Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fungsi Manajemen Strategis Dalam Sebuah Perusahaan

Fungsi Manajemen Strategis Dalam Sebuah Perusahaan

Ratings: (0)|Views: 217|Likes:
Published by Eyang Seo Zanwar
dalam sebuah perusahaan diperlukan manajemen strategis
dalam sebuah perusahaan diperlukan manajemen strategis

More info:

Published by: Eyang Seo Zanwar on Jul 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/06/2013

pdf

text

original

 
Fungsi Manajemen Strategis dalam Sebuah PerusahaanBanyak sekali peranan dan fungsi manajemen yang strategis di dalam sebuah perusahaan. Kali inisaya akan membahas fungsi dan peranan manajemen yang strategis dalam membantu kelancarandan kemajuan sebuah perusahaan. Tapi tidak hanya berdampak positif, fungsi manajemen yangstrategis pun memiliki dampak negative.Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam prosesmanajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapaitujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernamaHenry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitumerancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.Fungsi manajemen dalam perusahaan memegan peranan yang penting untuk menigkatkan kinerjadalam suatu organisasi. yang didukung oleh Visi dan Misi.Manajemen strategi membatu perusahaan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang tidak siapdiantisiapasi oleh perusahaan dalam kondisi sekarang. Krisis ekonomi global adalah kendala utamayang sering diabaikan oleh semua perusahaan ketika situasi ekonomi sedang baik danmenguntungkan, namun ketika situasi berubah terbalik maka peran manajemen strategi menjadisangat penting dan diperlukan. Akan sangat terlambat bagi perusahaan untuk menerapkanmanajemen strategi ketika perusahaan sudah diambang masalah besar. Karena waktu tidak bisadiprediksi dan situasi tidak bisa kita perkirakan.Manajemen Strategi membantu organisasimengumpulkan, menganalisis, dan mengatur informasi.Manfaat Non Keuangan: Meningkatkan produktivitas karyawan dan pemahaman strategi kompetitordari hasil penelitian menunjukan bahwa organisasi yang menggunakan konsep manajemen strategilebih menguntungkan dan berhasil dibandingkan orang-orang yang tidak. Perusahaan yangmenggunakan Manajemen strategi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penjualan,profitabilitas dan produktivitas dibandingkan dengan perusahaan tanpa perencanaan kegiatansistematis.fungsi tujuan bagi perusahaan :- sebagai motivasi- sebagai legitimasi- sebagai dasar organisasi- mengkhususkan dari pada misi- sebagai pedomanfungsi merger :- mendapatkan teknologi baru- mengurangi wajib pajak- memperoleh akses ke distributor, pelanggan, produk, pemasok, dan kreditor.- mengurangi personel manajerial- memperoleh skala ekonomis
 
Fungsi-Fungsi Manajemen
Pengertian dan Fungsi-Fungsi Manajemen (Definition andFunctions of Management)
A. Pengertian Manajemen (Definition of Management)
Kata
Manajemen
berasal dari bahasa Prancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Katamanajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561)
maneggiare
yang berarti
“mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin
manus
 
yang berati “tangan”. Bahasa Prancis mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi
ménagement 
, yang memiliki arti
 seni melaksanakan dan mengatur 
. Mary Parker Follet,misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan oranglain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagaisebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (
 goals
) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuandapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang adadilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen,terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemenmengandung tiga pengertian yaitu : 1. Manajemen sebagai suatu proses, 2. Manajemensebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen, 3. Manajemensebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science) Menurut pengertianyang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikanoleh para ahli.
 
Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu prosesdengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
 
Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melaluikegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yangsama.Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukanaktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitasmanajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen. Menurut pengertian yang ketiga,manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai inipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen adalah senidan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya. Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.Manajemen adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah kecakapan yangdiperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen. Menurut
Mary Parker Follet
manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan caramengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu,
 
 bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri. Menurut JamesA.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan,dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasiuntuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebutsaling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
B. Fungsi-Fungsi Manajemen (Management Functions)
Fungsi manajemen adalah elemen-elemendasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikanacuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol padaawal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang,mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelimafungsi tersebut telah diringkas menjadi empat, yaitu:1.
 
Perencanaan (
planning 
)
adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengansumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaansecara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudianmelihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhitujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsimanajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.2.
 
Pengorganisasian (
organizing 
)
dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudahmanajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapatdilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harusmengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.3.
 
Pengarahan (
directing 
)
adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semuaanggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaanmanajerial dan usahafungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut:
Planning
Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yangsederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakanuntuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Menurut Stoner Planning adalah prosesmenetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran.
Organizing
 Organizing (organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yangterstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
Leading
Pekerjaanleading meliputi :
 
Mengambil keputusan.
 
Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
 
Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
 
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapaitujuan yang ditetapkan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->