Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
104966755 Pericardial Effusion

104966755 Pericardial Effusion

Ratings: (0)|Views: 2|Likes:
Published by Kimberly Solis

More info:

Published by: Kimberly Solis on Jul 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2014

pdf

text

original

 
DEFINISI
 Efusi perikardium adalah penumpukan cairan abnormal dalam ruang perikardium. Inidapat disebabkan oleh berbagai kelainan sistemik, lokal atau idiopatik. Cairan tersebut dapat berupa transudat, eksudat, pioperikardium, atau hemoperikardium. Efusi pericardium bisaakut atau kronis, dan lamanya perkembangan memiliki pengaruh besar terhadap gejala-gejala pasien.Perikardium terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan dalam atau lapisan serosa dan lapisanluar atau fibrosa. Bentuk lapisan fibrosa perikardium seperti botol dan berdekatan dengandiafragma, sternum dan kartílago kosta. Lapisan serosa lebih tipis dan berdekatan dengan permukaan jantung. Perikardium berfungsi sebagai barier proteksi dari infeksi atau inflamasiorgan-organ sekitarnya. Jumlah normal cairan perikardium 15-50ml, disekresi oleh selmesotelial. Akumulasi abnormal cairan dalam ruangan pericardium dapat menimbulkanefusi pericardium dan selanjutnya dapat menyebabkan peningkatan tekanan perikardium, penurunan
cardiac output 
dan hipotensi (tamponade jantung). Akumulasi cairan yang sangatcepat akan mempengaruhi hemodinamik.
 
ETIOLOGI
 Penyebab terjadinya efusi perikardium antara lain:
 
Inflamasi dari perikardium (
pericarditis 
) sebagai suatu respon dari penyakit,injury atau gangguan inflamasi lain pada perikardium.
Jumlah efusi pericardiumdapat bervariasi tetapi biasanya tidak banyak, bisa keruh tetapi tidak pernah purulen.Bila berlangsung lama maka dapat menyebabkan adhesi perikardium visceral dan parietal.
 
Penyebab spesifik:
 
o
 
Infeksi dari Virus, bakterial, jamur dan parasit
o
 
Inflamasi dari perikardium yg idiopatik 
o
 
Inflamasi dari pericardium akibat operasi jantung (Dressler's syndrome)
o
 
Gangguan Autoimmune, seperti rheumatoid arthritis atau lupus
o
 
Produksi sampah dari darah akibat gagal ginjal (uremia)
o
 
Hypothyroidism
o
 
HIV/AIDS
o
 
Penyebaran kanker (metastasis)
o
 
Kanker dari pericardium yang berasal dari jantung
o
 
Terapi radiasi untuk kanker 
PATOFISIOLOGI
 Pada kasus efusi perikardial metastasis perikardial multipel lebih sering dijumpai pada perikardium parietalis dibandingkan dengan pericardium viseralis. Tumor ini secara langsungdapat mensekresi cairan (eksudat), tetapi dapat juga menghalangi aliran limfe. Adanya tumor,timbunan cairan serta penebalan perikardium akan mengganggu gerak jantung. Penimbunancairan akan mengganggu pengisian diastolic ventrikel kanan sehingga menurunkan strokevolume. Hal ini diimbangi oleh mekanisme kompensasi berupa takikardia dan peningkatankontraksi miokardium. Tetapi jika mekanisme kompensasi ini dilewati,curah jantung (cardiac output) menurun maka akan terjadi gagal jantung, syok sampaikematian.Bila volume cairan melebihi "penuh" di tingkat perikardium itu, efusi perikardiummengakibatkan tekanan pada jantung dan terjadi
CardiacTamponade 
 
(tamponade jantung)
 yaitu terjadinya kompresi jantung akibat darahatau cairan menumpuk di ruang antara
 
miokardium dan pericardium. Kompresi tersebut menyebabkan fungsi jantung menurun.Tamponade jantung yang merupakan kompresi jantung yang cepat atau lambat, akibatakumulasi cairan, pus, darah, bekuan atau gas di pericardium menyebabkan peningkatantekanan intraperikardial yang sangat mengancam jiwa dan fatal jika tidak terdeteksi.Pada tamponade jantung terjadi penurunan pengisian darah saat diastolik karenaotot jantung tidak mampu melawan peningkatan tekanan intraperikardial. Terdapat 3 fase perubahan hemodinamik.
Fase 1:
 Peningkatan cairan perikardial meningkatkan tekanan pengisian ventrikel. Pada faseini tekanan ventrikel kanan dan kiri tetap lebih tinggi daripada tekanan intraperikardial.
Fase 2:
 Peningkatan tekanan intraperikardial melebihi tekanan pengisian ventrikel kanan,sehingga curah jantung turun.
Fase 3:
 Tercapai keseimbangan antara peningkatan tekanan intraperikardial dengan tekananventrikel kiri sehingga terjadi gangguan curah jantung yang berat.
MANIFESTASI KLINIK 
Banyak pasien dengan efusi perikardial tidak menunjukkan gejala. Kondisi inisering ditemukan ketika pasien melakukan foto dada x-ray atau echocardiogram untuk mendiagnosa penyakit lain. Awalnya, perikardium dapat meregang untuk menampungkelebihan cairan. Oleh karena itu, tanda dan gejala terjadinya penyakitmungkin akan terjadiketika sejumlah besar cairan telah terkumpul. Jika gejala muncul, maka kemungkinanakan terdeteksi dari kelainan organ disekitarnya, seperti paru-paru dan lambung. Gejala jugadapat terjadi karena gagal jantung diastolic. Biasanya gejala yang timbul padaefusi pericardial:
 
Dada seperti ditekan dan terasa sakit
 
Sesak nafas
 
Terasa mual
 
Perut terasa penuh dan kesulitan menelan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->