Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1

1

Ratings: (0)|Views: 68|Likes:
Published by Taryadi

More info:

Published by: Taryadi on Jul 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
1. 1 BAB I PENDAHULUANA.Latar BelakangSesuai dengan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional, bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkankemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional tersebut dapat dimaknai bahwa dalam proses penyelenggaraan kegiatan pendidikan baik intrakurikuler, kokurikuler danekstrakurikuler maupun secara keseluruhan hendaknya mampu mengembangkan potensi pesertadidik secara menyeluruh dan seimbang beragam kecerdasan, yang meliputi: . Kecerdasanspiritual (olahhati); untuk memperteguh keimanan dan ketaqwaan, meningkatkan akhlak mulai, budi pekerti atau moral dan enterpreneurship. 2. Kecerdasan intelektual (olahpikir); untuk membangun kompetensi dankemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi. 3. Kecerdasanemosional (olahrasa); untuk meningkatkan sensitivitas, dayaapresiasi, daya kreasi, serta dayaekspresi seni dan budaya. 4. Kecerdasan kinestetis (olahraga); untuk meningkatkan kesehatan,kebugaran, daya tahan, kesigapan fisik, dan keterampilan kinestetis.
2. 2Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler merupakan bentukkegiatanyang pada dasarnya untuk memacu siswa menjadi semakin cerdas,seperti yang dimaksud dalammakna beragam kecerdasan. Oleh karena itu,pelaksanaan kegiatan pembinaan kesiswaan harussinergi dengan kegiatanintrakurikuler dalam mencapai tujuan pendidikan sebagaimanadiamanatkanUndang-undang Sistem Pendidikan Nasional, dan secara operasional diatur dalamPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun2006 danPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39Tahun 2008 serta peraturan/edaran yang telah diterbitkan oleh DirektoratJenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Mandikdasmen).Dalam pelaksanaannya, pembinaan kesiswaan padasetiap sekolah atau daerahmemiliki perbedaan baik dari segi manajemen, perencanaan maupunteknispembinaannya. Oleh karena itu, Pembinaan Kesiswaan di SMA Negeri 1Laranganmembuat strategi dan pola pembinaan kesiswaan sesuai dengankekhasan lokal dengan tanpameninggalkan pedoman yang telah dibuat olehDirektorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah melaluiDirektorat Sekolah Menengah Atas (Dit. PSMA). Diharapkan ProgramPembinaanKesiswaan SMA Negeri 1 Larangan ini dapat menjadi acuan bagi pelaksanaanpembinaan kesiswaan di SMA Negeri 1 Larangan dalam mewujudkan pembinaankesiswaan yang semakin kondusif untuk mendukung tercapainya kualitaspendidikandan daya saing global.
3. 3B. Landasan Hukum 1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas); 2. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; 3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; 4. Peraturan Menteri Pendidikan NasionalRepublik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi; 5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan; 6.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentangStandar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah; 7. PeraturanMenteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang PeraturanPembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa;
 
