Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Identifikasi Penyebab Dan Dampak Permasalahan Lingkungan

Identifikasi Penyebab Dan Dampak Permasalahan Lingkungan

Ratings: (0)|Views: 49 |Likes:
Published by Adi Sutrisno

More info:

Published by: Adi Sutrisno on Jun 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

 
IDENTIFIKASI PENYEBAB DAN DAMPAK PERMASALAHANLINGKUNGAN BAIK LOKAL, NASIONAL, MAUPUN GLOBAL
 
Di Susun Oleh :
 
Nama : Adi SutrisnoNIM : F03112066
 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
 
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
 
REGULER A
 
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 
UNIVRSITAS TANJUNGPURA
 
PONTIANAK 
 
2013
 
 
Identifikasi Penyebab dan Dampak Permasalahan Lingkungan
 
baik Lokal, Nasional, maupun Global
 
Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Sumber daya alamyang utama bagi manusia adalah tanah, air, dan udara. Tanah merupakan tempat manusiauntuk melakukan berbagai kegiatan. Air sangat diperlukan oleh manusia sebagai komponenterbesar dari tubuh manusia. Untuk menjaga keseimbangan, air sangat dibutuhkan dengan jumlah yang cukup banyak dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, udara merupakansumber oksigen yang alami bagi pernapasan manusia. Lingkungan yang sehat akan terwujudapabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik.Masalah lingkungan mulai ramai dibicarakan sejak diselenggarakannya KonferensiPBB tentang Lingkungan Hiudp di Stockholm, Swedia, pada tanggal 15 Juni 1972. DiIndonesia, tonggak sejarah masalah lingkungan hidup dimulai dengan diselenggarakannyaSeminar Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Nasional oleh UniversitasPajajaran Bandung pada tanggal 15
 – 
18 Mei 1972. Faktor terpenting dalam permasalahanlingkungan adalah besarnya populasi manusia (laju pertumbuhan penduduk). Pertumbuhan penduduk yang pesat menimbulkan tantangan yang dicoba diatasi dengan pembangunan danindustrialisasi. Namun industrialisasi disamping mempercepat persediaan segala kebutuhanhdup manusia juga memberi dampak negatif terhadap manusia akibat terjadinya pencemaranlingkungan.
A.
 
Isu Lingkungan Lokal
Kalimantan yang terkenal dengan potensi alam dan potensi wisata alam kini keadaanyasangat memprihatinkan. Kerusakan lingkungan sudah menjadi pemandangan biasa dimana-mana. Eksploitasi tambang yang berlebihan, perubahan fungsi hutan menjadi perkebunankelapa sawit, kebakaran hutan serta sejumlah isu lingkungan lainnya dituding menjadi penyebab utama. Kalimantan Barat sendiri tidak lepas dari akibat kerusakan lingkungantersebut. Berikut beberapa isu lingkungan di Kalimantan Barat :
 
1.
 
Kebakaran Hutan Di Kubu Ray
 
 
Kebakaran lahan di Kalimantan Barat, semakin meluas. Insiden ini terjadi hampir disetiap saat di beberapa lokasi berbeda. Namun, kabut asap dari kebakaran lahan belummenganggu aktivitas penerbangan."Di Rasau Jaya (Kabupaten Kubu Raya) setiap hari selaluterjadi kebakaran lahan, tapi lokasinya masih jauh dari Bandara (Supadio)," kata KepalaBrigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Manggala Agni) Daerah OperasionalPontianak dan Singkawang Junaidi.Lokasi kebakaran lahan berada di Kota Pontianak dan sekitarnya. Kejadian ini berlangsung sporadis dan dalam waktu yang hampir bersamaan di setiap lokasi. Pemicukebakaran diduga berasal dari aktivitas pembukaan lahan pertanian.Dampak Kebakaran Hutan Terhadap Sosial, Budaya dan Ekonomi :1)
 
Hilangnya sejumlah mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan2)
 
Terganggunya aktivitas sehari-hari3)
 
Peningkatan jumlah Hama4)
 
Terganggunya kesehatan5)
 
Produktivitas menurun
2.
 
Sampah Di Kota Pontianak 
 Sampah sampah di kota pontianak sudah sangat meresahkan warga dikarenakan tempat pembuangan nya yang belum juga tertata rapi dengan bau yang sangat menggangu sertamasih kurang nya kesadaran masyrakat akan sampah, membuat masyrakat membuangsampah tidak pada tempatnya, contoh : sungai, parit, tepi jalanDampak negatif sampah :
 
Dampak terhadap Kesehatan.
Lokasi dan pengelolaan sampah yang kurang memadai (pembuangan sampah yangtidak terkontrol) merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menjadi sumber penyebaran penyakit.Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah terjangkitnya penyakit diare, kolera,tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum, penyakit demam berdarah dapat juga meningkat dengancepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.
 
Dampak terhadap Keadaan Sosial dan Ekonomi
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->