Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penerapan Teknologi Pendidikan Dl

Penerapan Teknologi Pendidikan Dl

Ratings: (0)|Views: 121|Likes:
Published by Rachman Hidayat
Penerapan Teknologi Pendidikan Dl
Penerapan Teknologi Pendidikan Dl

More info:

Categories:Food & Wine
Published by: Rachman Hidayat on Jul 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/26/2014

pdf

text

original

 
PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Dl NEGARA MAJU DAN NEGARABERKEMBANG
 
A.
 
Perkembangan Teknologi Pendidikan di Negara Berkembang
 Menurut analisa G. Pracharopoulus Negara berkembang investasi dalamsumber daya manusiawi mempunyai nilai ekonomisyang lebih tinggi dari investasidalam bidang fisik, sena dalam bidang pendidikan berpengaruh pada pertumbuhanekonomi. Dean Jamison membuat analisa pendidikan di Indonesia yang satu kesimpulan yaitu: 1.Untuk mempertahankan angka partisipasi pendidikan dasar pada taraf yang tetapbelanja pendidikan harus dilipat duakan pada tahun berikutnya. 2. Angka partisipasi akan turun menjadi 15% bila pertambahanbelanja pendidikan sama dengan kenaikan ongkos nyata. 
Peranan dan Kecendrungan Teknologi Pendidikan
 Teknologi pendidikan dapat dikatakan sebagai alternatif pemecahan berbagaimasalah pendidikan. Suatu komisi yang dibentuk oleh AECT memmuskan TPsebagai suatu bidang yang berkepentingan dengan kegiatan manusia yang secarasistematis mengidentifikasi, mengembangkan. mengorganisasikan segala macamsumber belajar. termasuk pengelolaan.  Aplikasi teknologi pendidikan dapat diamati dengan :1. adanya system peralatan untuk menyajikan informasi 2. terintegrasinya system peralatan tersebut sebagai suatu sub system dalam system pendidikan 3. dilaksanakannya salah satu kegiatan seperti : Ø Perubahan fisik dan tempat belajar  Ø Hubungan guru dan murid yang tidak langsung Ø Aktifitas anak didik yang relative bebas dari control guru Ø Perubahan peranan dan kecakapan guru Ø Jumlah, macam dan komposisi biaya yang berbeda. Tiga kecendrungan umum dalam kemampuan penyajian yaitu : 1.dipakai secara massa yang meliputi radio, televisi. teleblackboard. 
 
2.dipakai dalam kelompok baik kecil maupun besar, seperti proyektor film, overhead, kaset. pita. dll. 3.dipakai secara individual seperti mesin belajar. computer dan teks pengajaran individual. Lima kecendrungan dari segi penggunaan yaitu : 1. meningkatkan mutu pendidikan 2. melatih/menatar guru 3. memperluasjangkauan sekolah 4. pendidikan dasar dan buta huruf  5. pendidikan orang dewasa dan pembangunan masyarakat 
Proses Pengembangan
 Proses pengembangan dapat dianalisis kedalam 3 kelompok :perencanaan.pelaksanaan. dan penilaian. Perencanaan merupakan proses permulaan sebelum adanya keputusan kebijakan. Pelaksanaan kegiatan pengembangan merupakan lanjut perubahan peranandan kecakapan guru an dari perencanaan,dimana dalam pelaksanaan ini bertujuanuntuk menjalanka.n apa-apa yang sebelumnya telah direncanakan Peniaian merupakan kegiatan mengevaluasi apa yang telahdilaksanakan,apakah sudah maxsimal atau sama sekali tidak berpengaruh terhadapsuatu kegiatan 
B.
 
Perkembangan Teknologi Pendidikan di Negara Maju
 Pemanfaatan siaran radio pendidikan meluas sampai ke daerah daerahterpencil yang jauh dari lokasi sekolah.medi pembelajarn tidak hanya radiopendidikan,ttetapi juga menggunakan televise pendidikan,dimana yang padamulanya itu hanya di gunakan untuk hiburan,tetapi karena kemajuan teknologi dankemampuan berfikir yang cepat,maka mereka menjadikannya sebagai mebia untukpembelajaran. 
Perbedan Tujuan Penerapan Teknologi Pendidikan di Negara Maju danBerkembang
 
1.
 
Tujuan penerapan teknologi pendidikan di Negara maju
 
 
 
Di Australia dan new Zealand pemanfaatan siaran radio untuk pendidikantelah meluas sampai daerah terpencil. Di jepang media pembelajaran yang dgunakan adalah tv dan alaykomunikasi lainnya. Pada mulanya hanya untuk hiburan dan alat-alat panyampaianpesan penerapan dan kemudian para ahli melihat media ini untuk dimanfaatkanuntuk pendidikan.
2.
 
Tujuan penerapan teknologi pendidikan di Negara berkembang
 Diniger memanfaatkan media teknologi komunikasi dalam system pendidikannasional. Pada tahun 1964 siaran televise pendidikan dikembangkan, sasaranumatnya adalah para guru sekolah dasar. Sasaran lain yang harus cepatterselesaikan di niger adalah pemberantas buta huruf. 
Perbedaan Kegiatan Penerapan Teknologi Pendidikan di Negara Maju danBerkembang
 
1. Kegiatan penerapan TP di Negara maju
 Kegiatan penerapan TP di Negara maju dalam pembelajaran biasa dantumbuh serta berkembang antara lain: a. Kegiatan pemanfaatan TP secara massaTeknologi pada Negara maju telah digunakan oleh semua orang, darimasyarakat kecil, kalangan pejabat dan petinggi Negara dan yang paling utamatentu digunakan oleh para pelajar dan berbagai ahli. Contoh teknologi yang dimanfaatkan adalah internet yang mereka gunakansesuai dengan profesi yang mereka miliki. b. Kegiatan kelompok belajar Disini kelompok belajar ini dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran dandisinilah para pelajar bisa bertukar pikiran dan menyelesaikan suatu persoalandengan jalan bersama untuk memperoleh hasil yang maksimal. c. Kegiatan belajar individualKegiatan seperti ini mungkin lebih efektif dilakukan oleh kalangan tertentu, karenadengan belajar secara individual mereka dapat mengembangkan potendi yangterdapat didalam dirinya. Kegiaatanya biasanya menggunakan berbagai mediaseperti mesin belajar, computer dan teks pengajaran individual terprogram. 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->