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentangPembinaan Kesiswaan;C. Tujuan Program Pembinaan Kesiswaan ini bertujuan sebagai acuanuntuk: 1. Merencanakan dan melaksanakan program kegiatan pembinaan Kesiswaan selamaTahun Pelajaran Berjalan; 2. Mengoptimalkan sekolah dalam upaya menigkatkan prestasiakademis maupun nonakademis sesuai dengan kemampuan dan kondisi sekolah;
4. 43. Membekali warga sekolah khususnya pembina kesiswaan untuk melaksanakan programkegiatan kesiswaan yang berkualitas dan terpadu untuk mencapai hasil yang maksimal;4.Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan kesiswaan baik dari segi perencanaan, pelaksanaan maupun hasil-hasilnya.5. Mengembangkan potensi siswa secaraoptimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas;6. Memantapkan kepribadiansiswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;7.Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;8.Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis,menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civilsociety).
5. 5 BAB II PEMBINAAN KESISWAANSMA Negeri 1 Larangan Tahun Pelajaran2012/2013 melaksanakan programpembinaan kesiswaan dalam rangka mengembangkan potensisiswa sesuaidengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yaitu siswa yang berimandan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri,dan menjadi warganegara yang demokratis sertabertanggungjawab, diperlukan pembinaankesiswaan secara sistematis danberkelanjutan.Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, materikegiatan kesiswaan meliputi: 1. Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME; 2.Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia; 3. Pembinaan kepribadian unggul, wawasankebangsaan, dan bela negara; 4. Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai denganminat dan bakat; 5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkunganhidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural; 6. Pembinaan kreativitas,keterampilan dan kewirausahaan; 7. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasissumber gizi yang terdiversifikasi; 8. Pembinaan sastra dan budaya; 9. Pembinaan TeknologiInformasi dan Komunikasi (TIK); 10. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris.
6. 6Sesuai dengan keadaan dan karakteristik sekolah serta bakat minat siswa SMANegeri 1Larangan, maka penjabaran materi tersebut di atas terpadu dengankegiatan-kegiatan secaramenyeluruh di sekolah yang meliputi kegiatanpembelajaran di kelas, program pembiasaan,kegiatan OSIS, kegiatanekstrakurikuler, program STP2K, dan Pembinaan Nasionalisme.A.Kegiatan Pembelajaran di Kelas Guru pengampu mata pelajaran melaksanakan pembinaan secarakontinue dan terpadu dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang meliputi pembinaankarakter, nasionalisme, dan kewirausahaan dengan mempertimbangkan relevansi dan kapasitasmata pelajaran. Sedangkan wali kelas melaksanakan tupoksinya dalam kegiatan perwalian bagisiswanya.B. Program pembiasaan Program pembiasaan yang diterapkan di SMA Negeri 1Larangan meliputi: 1. Saling berjabat tangan apabila bertemu; siswa dengan siswa, siswa denganguru dan karyawan, sesama guru dan karyawan 2. Memungut sampah yang berserak danmenaruhnya di tempat sampah yang disediakan. 3. Senyum, salam, sapa, santun, sopan, serius 4.
Sholat dhuha 5. Jum’at bersih 6
. berdoa sebelum memulai pelajaran, dan setelah selesai pelajaranterakhir 7. Laporan ketua kelas setiap memulai pelajaran 8. Menyanyikan lagu-lagu nasional
 
7. 7 9. Upacara bendera hari senin 10. Melakukan penghormatan ketika bendera dikibarkan 11.Pengibaran bendera setiap pagi dan penurunan bendera ketika pulang. 12. kelompok diskusi 13.Sholat Dhuhur berjamaahC. Kegiatan OSIS Kegiatan OSIS meliputi 10 bidang yaitu: 1.Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, antara lain : a)Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing- masing; b) Memperingatihari-hari besar keagamaan; c) c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;d) Membina toleransi kehidupan antar umat beragama; e) Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan; f) Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.2. Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain : a) Melaksanakan tata tertib dankultur sekolah; b) Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial); c) Melaksanakannorma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan; d) Menumbuhkembangkan kesadaranuntuk rela berkorban terhadap sesama; e) e. Menumbuhkembangkan sikap hormat danmenghargai warga sekolah; f) f. Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban,keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).
8. 83. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara, antara lain : a)Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta hari-hari besar nasional; b) Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne); c) Melaksanakan kegiatankepramukaan; d) Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah; e) e.Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan; f) Melaksanakan kegiatan bela negara; g) Menjaga dan menghormati simbol-simboldan lambang-lambang negara; h) Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.4.Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat,antar lain : a)Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian; b) Menyelenggarakan kegiatan ilmiah; c)Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan danteknologi (iptek); d) Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempatsumber belajar; e) Mendesain dan memproduksi media pembelajaran; f) Mengadakan pamerankarya inovatif dan hasil penelitian; g) Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah; h)Membentuk klub sains, seni dan olahraga;
9. 9 i) Menyelenggarakan festival dan lomba seni; j) Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik,lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakatplural, antaralain : a) Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya b) masing-masing; c) Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa; d) Melaksanakan kegiatandengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional; e) Melaksanakan kewajiban dan hak diridan orang lain dalam pergaulan masyarakat; f) Melaksanakan kegiatan kelompok belajar,diskusi, debat dan pidato; g) Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan; h) Melaksanakan penghijauan dan perindanganlingkungan sekolah.6. Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain : a)Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna; b) Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa; c)Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produkdsi; d) Melaksanakan praktek kerja nyata(PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerim);
10. 10 e) Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus;7. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber giziyang terdiversifikasi antara lain : a) Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat; b)Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS); c) Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->