Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengelolaan-kelas

pengelolaan-kelas

Ratings: (0)|Views: 134 |Likes:
Published by Hendi Sulistyanto
Pengelolaan kelas ini semoga bermanfaat bagi guru-guru indonesia
Pengelolaan kelas ini semoga bermanfaat bagi guru-guru indonesia

More info:

Published by: Hendi Sulistyanto on Jul 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
 0
PENGELOLAAN KELAS
 
Oleh :Drs. M. Aunur Rofiq, MA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGAKEPENDIDIKAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALMALANG2009
 
 1
BAB IPENDAHULUAN A. Latar Belakang
Sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas merupakan asetbangsa dan negara dalam melaksanakan pembangunan nasional diberbagai sektor dan dalam menghadapi tantangan kehidupan masyarakatdalam era globalisasi. Sumber daya manusia ini tiada lain ditentukan olehhasil produktivitas lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan, yangterdiri atasi jalur sekolah dan luar sekolah, serta secara spesifikmerupakan hasil proses belajar-mengajar di kelas. Pendidikan jalursekolah terdiri atas tiga jenjang yaitu pendidikan dasar, pendidikanmenengah, dan pendidikan tinggi serta bersifat formal, karenadilaksanakan secara berkesinambungan dan adanya saling keterkaitandalam kurikulum yang diajarkan. Jenjang pendidikan yang lebih tinggi barubisa diikuti apabila jenjang sebelumnya telah selesai diikuti dan berhasil(St. Vembriarto, dkk., 1994).Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan danmembentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalamrangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untukberkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berimandan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yangdemokratis serta bertanggung jawab.Untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional tersebut PemerintahRepublik Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional berupayamengadakan perbaikan dan pembaharuan sistem pendidikan di Indonesia,yaitu dalam bentuk pembaharuan kurikulum, penataan guru, peningkatanmanajemen pendidikan, serta pembangunan sarana dan prasaranapendidikan. Dengan pembaharuan ini diharapkan dapat dihasilkanmanusia yang kreatif yang sesuai dengan tuntutan jaman, yang padaakhirnya mutu pendidikan di Indonesia meningkat.
 
 2
Peningkatan mutu pendidikan akan tercapai apabila prosesbelajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif danberguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap danketerampilan yang diharapkan. Karena pada dasarnya proses belajarmengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, diantaranya guru merupakan salah satu faktor yang penting dalammenentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas. Olehkarena itu guru dituntut untuk meningkatkan peran dan kompetensinya.Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajaryang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasilbelajar peserta didik berada pada tingkat yang optimal. Adam dan Decey(dalam Usman, 2003) mengemukakan peranan guru dalam proses belajarmengajar adalah sebagai berikut: (a) guru sebagai demonstrator, (b) gurusebagai pengelola kelas, (c) guru sebagai mediator dan fasilitator serta (d)guru sebagai evaluator.
B. Kompetensi Yang Hendak Dicapai
Setelah menyelesaikan materi pelatihan ini, peserta diharapkan dapatmembimbing teman guru dalam menciptakan lingkungan belajar yangefektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajarpeserta didik berada pada tingkat yang optimanl.
C. Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diklat diharapkan dapat:1. Memahami pengertian pengelolaan kelas2. Memahami tujuan pengelolaan kelas3. Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan kelas4. Menjelaskan komponen-komponen keterampilan pengelolaan kelas5. Menjelaskan pengelolaan kelas yang efektif 6. Membedakan antara pengelolaan kelas dengan pengelolaanpengajaran.7. Menjelaskan usaha-usaha preventif masalah pengelolaan kelas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->