Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU No 12-2012 ttg Pendidikan Tinggi

UU No 12-2012 ttg Pendidikan Tinggi

Ratings: (0)|Views: 23 |Likes:
Published by thekusdinar
Undang-undang no. 12 tentang Pendidikan Tinggi.
Undang-undang no. 12 tentang Pendidikan Tinggi.

More info:

Categories:Business/Law
Published by: thekusdinar on Jul 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2013

pdf

text

original

 
 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 12 TAHUN 2012 TENTANGPENDIDIKAN TINGGIDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945 mengamanatkan kepadaPemerintah untuk mengusahakan danmenyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia dalamrangka mencerdaskan kehidupan bangsa sertamemajukan ilmu pengetahuan dan teknologi denganmenjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuanbangsa untuk kemajuan peradaban sertakesejahteraan umat manusia;b. bahwa pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistempendidikan nasional memiliki peran strategis dalammencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukanilmu pengetahuan dan teknologi denganmemperhatikan dan menerapkan nilai humanioraserta pembudayaan dan pemberdayaan bangsaIndonesia yang berkelanjutan;c. bahwa untuk meningkatkan daya saing bangsa dalammenghadapi globalisasi di segala bidang, diperlukanpendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmupengetahuan dan teknologi serta menghasilkanintelektual, ilmuwan, dan/atau profesional yangberbudaya dan kreatif, toleran, demokratis,berkarakter tangguh, serta berani membelakebenaran untuk kepentingan bangsa;d. bahwa . . .
 
 - 2 -d. bahwa untuk mewujudkan keterjangkauan danpemerataan yang berkeadilan dalam memperolehpendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengankepentingan masyarakat bagi kemajuan,kemandirian, dan kesejahteraan, diperlukanpenataan pendidikan tinggi secara terencana, terarah,dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspekdemografis dan geografis;
 
e. bahwa untuk menjamin penyelenggaraan pendidikantinggi diperlukan pengaturan sebagai dasar dankepastian hukum;f. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, huruf d,dan huruf e perlu membentuk Undang-Undangtentang Pendidikan Tinggi;Mengingat : Pasal 20, Pasal 21, dan Pasal 31 Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,MEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PENDIDIKAN TINGGI.BAB I . . .
 
 - 3 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencanauntuk mewujudkan suasana belajar dan prosespembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilikikekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, sertaketerampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat,bangsa, dan negara.2.
 
Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelahpendidikan menengah yang mencakup programdiploma, program sarjana, program magister,program doktor, dan program profesi, serta programspesialis, yang diselenggarakan oleh perguruantinggi
 
berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia.3.
 
Ilmu Pengetahuan adalah rangkaian pengetahuan yang digali, disusun, dan dikembangkan secarasistematis dengan menggunakan pendekatantertentu, yang dilandasi oleh metodologi ilmiahuntuk menerangkan gejala alam dan/ataukemasyarakatan tertentu.4.
 
 Teknologi adalah penerapan dan pemanfaatanberbagai cabang Ilmu Pengetahuan yangmenghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan dankelangsungan hidup, serta peningkatan mutukehidupan manusia.5.
 
Humaniora adalah disiplin akademik yang mengkajinilai intrinsik kemanusiaan.6. Perguruan . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->