Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
1Activity
P. 1
PETUNJUK PRAKTIKUM-4

PETUNJUK PRAKTIKUM-4

Ratings: (0)|Views: 25 |Likes:
Published by IwanHariyanto

More info:

Published by: IwanHariyanto on Jul 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

 
 Bio-Umum 06 
1
 
PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM
KATA PENGANTAR
Matakuliah Praktikum Biologi Umum (1 SKS) diberikan untuk mendukung secaralangkung materi kajian dalam perkuliahannya. Secara umum, matakuliah ini bertujuan untuk memberi wawasan tentang Biologi sebagai ilmu dan lingkung persoalan Biologi secara lebihutuh. Karena misinya adalah untuk membuka kebulatan wawasan, maka materi kajiannyamasih bersifat “superficial” atau “elementer”, global atau menyeluruh, menyangkut tema-tema besar Biologi. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan praktikum ini, mahasiswamemiliki pengalaman dasar yang lebih mantab, dan dapat digunakan untuk mempelajariBiologi lebih lanjut. Bagi Mahasiswa di luar Prodi. Biologi, matakuliah Biologi umum ini juga diharapkan memberikan wawasan dasar Biologi yang relatif sama (“semacammatrikulasi”), sehingga seakan dapat menjadi bagian kehalian “bidang minor”, selain bidangmayor yang ditekuninya. Di antara tema-tema besar persoalan biologi dengan perspektif struktur bioilogi menurut BSCS, tema “Science as Inquiry” sangat mendapat penekanan.Terdapat tiga topik kegiatan dasar menunjang ke arah penghayatan tema tersebut yakni :“Mengenal gejala biologi (1), Mengenal persoalan Biologi (2) dan Belajar cara memecahkanmasalah biologi (3)”.Buku Petunjuk Praktikum Biologi Umum ini baru dapat dimanfaatkan sebagai pedoman minimal. Topik-topik kajian dalam Petunjuk Praktikum edisi ini memamng masihsangat terbatas, dan perlu penyempurnaan terus menerus, sekaligus dalam upayanyamendinamisir persoalan kajian yang menjadi salah satu butir penting pengembanganmatapraktikum Biologi Umum. Semoga kegiatan dapat dikembangkan menjadi lebih “hidup”dengan ide-ide kreatif para pengelola kegiatan praktikumnya. Mohon saran dan kritik yangmembangun untuk perbaikan di masamendatang.
Penyusun(Drs. Suyitno Al., MS)
 
 Bio-Umum 06 
2
TUJUAN UMUM
Matakuliah Biologi Umum yang diberikan pada semester awal, melalui kegiatan perkuliahan dan praktikum, dimaksudkan untuk beberapa kepentingan, a. l :1.
 
Mengenalkan profil biologi sebagai ilmu dan karakteristika cara pengembangannya. Halini menjadi tujuan yang sangat ditonjolkan, terutama bagi mahasiswa Jurusan PendidikanBiologi yang akan mendapat pendalaman2.
 
 berbagai bidang atau cabang ilmu Biologi di kemudian hari.3.
 
Memberikan kemampuan dasar biologi atau wawasan minimal yang sama bagi paramahasiswa untuk dapat belajar Biologi lebih lanjut.4.
 
Bagi mahasiswa Jurusan lain (Kimia, Fisika), Bilogi umum diharapkan dapatmemberikan kelengkapan pengalaman atau wawasan dasar ke-IPA-an, sekalaigusmerupakan keahlian minor selain keahlian mayor yang ditekuninya.
TUJUAN KHUSUS
1.
 
Mengenalkan permasalahan-permasalahan biologi elementer untuk memberi kan pengalaman dan wawasan tentang lingkup persoalan biologi secara lebih utuh2.
 
Memberikan keterampilan dasar dalam memecahkan masalah-masalah biologi berdasar sikap dan prosedur ilmiah
 
 Bio-Umum 06 
3
 PENGANTAR :MENGENAL BIOLOGI SEBAGAI ILMU
A.
 
Ciri Biologi Sebagai Ilmu
Biologi sebagai ilmu memiliki beberapa ciri penting, meliputi :1. Adanya
objek kajian
, yakni makhluk hidup di lingkungannya2.
Persoalan
, yaitu pertanyaan yang timbul terhadap gejala-gejala dimunculkan, melekat pada objek.3.
Metode
dan
pendekatan.
Aspek metode
 
menyangkut kaidah-kaidah / langkah-langkah / prosedur ilmiah/ metode ilmiah, sedangkan pendekatan terkait dengan cara pandang suatu masalah dipecahkan. Pendekatan pemecahan masalah biologi yaitu
observasi eksploratif dan eksperimen atau percobaan (critical experiment
,
quasyexsperiment).
Untuk hal-hal tertentu kadang masih terasa adanya
trial and error
.Pendekatan juga dapat dilihat dari perspektif lain seperti pendekatan ekologis, pendekatan molekuler, pendekatan social ekonomi, transdisipliner, multidicipliner, dsb.4. Sejarah
perkembangan konsep
. Biologi sebagai ilmu yang “hidup” karena secaraintensif ditopang ooleh kegiatan “research” yang berkelanjutan, maka terjadi perkembangan konsep. Timbul thesis antithesis, konsep lama dikoreksi, dandihasilkan konsep-konsep baru. Biologi memiliki kesejarahan (history of biology),seperti halnya ilmi Sains yang lain.5. Adanya
kemanfaatan
bagi kemaslahatan manusiaKomponen objek, persoalan dan cara pendekatan merupakan komponen pokok pada biologi.
B. Struktur ilmu Biologi
Pada objek biologi, melekat berbagai gejala, baik gejala benda maupun peristiwa,yang menyimpan segudang persoalan yang menantang untuk digali dan kaji. Pengkajiandilakukan untuk memecahkan persoalan, antara lain mengungkap karakteristika objek maupun menggali mengenai latar belakang munculnya fenomena yang dimaksud.Fenomena pada objek sangat variatif, dan berubah-ubah menurut dimensi ruang danwaktu. Dinamika respons ini justru menjadikan persoalan-persoalan biologi menjadimisteri yang sangat menarik dan menantang untuk dikaji.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->