Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Zaman Sebelum Sokrates

Zaman Sebelum Sokrates

Ratings: (0)|Views: 163|Likes:
Published by nmiftan

More info:

Published by: nmiftan on Jul 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/10/2014

pdf

text

original

 
Filosofi
Zaman Sebelum Sokrates
1
 
BAB IIPEMBAHASAN
A. FILSAFAT ZAMAN PRA SOCRATES
Filsafat pertama kali muncul di Yunani pada sekitar abad VI SM. Padamasa ini yang dijadikan permasalahan pokok adalah mengenai alam sehinggafisoluf pada zaman ini disebut dengan filosuf alam (
cosmos
).Mereka berfikir dari mana terjadinya alam, pemikiran inilah yangmerupakan pemikiran maju, rasional, dan radikal.sebab dimasa itu sebagian banyak dari orang-orang hanya menerima begitu saja mengenai keadaan alam,tanpa befikir lebih jauh mengenai alam semesta ini. Para filosuf berusaha mencariketerangan untuk mendapatkan inti dasar alam ini.
B. FILOSUF-FILOSUF YANG TERGOLONG FILOSUF ALAM
1. THALES (625-545 SM
Thales adalah seorang saudagar yang banyak berlayar ke negeri Mesir. Padamasa itu ada kesempatan baginya untuk mempelajari ilmu matematik dan ilmuastronomi. Ada cerita yang mengatakan dia seorang ahli nujum dan dia sangatmenyisihkan diri dari pergaulan luar. ia senantiasa berfikir dan pikirannya terikat pada alam semesta. kesimpulan pemikiran thales mengenai alam ini adalahsemuanya itu air . Air yang cair itu adalah pangkal, pokok, dan dasar segala-galanya.semua barang terjadi dari air dan semuanya kembali kepada air pula.Sekianlah tentang flosufi Yunani yang pertama itu. Pandangan pikirannyamenyatukan semua pada air!
.
1
Air asal dan akhir.Thales adalah bapak filosuf Yuanani.
1
 
Mohammad Hatta,
 Alam Pikiran Yunani,
Penerbit Universitas Indonesia, Jkarta, 1998, hlm. 8.
 
 
Filosofi
Zaman Sebelum Sokrates
2
 
2. ANAXIMANDROS (610-574 SM
Anazimandros adalah salah satu murid dari Thales. Anazimandros adalahseorang ahli astronomi dan ilmu bumi. Sebagai filosuf dia lebih besar darigurunya. Oleh karena itu meskipun ia murid Thales, namun mempunyai prinsipdasar alam memang satu akan tetapi prinsip dasar tersebut bukanlah dari jenis benda alam sepert air sebagaimana yang dikatakan gurunya. Prinsip dasar dari jenis yang tak terhitung dan tak terbatas yang olehnya disebut apeiron.Jadi menurut anaximandros segala sesuatu yang tampak dan terasa semuanyaitu memilki akhir dan akan timbul, hidup, mati dan lenyap. Semuanya itu trjadidari ada Apeiron dan kembali kepada Apeiron. Segala sesuatu yang tampak danterasa, segala yang dapat ditentukan rupanya dengan panca indra kita, semuanyaitu mempunyai akhir.Jadi jika kita melihat sifat-sifat yang diberikan oleh Anaximandros tentangapeiron yaitu sebagai zat/sesuatu yang tak terhingga, tak terbatas, tak dapatdiserupakan dengan alam, maka barangkali yang dimaksud dengan apeiron adalahTuhan.
2
 
3. ANAXIMENES (585-494 SM
Filosuf alam yang terakhir dari kota Milates ini adalah murid dariAnaximadros.Setelah meninggalnya Anaximenes kemajuan filosuf di Milates berakhir karna diserang dan ditaklukan oleh bangsa persia.Pemikiran Anaximenes tentang kejadian alam sama dasarnya denganAnaximadros. Hanya saja dia tak menerima ajaran Anaxmadros, bahwa barangyang asal itu tak ada persamaannya dengan barang yang lain dan tak daoatdirupakan. Baginya yang asal itu mestilah satu dari yang ada dan yang tampak.Barang yang asal itu ialah udara. Udara itulah yang satu dan tak terhingga.Sebagai kesimpulan ajarannya dikatakan " Sebagaimana jiwa kita, yang tak laindari udara, menyatukan tubuh kita, demikian pula udara mengikat dunia ini jadisatu".
3
 
2
2 Drs. H. Syadali Ahmad, M. A., Filsafat umum, Penerbit Pustaka Setia, Bandung, 1999, hlm. 44.
3
2 Drs. H. Syadali Ahmad, M. A., Filsafat umum, Penerbit Pustaka Setia, Bandung, 1999, hlm. 45.
 
Filosofi
Zaman Sebelum Sokrates
3
 
Baru dimasa inilah untuk pertama kali pengertian jiwa masuk ke dalam pemikiran filosufi. Tetapi tidak ada kelanjutan dari pemikiran ini. abaruAristoteles yan memulai mengupasnya. Dengan itulah yang menjadi dasar hidupnya ilmu baru yaki Psikologi. Anaximenes juga berpendapat bahwakepentingan jiwa itu tampak olehnya dalam hubungan alam besar saja. Jiwamenyusun tuuh manusia jadi satu dan menjaga supaya tubuh itu jangan gugur dan bercerai-berai dan juga alam besar itu ada karena udara. Udaralah yang jadi dasar hidupnya. Ia juga mengemukakan soal baru yang belum ada pada filosuf sebelumnya. Mereka bertiga berpendapat, bahwa ada asal dan ada yang menjadi pokok segalanya. Tetapi Anaximenes lebih maju dari filosuf sebelumnya dengan bertanya: "gerakan apakah yang menjadi sebab terjadinya alam yang lahir yang banyak ragam dan ,macamanya dari barang asal yang satu itu?". Dan ia mencari jawaban dari pengalaman. Semuanya terjadi dari udara.Menurutnya, ruh adalah udara, api juga udara-udara dalam keadaan memua jika dipadatkan maka mula-mula menajdi air kemudian dipadatkan lagi menjaditanah, dan akhirnya menajdi batu.
4. PYTHAGORAS (580-500 SM
Pytagoras adalah ahli pikir yang terkenal di kepulauan samos di negeri yunani pula. Dikota itu didirikan suatu perkumpulan agama yang disebut kaum pythagoras. Menurut berbagai keteragan Pythagoras terpengaruh oleh aliranmistik yang bernama Orfinisme. Ajaran tarikat Pythagoras ialah mendidimkebatnan dengan mensucikan ruh .Dia percaya bahwa akan ada perpindahan jiwadari makhluk yang sekarang kepada makhluk yang akan datang.Pemikiran pokoknya ialah "bahwa notasi matematika merupakan realitas asaliyang membentuk dinamika alan semesta" Dialah yang mengemukakan teori darihal angka-angka yang menjadi dasar ilmu menghitung. Sehingga kita bisamengenal yang namnya rumus segitiga Pythagoras., Ia beranggapan bahwahakikat dari segala ssuatu adalah angka dan dunia ilmu pasti menurutnya adalahkesempurnaan.,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->