Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU NO 11 Tahun 2010

UU NO 11 Tahun 2010

Ratings: (0)|Views: 72 |Likes:
Published by Irfan Taufik Rahman
Undang-undang No. 11 Tahun 2010 Mengenai Cagar Budaya. Silahkan di unduh untuk berbagai keperluan anda. Semoga Bermanfaat
Undang-undang No. 11 Tahun 2010 Mengenai Cagar Budaya. Silahkan di unduh untuk berbagai keperluan anda. Semoga Bermanfaat

More info:

Categories:Business/Law
Published by: Irfan Taufik Rahman on Jul 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2013

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 11 TAHUN 2010 TENTANGCAGAR BUDAYADENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa cagar budaya merupakan kekayaan budayabangsa sebagai wujud pemikiran dan perilakukehidupan manusia yang penting artinya bagipemahaman dan pengembangan sejarah, ilmupengetahuan, dan kebudayaan dalam kehidupanbermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehinggaperlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melaluiupaya pelindungan, pengembangan, danpemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaannasional untuk sebesar-besarnya kemakmuranrakyat;b. bahwa untuk melestarikan cagar budaya, negarabertanggung jawab dalam pengaturan pelindungan,pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya;c. bahwa cagar budaya berupa benda, bangunan,struktur, situs, dan kawasan perlu dikelola olehpemerintah dan pemerintah daerah denganmeningkatkan peran serta masyarakat untukmelindungi, mengembangkan, dan memanfaatkancagar budaya;d. bahwa dengan adanya perubahan paradigmapelestarian cagar budaya, diperlukan keseimbanganaspek ideologis, akademis, ekologis, dan ekonomisguna meningkatkan kesejahteraan rakyat;e. bahwa . . .
 
 
- 2 -e. bahwa Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentangBenda Cagar Budaya sudah tidak sesuai denganperkembangan, tuntutan, dan kebutuhan hukumdalam masyarakat sehingga perlu diganti;f. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, huruf d,dan huruf e perlu membentuk Undang-Undangtentang Cagar Budaya;Mengingat : Pasal 20, Pasal 21, Pasal 32 ayat (1), dan Pasal 33 ayat (3)Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG CAGAR BUDAYA.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifatkebendaan berupa Benda Cagar Budaya, BangunanCagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs CagarBudaya, dan Kawasan Cagar Budaya di daratdan/atau di air yang perlu dilestarikankeberadaannya karena memiliki nilai penting bagisejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama,dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.2. Benda . . .
 
 
- 3 -2.
 
Benda Cagar Budaya adalah benda alam dan/ataubenda buatan manusia, baik bergerak maupun tidakbergerak, berupa kesatuan atau kelompok, ataubagian-bagiannya, atau sisa-sisanya yang memilikihubungan erat dengan kebudayaan dan sejarahperkembangan manusia.3.
 
Bangunan Cagar Budaya adalah susunan binaan yang terbuat dari benda alam atau benda buatanmanusia untuk memenuhi kebutuhan ruangberdinding dan/atau tidak berdinding, dan beratap.  4.
 
Struktur Cagar Budaya adalah susunan binaan yangterbuat dari benda alam dan/atau benda buatanmanusia untuk memenuhi kebutuhan ruang kegiatan yang menyatu dengan alam, sarana, dan prasaranauntuk menampung kebutuhan manusia.5.
 
Situs Cagar Budaya adalah lokasi yang berada didarat dan/atau di air yang mengandung Benda CagarBudaya, Bangunan Cagar Budaya, dan/atau StrukturCagar Budaya sebagai hasil kegiatan manusia ataubukti kejadian pada masa lalu.6.
 
Kawasan Cagar Budaya adalah satuan ruanggeografis yang memiliki dua Situs Cagar Budaya ataulebih yang letaknya berdekatan dan/ataumemperlihatkan ciri tata ruang yang khas.7.
 
Kepemilikan adalah hak terkuat dan terpenuhterhadap Cagar Budaya dengan tetap memperhatikanfungsi sosial dan kewajiban untuk melestarikannya.8.
 
Penguasaan adalah pemberian wewenang dari pemilikkepada Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau setiaporang untuk mengelola Cagar Budaya dengan tetapmemperhatikan fungsi sosial dan kewajiban untukmelestarikannya.9. Dikuasai . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->