Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
91Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Operasi Versi DOS

Sistem Operasi Versi DOS

Ratings: (0)|Views: 9,725 |Likes:
Published by alex prayogo
jangann dibajak ya
jangann dibajak ya

More info:

Published by: alex prayogo on May 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
14
Sistem Operasi Versi DOS
Sistem Operasi VersiDOS
 DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. IstilahDOS sering juga disebut MS-DOS (Microsoft DOS). SistemOperasi adalah suatu sistem yang mendasari suatukomputer bekerja atau suatu instruksi yang berfungsiuntuk menggerakkan hardware agar bisa bekerja sesuai dengan kebutuhanuser/pemakai.Jenis sistem operasi yang bekerja menyebabkan komputer mampu menerimaperintah dari pengguna atau user telah dibahas pada bagian PengantarPembelajaran. Sekarang kita akan membahas sistem operasi yang khusus hanyapada DOS Hal-hal yang pokok yang dibahas pada DOS. Ada dua kategori perintah-perintah dalam DOS, yaitu:Perintah Internal dan Perintah Eksternal.
Pengolahan File dan Directory
Dalam pengoperasian DOS terdapat Command-command/perintah yangdikelompokkan dalam 2 kelompok, yaitu: Perintah Internal dan Perintah Eksternal.
Perintah Interna
Perintah Internal adalah perintah yang langsung dapat dijalankan setelah prosesbooting, tanpa harus memerlukan program khusus dari file-file dalam disket atauhardisk. Perintah Internal dimungkinkan karena sistem operasi sudah direkam kedalam memori menjadi program resident. Yang termasuk Perintah Internal adalah:DIR, TYPE, RENAME, ERASE, DELETE, CLS, COPY, DATE, TIME, VER, VOL, VERIFY,PAUSE, PATH, PROMPT, RD, MD, CD.
Perintah Eksterna
Perintah Eksternal adalah perintah yang hanya dapat dijalankan dengan bantuan
home|www.teknisitkj2.blogspot.com / www.stm-terkini.blogspot.comAlex prayogo
 
14
Sistem Operasi Versi DOS
program khusus dari file-file yang terdapat dalam disket atau hardisk. Perintahtersebut baru bisa berjalan bila file yang dijalankan tersebut ada. Yang termasukPerintah Internal, antara lain: FORMAT, DISKCOPY, SYS, ASSIGN, COMP, ATTRIB,LABEL, TREE, EDIT, FDISK, dll.
Perintah Dasar DOS
Menyalin File
Perintah ini berfungsi untuk membuat salinan satu atau beberapa file dari satu disketke disket yang lain, atau dari satu datu disket ke hardisk, dan sebaliknya. Perintahyang digunakan adalah COPY dan XCOPY.Aturan Sintaknya:
C:\>COPY#[nama file Sumber]#[nama direktori file Target][enter]
 Keterangan:[Sumber] : adalah file, direktori dan lokasi yang akan disalin.[Target] : adalah file direktori dan lokasi hasilnya.[/p] : adalah parameter untuk menampilkan informasi proses dan memintaproses tersebut.# : adalah tanda spasi (tekan space bar sekali)[enter] : adalah tekan tombol [enter]
Perintah COP
Perintah COPY adalah perintah internal yang tidak memerlukan file khusus pada MS-DOS.Contoh:C:\>COPY#DATA.BAT#A: [enter]Maksudnya: perintah untuk menyalin file yang bernama DATA yang berektensi (ber-extentantion) BAT dan berada pada drive C ke disket yang berada pada drive A.Ingat antata nama file dan ekstensinya ada tanta titik (.).A:\>COPY#COMMAND.COM#C: [enter]Maksudnya: perintah untuk menyalin (copy) file COMMAND.COM dari A ke C.A:\>COPY#*.TXT#C: [enter]Maksudnya: perintah untuk menyalin semua file yang berekstensi TXT dari drive A kedrive C. Hasilnya, pada drive C akan terdapat semua file yang berekstensi TXT.
home|www.teknisitkj2.blogspot.com / www.stm-terkini.blogspot.comAlex prayogo
 
14
Sistem Operasi Versi DOS
A:\>COPY#*.*#C: [enter]Maksudnya: perintah untuk menyalin semua file drive A ke drive C. Hasilnya, padadrive C akan terdapat semua file yang sama persis dengan file yang ada di drive A.A:\>COPY#F*.*#C: [enter]Maksudnya: perintah untuk menyalin semua file drive A yang dengan nama filediawali dengan huruf F ke drive C. Hasilnya, pada drive C akan terdapat semua filedengan nama dimulai huruf F.A:\>COPY#*.C*#C: [enter]Maksudnya: perintah untuk menyalin semua file drive A yang dengan ekstensidimulai huruf C ke drive C. Hasilnya, pada drive C akan terdapat semua file denganekstensi dimulai huruf C.Masih banyak variasi perintah yang dapat dilakukan, baik mengcopy file dari drive Ake drive C, atau sebaliknya, dan dari atau ke drive-drive yang lainnya.Jadi perintah umumnya:
COPY#[file_Sumber]#[file_Target][enter]
.Contoh berikut adalah cara lain untuk menyalin file dengan perintah COPY dari disketke hardisk C pada folder latdos.
A:\>copy a:\tugas c:\latdos [enter]
Perintah diatas menunjukan perintah untuk mengcopy file pada directory tugas didisket, dan disalin atau dicopykan ke direktori c:\latdos.Contoh lainnya:A:\>copy a:*.* c:\latdos [enter]Digunakan untuk meng-copy semua file dari drive a ke c:\latdosA:\>copy ??g*.* c:\latdos [enter]Digunakan untuk meng-copy semua file yang huruf ketiganya g ke c:\latdos.
Perintah DEL
Perintah DEL adalah perintah internal yang tidak memerlukan file khusus pada MS-DOS, yang berfungsi untuk menghapus nama file yang ada pada drive atau direktoriyang aktif.Bentuk umum dari perintah DEL adalah sebagai berikut:
DEL#[nama_file] [enter]
 
home|www.teknisitkj2.blogspot.com / www.stm-terkini.blogspot.comAlex prayogo

Activity (91)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dwi Margareta liked this
Dennis liked this
Pato Saiko added this note
sedikit tambah tau yang lain dunk
Imam Setiawan liked this
Chixs- Pelani liked this
Tri Mulyani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->