Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi Dan Teori Kepemimpinan

Definisi Dan Teori Kepemimpinan

Ratings: (0)|Views: 99 |Likes:
Published by sdnegeri060955
Bahan materi Diklat TOT Mapala Unimed
Bahan materi Diklat TOT Mapala Unimed

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: sdnegeri060955 on Jul 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2013

pdf

text

original

 
KONSEP DASAR PERILAKU KEORGANISASIANPengertian
Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memilikitujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-samadan merealisasikan tujuanya.Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masayarakat dapat meraihhasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri.(James L. Gibson, 1986).Manajemen organisasi adalah strategi pengelolaan lembaga untuk mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efesien.Perilaku berorganisasi meliputi 3 ranah utama komponen yaitu :
 
Kognitif 
 
Afektif 
 
Psikomotor 
Komponen Organisasi
Komponen penting organisasi meliputi :
TujuanMerupakan sesuatu yang akan di capai dalam rentang waktu tertentu,Tujuan berdasarkan rentang dan cakupanya dapat di bagi dala beberapakarakteristik antara lain :
 
Tujuan Jangka panjang
 
Tujuan Jangka menengah dan
 
Tujuan Jangka pendek 
Struktur Struktur Organisasi sangat penting untuk dapat dipahami oleh semuakomponen dalam rangka menciptakan system kerja yang efektif dan efesien.
SistemTerbagi dalam komponen penyusun yang saling berikatan yaitu :
 
Input
 
Proses
 
Output
 
Feedback 1. Arti OrganisasiOrganisasi berasal dari bahasa Yunani
Organon
atau dalam bahasa Latin
organum
yang artinya alat, bagian atau anggota badan. Dari berbagai macam batasan organisasi dapat disarikan adanya dua pengertian, yaitu pertama rumusanJ.D. Mooney yang menyatakan organisasi sebagai perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama, dan kedua batasan C.I. Barnard yang menyebutkanorganisasi sebagai sistem dari usaha-usaha kerjasama yang dilakukan oleh duaorang atau lebih. Dengan demikian organisasi dapat dibedakan menjadi duamacam pengertian: sebagai alat dan sebagai fungsi atau organisasi sebagai
 
manajemen. Dengan perkataan lain, berdasarkan sifatnya organisasi dapatdibedakan antara organisasi statis dan organisasi dinamis.Organisasi statis adalah gambaran secara skematis tentang hubungan kerjasamaantara orang-orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai sesuatutujuan. Sedangkan organisasi dinamis adalah setiap kegiatan yang berhubungandengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan departemenisasi,menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalamsuatu badan/organisasi. Ringkasnya organisasi dinamis adalah kegiatan-kegiatanmengorganisir yaitu kegiatan menetapkan susunan organisasi suatu usaha.2. Hubungan antara orang-orang di dalam suatu organisasiBerdasarkan hubungan antara orang-orang yang terdapat di dalam suatuorganisasi dikenal pula adanya organisasi formal , yaitu sistem kerjasama yangdilakukan oleh dua orang atau lebih dan dikoordinasikan secara sadar untuk mencapai tujuan tertentu; dan organisasi informal yang merupakan kempulanhubungan antara pribadi-pribadi tanpa tujuan bersama yang disadari. Meskipun pada akhirnya hubungan-hubungan tak disadari tersebut ternyata dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.Dengan demikian seperti halnya administrasi, maka ada tiga unsur utamadalam organisasi, yaitu:1.
 
adanya sekelompok orang2.
 
adanya hubungan kerjasama antara orang-orang tersebut3.
 
adanya tujuan bersama yang ingin dicapai3. Dasar-dasar OrganisasiTugas pokok seorang
manager 
antara lain adalah menyusun organisasisedemikian rupa sehingga orang-orang dapat bekerja sama dengan efektif dalamrangka mencapai tujuan. Oleh karena itu seringkali kita dengar ungkapan bahwaseorang
manager 
atau pemimpin yang baik adalah seorang organisator yang baik  pula.Adapun prinsip-prinsip atau dasar-dasar organisasi tersebut adalah:1.
 
Tujuan yang jelas2.
 
Kesatuan komando3.
 
Pembagian kerja4.
 
Pelimpahan Wewenang dan Tanggung Jawab4. Bentuk-bentuk atau Tipe-tipe OrganisasiAda 4 macam bentuk atau tipe organisasi yang sering kita temui di dalam praktik:1. Organisasi Lini (Garis)Organisasi Lini adalah bentuk organisasi di mana pimpinan dipandangsebagai sumber wewenang tunggal. Garis komandonya kuat dan hanya satu, yaitudari atas ke bawah. Dengan demikian segala keputusan kebijaksanaan dantanggung jawab ada pada satu tangan. Bentuk ini biasanya dipakai untuk 
 
organisasi yang orang-orangnya sedikit sehingga tugas-tugas pekerjaan yang adadi dalamnya juga tidak terlampau kompleks. (contoh: Struktur Organisasi Lini).2. Organisasi Lini dan Staf Organisasi Lini dan Staf adalah organisasi di mana pimpinan dibantu olehsekelompok staf, yang mempunyai wewenang fungsional memberikan bantuan pemikiran/saran-saran. Sedangkan wewenang komando tetap berada di tangan pimpinan atau kelompok lini, yang melaksanakan tugas-tugas pokok dalamorganisasi dan yang berhak mengambil keputusan terakhir. Bentuk ini lebih sesuaiuntuk organisasi yang besar dengan kegiatan yang banyak dan kompleks danmelibatkan banyak orang. (contoh: Struktur Organisasi Lini dan Staf).3. Organisasi FungsionalOrganisasi Fungsional adalah organisasi di mana orang-orangdigolongkan menurut fungsi atau pekerjaan yang mereka lakukan. Dalam bentuk organisasi fungsional bawahan mendapat perintah dari beberapa kepala bagianyang masing-masing ahli dalam bidangnya. (contoh: Struktur OrganisasiFungsional).4. Organisasi PanitiaOrganisasi Panitia adalah bentuk organisasi yang pimpinannya bersifatkolegial atau dewan, artinya terdiri dari beberapa orang. Segala keputusan diambildan dipertanggung jawabkan secara bersama-sama. (contoh: Struktur OrganisasiPanitia).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->