhan Kebutuhan Pokok?
C.
 
Tujuan Pembahasan.
 1.
 
Untuk mengetahui Ekonomi Politik Kebutuhan Pokok.2.
 
Untuk mengetahui Kebutuhan Pangan.3.
 
Untuk mengetahui Tuntutan (
Voice
) dan Pengorbanan (
 Exit 
) DiIndonesia Terhadap Kebutuhan Pokok.4.
 
Untuk mengetahui Bentuk Tata Niaga Kebutuhan Pokok.5.
 
Untuk mengetahui Strategi Pemenuhan Kebutuhan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->