Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah akhlakul karimah

makalah akhlakul karimah

Ratings: (0)|Views: 611 |Likes:
Published by Jafar Muhammad
akhlakul karimah
akhlakul karimah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Jafar Muhammad on Jul 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2014

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR 
Segala puji bagi ALLAH SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikanMakalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akansanggup menyelesaikan dengan baik.Makalah disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang STRUKTUR DAN PENAMAANSENYAWA KETON / ALKANONMakalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datangdari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran danterutama pertolongan dari Tuhan akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.
” 
dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati. SemogaMakalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. WalaupunMakalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya.Terima kasih.Penulis, 04 Februari 2012Penulis
 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
 Barangsiapa yang ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya, hendaknya dia jujur dalam berbicara, menunaikan amanat, dan jangan menyakiti tetangganya.”
(HR. Al-Baihaqi).Akhlakul karimah merupakan indicator kebaikan seseorang, sebagai ukuran baik atau tidaknya manusia yang hanyalah penilaian secara relative dapat diukur denganakhlak yang ia miliki, cara bersantun kata serta cara ia berbuat. Baik pada tetangga, jujur dan menghormati orang yang lebih tua.Penting dibahas tentang akhlakul karimah, dengan harapan terciptanyamahasiswa yang berilmu, karena dengan ilmu lah maka orang dapat melakukan perbuatan secara cerdas, dengan mengetahui akan dirinya dan Tuhanya maka ia dapatmenjadi manusia yang berakhlakul karimah.Oleh karena itulah pentingya dikaji mengenai masalah akhlakul karimah secaraumum dan studi kasus yang dibatasi pada silabus Mata Kuliah Hadis ini. Untuk lebih jelas mengenai masalah ini akan dibahasas pada bab selanjutnya.
B.Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui :1.Makna akhlakul karimah2.Contoh penerapan Akhlakul Karimah3.Manfaat berakhlakul karimah
C.Rumusan Masalah
1.Seberapa penting peran kejujuran dalam bermasyarat?2.Mengapa akhlak dapat dijadikan indicator kebaikan seseorang?
D.Metode Penulisan
Metode penulisan pada makalah ini adalah kajian kepustakaan atau libraryresearch.
 
BAB IIAKHLAKUL KARIMAH
Moral adalah prinsip-prinsip yang berhubungan dengan benar atau salah, pengertiantentang perbedaan antara salah dan benar. Sedangkan akhlak ialah seperangkat tata nilai yang bersifat samawi dan azali, yang mewarnai cara berfikir, bersikap dan bertindak seorangmuslim terhadap alam lingkungannya.Menurut Al-Ghazali Akhlak ialah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa yangdaripadanya timbul perbuatan-perbuatan dengan mudah, dengan tidak memerlukan pertimbangan pikiran lebih dahulu. Akhlak umumnya disama artikan dengan arti kata budi pekerti, kesusilaan atau sopan santun dalam bahasa Indonesia, atau tidak berbeda pula denganarti kata ethic (etika).
A.Orang yang baik adalah orang yang baik akhlaknya
Kebaikan selalu dinilai relative oleh manusia, artinya relative adalah setiapmanusia menilai sisi kebaikan itu dari berbagai aspek, akhlak adalah salah satuindicator baik atau tidaknya seseorang. Orang yang beraklhak mulia sudahlah tentumenjadi orang yang baik. Jika kita membahas mengenai akhlak, Apabila kita berbicaratentang etika ini, maka akan kita temukan beberapa pengertian antara lain :a.Etika, yaitu : Sistem daripada prinsip-prinsip moral, dapat juga berarti rules of conduct, kode sosial (social code), etika kehidupan. Dapat juga berarti ilmu pengetahuan tentang moral atau cabang filsafat. b.Ethos (jiwa), yaitu karakteristik dari masyarakat tertentu atau kebudayaan tertentu.c.Esprit (semangat) : semangat d’corps, loyalitas dan cinta pada kesatuan, kelompok,masyarakat, pemerintah dan lain-lain.d.Rule (ketentuan, peraturan), yaitu ketentuan-ketentuan dalam kebiasaan pergaulanmasyarakat yang memberi pedoman atau pengawasan atau kegiatan tentang benar dansalah.e.Norma, Merupakan standar, pola, patokan, ukuran, kriteria yang mantap darimasyarakat atau pemerintah.f.Moral, Prinsip-prinsip yang berhubungan dengan benar atau salah, pengertian tentang perbedaan antara salah dan benar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->