Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR I

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR I

Ratings: (0)|Views: 610 |Likes:
Published by Tresna Indianasari
Contoh laporan untuk matakuliah Studio Perancangan Arsitektur I dalam mendesain rumah tinggal
Contoh laporan untuk matakuliah Studio Perancangan Arsitektur I dalam mendesain rumah tinggal

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Tresna Indianasari on Jul 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PERENCANAAN DANPERANCANGAN SPA I
Konsep Rumah Tinggal Seorang Arsitek 
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas PerancanganMata Kuliah Studio Perancangan Arsitektur Dosen: Drs. Salmon ZT, M.T.
Disusun Oleh:
TRESNA INDIANASARI
 
1100045
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKTUR FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUANUNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA2013
 
 
1
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
 
PENGERTIAN JENIS RUMAH TINGGALRumah merupakan hal yang utama untuk memenuhi kebutuhan manusia berdasarkan segi keamanannya. Dimana diartikan secara sempit rumah merupakantempat berlindungnya manusia dari iklim atau binatang-binatang buas.Menurut UU No. 4 Tahun 1992 Tentang Perumahan dan Permukiman, rumahadalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga , sedangkan menurut Sarwono dalam Budihardjo, 1998 : 148, rumahmerupakan suatu bangunan, tempat manusia tinggal dan melangsungkan kehidupannya.Di samping itu, rumah juga merupakan tempat berlangsungnya proses sosialisasi padasaat seorang individu diperkenalkan kepada norma dan adat kebiasaan yang berlaku didalam suatu masyarakat. Lebih jelas lagi Frick, 2006 : 1 mengemukakan pengertianrumah dalam pengertian yang luas, rumah bukan hanya sebuah bangunan (struktural),melainkan juga tempat kediaman yang memenuhi syarat-syarat kehidupan yang layak,dipandang dari berbagai segi kehidupan masyarakat. Rumah dapat dimengerti sebagaitempat perlindungan, untuk menikmati kehidupan, beristirahat dan bersuka ria bersamakeluarga. Di dalam rumah, penghuni memperoleh kesan pertama dari kehidupannya didalam dunia ini. Rumah harus menjamin kepentingan keluarga, yaitu untuk tumbuh,memberi kemungkinan untuk hidup bergaul dengan tetangganya, dan lebih dari itu,rumah harus memberi ketenangan, kesenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan padasegala peristiwa hidupnya.Terdapat beberapa tipe rumah tinggal , yaitu : a. Detached (tunggal) b. Semidetached (kopel) c. Patio house ( taman di dalam ) d. Town house (rumah kota) e.Maisonnete. Pada perencanaan dan perancangan kali ini akan dipilih rumah tipe Patio(taman di dalam)Patio biasanya merupakan tipe rumah dengan pintu masuk di bagian tengah, ruangtamu terletak pada sisi dan ruang-ruang tidur pada sisi lainnya. Agar dapat menyesuaikandengan bidang tanah yang terbatas namun kebutuhan ruang yang banyak, dihilangkanlahhalaman samping sehingga rumah tersebut menjadi rumah berpekarangan dalam.Ciri khas dari rumah tipe ini dalam segi perkerasan menggunakan semen, batualam, batu bata, batu koral, dan bahan lainnya. Indonesia yang merupakan daerah tropis
 
 
2
 
sangatlah cocok menggunakan tipe rumah patio karena bila dilihat dari segi bahan perkerasan banyak menggunakan material batu alam, kaya akan cahaya matahari, dantemperature yang cenderung lebih hangat.Manfaat dari rumah bertipe Patio ini adalah memperindah interior rumah,membuat banyak cahaya matahari kedalam rumah dengan baik, perputaran anginadidalam rumah menjadi baik, dan menciptakan pemandangan yang alami didalam rumah.Selain itu rumah ini akan dibuat bertingkat dengan tipe split level dimana adaketinggian lantai atas yang terpisah dan dibedakan ketinggiannya.1.2.
 
PENGHUNI RUMAH TINGGALA.
 
AyahAyah sebagai kepala keluarga berusia 45 tahun yang memiliki pekerjaansebagai seorang Arsitek di perusahaan Agung Podomoro Land. Beliau memiliki hobiolahraga yaitu joging dan bersepedah dan membaca. Setiap harinya beliau selalumembawa pekerjaan-pekerjaannya ke rumah seperti mendesain, membuat maket,menggambar digital, menggambar manual, dan membuat proposal ataupun laporan.Beliau juga selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan beribadah di sela-sela kesibukannya.B.
 
IbuIbu sebagai ibu rumah tangga berusia 40 tahun memiliki hobi Menjahitsebagai pekerjaan sambilan. Setiap harinya beliau selalu menjahit pakaian-pakaian,membuat pola, mendesain baju, dan memajang pakaian buatannya di rumah sebagaiaktivitas rutin. Beliau selalu mempunyai waktu untuk berkumpul bersama keluargadan beribadah sambil mengasuh anaknya yang balita.C.
 
Anak Laki-laki 1Anak laki-laki 1 ini merupakan anak pertama di keluarga ini berusia 20 tahunyang kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia dengan jurusan Arsitektur. Ia selalumembawa tugas-tugas kuliahnya ke rumah. Disamping kesibukannya sebagaimahasiswa Arsitektur, ia juga memiliki hobi yang selalu dilakukan secara rutindisela-sela aktivitasnya yang padat yaitu olahraga bermain basket, joging, dan bermain sepedah. Walaupun aktivitasnya sangat berlebihan, ia selalu meluangkanwaktu untuk berkumpul bersama keluarga dan beribadah.D.
 
Anak laki-laki 2

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Hos Gansar liked this
ssahlah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->